Introvert Adalah Pribadi Tenang Dan Bijaksana, Berikut Ciri-Cirinya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 4 November 2020 10:17
Introvert Adalah Pribadi Tenang Dan Bijaksana, Berikut Ciri-Cirinya
Apakah kamu termasuk salah satunya?

Dream - Seorang introvert sering dianggap sebagai individu yang pendiam. Mereka tidak mencari perhatian khusus atau keterlibatan sosial, karena acara ini dapat membuat introvert merasa lelah dan terkuras tenaganya.

Introvert adalah jenis kepribadian yang identik dengan pribadi yang tenang, pendiam, bijaksana, dan menutup diri.

Introvert adalah kebalikan dari ekstrovert, yang menyukai lingkungan ramai dan membangun banyak interaksi sosial.

Introvert dan ekstrovert dapat dipisahkan berdasarkan bagaimana mereka mendapatkan kembali energinya. Kebanyakan orang dapat memiliki dua jenis kepribadian berbeda, namun mereka dapat menonjol pada satu jenis kepribadian saja.

1 dari 6 halaman

Mengenal Kepribadian Introvert

Ilustrasi© Freepik

 

Kepribadian introvert adalah orang-orang yang lebih fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari diri sendiri.

Introvert adalah seseorang yang dapat mengembalikan energi mereka dari dalam dirinya sendiri, bukan berasal dari luar.

Seorang introvert sering dianggap sebagai individu yang pendiam dan bijaksana. Introvert adalah orang yang cenderung tidak mencari perhatian khusus atau keterlibatan sosial.

Introvert adalah orang yang lebih suka lingkungan yang tidak begitu ramai akan menguras banyak energinya. Ia terkadang lebih suka menarik diri dari lingkungan sekitarnya.

Kebanyakan orang tidak murni introvert atau ekstrovert murni. Beberapa karakteristik mungkin lebih kuat. Introvert dapat memiliki elemen ekstroversi dalam kepribadian mereka. Namun, karakteristik introvert akan lebih kuat.

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Umum Orang Dengan Kepribadian Introvert

Ilustrasi© Freepik

Introvert adalah jenis kepribadian yang lebih memilih lingkungan yang merangsang minimal, dan mereka membutuhkan waktu sendirian untuk mengisi ulang energinya.

Namun, introvert dapat memiliki unsur ekstrovert dalam kepribadian mereka. Begitu pun sebaliknya.

Untuk itu, ada beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki seorang introvert. Diantaranya:

1. Lebih Suka Menyendiri

Waktu untuk sendirian sangatlah penting bagi kesehatan dan kebahagiaan seorang yang memiliki kepribadian introvert. Baik hanya menghabiskan waktu untuk beristirahat atau terlibat dalam suatu kegiatan, kesendirian adalah sesuatu yang melegakan.

Introvert sering menikmati membaca, berkebun, kerajinan, menulis, bermain game, menonton film, atau melakukan aktivitas lain yang dilakukan sendirian.

2. Tidak Suka Menghabiskan Waktu Bersama

Di saat ekstrovert menghabiskan malam weekend mereka bersama teman-temannya, seorang introvert justru akan mengisi ulang semangatnya dalam kesendirian.

Bukan berarti introvert tidak suka berkumpul dengan teman-temannya, akan tetapi ia tahu kapan harus berkumpul dan kapan harus menyendiri.

Ia tetap menyukai bermain dengan teman-temannya, namun tidak sebanyak yang dilakukan oleh ekstrovert.

3. Lebih Suka Bekerja Sendiri

Jika kamu tidak menyukai pekerjaan yang harus diselesaikan secara kelompok, berarti kamu adalah orang introvert. Seorang introvert seringkali bekerja dengan hasil paling baik jika mereka bekerja sendiri. Karena waktu menyendiri mereka lebih fokus dalam menghasilkan karya berkualitas tinggi.

Akan tetapi, ini bukan berarti introvert tidak bisa bekerja secara tim dengan baik. Namun, mereka lebih suka fokus pada tugas yang dihadapi dan menavigasikan aspek sosial dari pekerjaan kelompok.

4. Lingkaran Pertemanan yang Sempit

Jika kamu introvert, mungkin kamu hanya akan menyukai lingkaran pertemanan yang sempit. Lingkaran pertemanan yang sedikit ini akan membuatmu nyaman, dan menjadikan mereka seperti saudara sendiri.

Introvert tetaplah suka berteman dengan orang lain dan suka bersosialisasi, bahkan ia senang berbicara dan mengenal orang lain. Akan tetapi yang ia sukai adalah hubungan pertemanan yang berkualitas tinggi dari sempitnya lingkaran pertemanan itu. Karena baginya, hubungan berkualitas tinggi adalah kunci kebahagiaan bagi para introvert.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Umum Orang Dengan Kepribadian Introvert

Ilustrasi© Freepik

5. Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Introvert akan lebih banyak melamun, atau bekerja dengan memikirkan rencana-rencana sebelum bertindak. Introvert berdedikasi untuk mengejar minat mereka dan merasa siap dan membaca situasi dengan sangat baik.

