Alasan Mobil Berpenggerak Roda Depan Jadi Favorit

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 6 November 2020 11:35
Alasan Mobil Berpenggerak Roda Depan Jadi Favorit
Konfigurasi ini marak digunakan di mobil-mobil sejak era 1980-an.

Dream – Saat melihat masa lalu, kebanyakan mobil menggunakan konfigurasi penggerak yang sama yaitu mesin depan dan roda penggerak belakang (front engine, rear drive). Tapi tren itu berubah di tahun 1980-an saat konfigurasi gerak roda depan atau FF (Front engine, Front drive) menjadi semakin marak hingga sekarang.

Dikutip dari Hyundai Indonesia, Jumat 6 November 2020, ada beberapa alasan roda penggerak depan menjadi favorit. Pertama, kendaraan FF ini dianggap lebih efisiensi karena ketika mesin menggerakkan roda, tenaga tersebut harus disalurkan melalui as.

Pada mobil gerak roda belakang, as tersebut panjang sehingga membuang lebih banyak tenaga. Pada mobil mesin depan gerak depan, as tersebut sangatlah pendek sehingga tidak membuang banyak tenaga.

1 dari 1 halaman

Konfigurasi Roda Penggerak Depan dan Mesin Depan Sangat Kompak

Kedua, konfigurasi FF sangat kompak, tidak memerlukan ruang tambahan untuk penempatan as maupun girboks. Jadi, mesin dan transmisi semua terletak di balik kap mesin.

Kelebihan utamanya adalah kabin penumpang. Tidak ada gundukan pada lantai yang biasa merampas ruang.

Selain itu, karena as yang pendek dan komponen yang kompak, maka konfigurasi FF lebih ringan dibandingkan konfigurasi mesin lainnya. Karena lebih ringan, maka performa dan keiritan bahan bakar dapat dimaksimalkan.

Tak hanya untuk kenyamanan penumpang, konfigurasi FF juga lebih aman dan lebih mudah dikendalikan, terutama saat hujan atau kondisi licin lainnya. Hal ini terjadi karena seluruh komponen yang berada di depan benar-benar menekan ban depan sehingga mendapatkan cengkeraman yang lebih baik.

Beri Komentar