10 Manfaat Pisang untuk Wanita, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kehamilan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 22 Maret 2022 17:49
10 Manfaat Pisang untuk Wanita, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kehamilan
Mengonsumsi pisang bagi wanita sangat baik untuk kesehatan, terutama saat menstruasi atau sedang masa kehamilan.

Dream - Pisang merupakan tanaman buah-buahan yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah yang dominan memiliki kulit berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis. Tak hanya lezat, buah pisang juga mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Masyarakat mengonsumsi beragam jenis pisang. Bahkan di Indonesia terdapat 246 jenis pisang yang tumbuh dengan suburnya.

Manfaat pisang didapat karena kandungan mineral, vitamin C, vitamin B6, potasium, karbohidrat, hingga kalium yang dibutuhkan tubuh.

Selain bagus untuk kesehatan, manfaat pisang juga baik dikonsumsi kaum wanita. Manfaat pisang untuk wanita salah satunya bisa menjaga kesehatan janin saat masa kehamilan. Berikut beberapa manfaat pisang untuk wanita yang perlu kamu ketahui.

1 dari 5 halaman

1. Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat pisang untuk wanita yang pertama adalah bisa mencegah kerusakan pada kulit. Buah pisang mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga berperan penting dalam pembentukan kolagen. Zat kolagen tentu sangat baik untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam buah pisang bisa menangkal radikal bebas. Mengonsumsi pisang secara rutin mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit.

 

2. Menyehatkan Kehamilan

Manfaat pisang untuk wanita yang kedua adalah menjaga kesehatan kehamilan. Folat yang ada pada pisang baik untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Jika ibu hamil rutin mengonsumsi pisang selama kehamilan, maka dapat meningkatkan kadar folat dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko cacat pada bayi.

2 dari 5 halaman

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat pisang untuk wanita yang ketiga yaitu bisa menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah pisang (merah) dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Sementara itu, kandungan magnesium berfungsi mengontrol tekanan darah. Asupan magnesium yang banyak bisa efektif menurunkan risiko tekanan darah, sehingga pisang merah bagus untuk penderita hipertensi.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat pisang untuk wanita yang tak kalah penting yaitu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena salah satu jenis pisang yaitu pisang merah mengandung lutein dan beta karoten yang berfungsi efektif untuk meningkatkan kesehatan mata. Kedua kandungan itu dapat mengurangi risiko degenerasi makula yang menjadi penyebab kebutaan.

3 dari 5 halaman

5. Memperbaiki Mood Saat Haid dan Hamil

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat pisang untuk wanita juga berkhasiat untuk mengatasi psikologi yaitu memperbaiki mood harian. Pisang kepok mengandung senyawa asam amino yang dapat memicu produksi serotonin. Senyawa ini berperan membantu menenangkan pikiran dan menghindari stres.

Hormon ini juga akn memperbaiki suasana hati menjadi lebih stabil dan tidak mudah marah. Apalagi wanita sering mengalami perubahan mood yang bervariasi, terutama saat menstruasi dan masa awal kehamilan. Dengan mengonsumsi pisang, mood saat kedua kondisi itu akan menjadi lebih baik.

 

6. Mengatasi Sembelit

Manfaat pisang untuk wanita juga bisa membantu mengatasi sembelit. Kontipasi atau sembelit ini hampir dirasakan oleh semua orang. Kondisi ini terjadi karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran atau feses yang membuat feses menjadi kering dan susah dikeluarkan dari tubuh.

Salah satu cara tergampang untuk mengatasi sembelit adalah mengonsumsi buah pisang. Pisang mengandung serat tinggi yang berperan penting melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, serat dalam pisang juga berfungsi mencegah kanker usus besar.

4 dari 5 halaman

7. Sebagai Antiaging

Hampir semua orang ingin awet muda, terutama wanita. Maka tak heran wanita melakukan banyak perawatan kecantikan agar terlihat awet muda. Tak hanya perawatan kecantikan, agar awet muda seorang wanita juga harus mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat antiaging. Buah pisang adalah salah satu makanan yang memiliki sifat antiaging.

Sebab pisang mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi, seperti vitamin C dan beta karoten yang dapat membantu memperlambat penuaan.

Selain itu kandungan vitamin C mampu merangsang produksi kolagen, yang merupakan komponen intergal dari arsitektur kulit dan rambut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pisang bisa langsung dimakan secara rutin atau dijadikan sebagai masker wajah. Bahkan kulit pisang pun juga bagus untuk mengurangi kerutan yang ada di wajah.

 

8. Cegah Infeksi

Manfaat pisang untuk wanita yang perlu diketahui selanjutnya yaitu bisa mencegah infeksi. Hal ini karena pisang mengandung vitamin C dan zat besi. Kedua nutrisi tersebut mampu membantu pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit. Bahkan vitamin C pad abuah pisang juga merupakan antioksidan untuk membantu melawan infeksi dan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

5 dari 5 halaman

9. Bikin Kulit Glowing

Telah diketahui bahwa pisang mengandung vitamin dan mineral serta pati yang membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan kulit. Vitamn tersebut berfungsi menutrisi dan mengganti sel yang rusak.

Sehingga mengonsumsi pisang secara teratur akan mengecilkan pori-pori wajah kamu, Sahabat Dream. Alhasil kulit wajah kamu akan tampak lebih halus, kencang, dan glowing.

 

10. Mengontrol Berat Badan

Manfaat pisang untuk wanita juga bisa mengontrol berat badan. Sebab buah yang satu ini rendah lemak dan kalori. Sehingga mengonsumsi buah pisang akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan berat badan bisa terkontrol dengan baik.

Bahkan kandungan serat pada pisang bisa meningkatkan bakteri usus dan mengurangi peradangan. Kemampuan ini akan membantu menurunkan risiko diabetes dan kardiovaskular. Maka tak heran, buah pisang menjadi menu andalan bagi para pejuang diet.

Beri Komentar