6. Menghindari Keributan

Introvert sering melarikan diri dari situasi yang baginya tidak nyaman dan membiarkan pikirannya menjauh ari tugas-tugas yang seharusnya ia kerjakan.

Bagi introvert, inilah cara untuk meninggalkan situasi kacau atau tidak nyaman, ini mekanisme bertahan diri dari seorang introvert. Akan tetapi menurut orang lain, dalam situasi seperti ini akan menyebut introvert sebagai orang yang tidak bisa fokus.

7. Lebih Suka Menulis daripada Bicara

Seorang introvert akan lebih suka menuliskan pikiran-pikirannya daripada berbicara, apalagi disaat dia belum siap. Introvert lebih suka memikirkan respon orang lain karena gaya komunikasi yang terfokus dan penuh perhatian.

Introvert bisa berbicara di suatu kelompok atau situasi tertentu, akan tetapi dia akan melakukan itu jika keputusan dan omongan diabenar-benar diperlukan. Karena seorang introvert akan lebih bnayak mempertimbangkan pilihan yang meyakinkan.

8. Pandai Berkreasi

Introvert lebih sering fokus pada dunianya sendiri. Karena saat itulah ia memiliki waktu terbaiknya.

Tak heran, jika para introvert pandai mengkreasikan perasaaannya dalam berbagai bentuk. Baik dalam bentuk tulisan maupun gambar.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Umum Orang Dengan Kepribadian Introvert

Ilustrasi© Freepik

9. Pendengar yang Baik

Introvert adalah seorang pendengar yang baik. Ia lebih suka mendengarkan dan menyerap apa yang ada dilingkungan sekitarnya. Ia tak banyak bicara namun sesekali akan mengeluarkan pendapatnya.

Sehingga tak ayal, ketika dimintai ide, ia akan memberikan ide-ide kreatif dan berkualitas karena telah melakukan analisa dalam diamnya.

10. Tidak Suka Membuat Keributan

Seorang introvert adalah pribadi yang tidak menyukai keributan. Mereka cenderung menghindari konflik.

Introvert adalah kepribadian yang peka dengan lingkungan sekitar. Sehingga apabila ia merasa ada yang tidak sesuai dan akan menimbulkan masalah atau keributan, ia memilih untuk tidak terlibat.

11. Muncul Ide Cemerlang

Seorang introvert sangat menyukai waktu saat ia tengah sendirian. Ia akan merasa produktif bila tak bersama orang lain. Saat itulah, ide-ide cemerlang akan muncul. Karena ia berada dalam kondisi yang maksimal.  

5 dari 6 halaman

Kelebihan Seorang Pribadi Introvert

Ilustrasi© Freepik

Kepribadian intrivert juga memiliki kelebihan tersendiri. Selain tidak suka membuat keributan, ia juga tidak mudah bosan meskipun tengah sendirian.

Seorang introvert umumnya dapat melindungi dirinya dengan baik. Mereka juga memiliki banyak rencana dalam setiap keputusannya.

Berikut beberapa kelebihan dari seorang introvert adalah:

1. Berpikir kreatif

Dunia introvert cenderung lebih sunyi bila dibandingkan dengan ekstrovert. Namun, justru hal itulah yang membuat mereka mampu berpikir kreatif dan memiliki ide-ide cemerlang. Karena kondisi tenang tersebut dapat merangsang daya kreatifitas mereka.

2. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Meski cenderung pendiam, namun seorang introvert memiliki keahlian analisis yang baik. Ia mampu mengamati lingkungan sekitarnya dan menangkap perasaan orang-orang disekitarnya. Sehingga ia dapat memahami apa yang dipikirkan lawan bicaranya.

3 Memiliki perteman yang solid

Meski lingkungan pertemanan seorang introvert cenderung sedikit, namun hubungan mereka sangat solid. Rasa saling memahami satu dan lainnya, membuat mereka mampu menjaga hubungannya dengan awet.

6 dari 6 halaman

Kelebihan Seorang Pribadi Introvert

Ilustrasi© Freepik

4. Sangat berhati-hati dalam membuat keputusan

Seorang introvert terkenal dengan kemampuan analisisnya yang baik. Tak ayal setiap keputusan yang ia buat telah dipikirkan dengan matang. Sehingga ia pun sangat berhati-hati dalam setiap langkahnya. Introvert umumnya pandai dalam melihat risiko yang ada dan akan melakukan perhitungan sebelum bertindak.

5. Lebih mandiri

Seorang introvert dapat melakukan sesuatu sendiri. Ia jarang bergantung pada orang lain. Dalam hal bekerja pun ia lebih suka bekerja sendirian. Karena saat itulah ia memiliki waktu terbaik untuk menciptakan ide kreatif.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

 

Beri Komentar