Labrak Pintu Mobil Saat Kabur Razia, Pemotor `Kena Mental` yang Keluar Ternyata Polwan
Sang pengendara motor yang awalnya garang mendorong pintu mobil langsung bersimpuh tangan ketika yang keluar ternyata Polwan
Dream – Pangestu Sabar Budiman memiliki kondisi fisik yang tak sempurna. Sejak lahir, pemuda ini sudah tidak memiliki kaki.
Tetapi kondisi tersebut tidak menyurutkan ketertarikannya pada dunia otomotif. Bahkan dia berhasil mewujudkan mimpinya menggeber sepeda motor sport.
Dikutip dari OTO, Jumat 4 Oktober 2019, Pangestu mulai mengendarai motor pada 2010. Saat itu, dia menggunakan motor jenis skutik.
Merasa tertantang, dia mengganti motornya dengan kelas sport. Lantaran senang memacu adrenalin, dipilihlah produk buatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini, yaitu GSX-R150.
Sejatinya, motor ini memiliki dimensi cukup besar dengan posisi jok menungging. Dimensi tersbeut bisa mempersulit Estu dalam berkendara.
Pemuda itu tak kehabisan akal. Dia pun memodifikasi motornya hingga nyaman dikendarai.
Usai dibeli, Suzuki GSX-R1650 langsung dibawa ke RC Jaya Motor. Rumah modifikasi yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta, ini memiliki keahlian menggarap motor untuk bikers difabel.
Pekerjaan utama yang harus dilakukan tentu membuatkan roda tambahan di belakang. Untuk menempatkan kedua roda ini, swingarm GSX tak bisa lagi digunakan.
Bagian itu diganti dengan komponen milik Yamaha MK King. Motor dibuat lebih panjang, plus dudukan untuk menopang roda belakang. Untuk konstruksi suspensi, rantai dan gear tidak ada perubahan.
Pangestu mengatakan roda motor yang dipasang kini bukan buatan pabrik dan ukurannya ebih kecil. Ini karena menggunakan pelek depan Yamaha Byson.
Celah antara lengan ayun dan bodi belakang diisi knalpot racing agar tidak kopong.
“Agar kinerja rem tetap maksimal, kedua roda didampingi disc brake. Efeknya, selang rem harus panjang," kata dia.
Pemilihan ban serta swingarm memberikan dampak pada posisi berkendara. Joknya dibuat lebih rendah 3 cm dari aslinya.
Pengurangan tinggi jok bertujuan agar posisi badan Pangestu lebih seimbang. Sementara setang tidak diubah agar sensasi motor sport tetap ada.
Lalu, bagaimama dengan perpindahan gigi? Pria berusia 27 tahun ini tak bisa menginjak pedal transmisi apalagi rem.
Tugas itupun kini terpusat di kedua tangannya yang berotot. Pekerjaan mengganti gigi dipindah ke bagian kiri setang.
Pangestu mengatakan kinerjanya sama dengan sistem transmisi pada Vespa lawas. Begitu juga pengereman yang kini beralih ke bagian kanan stang.
Tuas rem belakang ditempatkan di bagian bawah, berdampingan dengan gas dan rem depan. Otomatis, fungsi persneling dan rem dihilangkan.
Rem tangan seperti ini juga pernah diterapkan pada kuda pacu MotoGP. Hanya saja pengaplikasiannya berada di sebelah kiri.
"Awalnya pasti susah dan harus beradaptasi. Apalagi saya juga belum pernah bawa Vespa. Tapi sekarang sudah terbiasa. Saya juga sengaja tidak pakai gardan untuk pakai gigi mundur. Saya mau motor ini seperti apa adanya, hitung-hitung olahraga kalau memundurkan motor. Lagian, kalau pakai itu bobot motor makin berat," kata Pangestu.
Pangestu mengatakan modifikasi GSX-R150 roda tiga ini dikerjakan selama 1 bulan. Itu sudah termasuk fitting dan test ride oleh mekanik bengkel.
Untuk dana modifikasi, Pangestu menghabiskan Rp15 juta. Dia pun mengaku puas dengan motornya sekarang ini.
Jam terbangnya memang masih pendek, sekitaran Jabodetabek. Tapi, pemilik SIM D ini sudah punya niatan di akhir tahun.
"Rencananya saya mau touring ke kampung halaman di Magelang, Jawa Tengah. Semoga bisa terwujud. Pesan juga buat teman-teman yang lain. Tetap safety riding dan patuhi peraturan lalu lintas," kata dia.
Berikut ini adalah daftar modifikasi motor GSX-R150 roda tiga milik Estu.
Data Modifikasi:
- Swingarm custom: Yamaha MX King
- Velg: Yamaha Byson
- Ban belakang: IRC NR83 (110/70-17)
- Selang rem custom
- Knalpot custom
- Perseneling custom ala Vespa
- Tuas rem belakang custom
- Handgrip: Kitaco
Dream – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menambah varian warna untuk Suzuki GSX R-150. Produsen otomotif ini menghadirkan GSX-R150 matt edition.
“Kami menghadirkan kembali pilihan styling baru pada Suzuki GSX-R150 dengan konsep Matt Edition agar tetap mengikuti perkembangan tren dan lifestyle anak muda yang cepat berubah dan semakin lebih baik,” kata Department Head of Sales and Marketing 2W PT SIS, Yohan Yahya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 4 Maret 2019.
Suzuki GSX-R150 Matt Edition dilengkapi dengan fitur keyless ignition system dengan warna matt summer red. Motor ini juga memiliki beberapa tambahan komponen spesial, seperti single seat cover yang warnanya sama dengan warna bodi motor. Ada juga tambahan aksesoris seperti emblem chrome GSX-R yang halus dan memiliki wheel rim decals.
Motor ini mengusung mesin 150 cc Double Over Head Camshaft berteknologi fuel injection. Kuda besi itu memiliki transmisi 6 percepatan dan panel speedometer digital dan informatif.
Motor GSX-R150 memiliki lampu LED Headlight. Sekadar informasi, tunggangan ini dijual seharga Rp30,9 juta untuk on the road Jakarta.
Dream – Tim Suzuki Ecstar merilis motor balap yang akan digunakan untuk musim MotoGP2019, yaitu GSX-RR. Tim balap ini juga memperkenalkan dua pembalap barunya, Alex Rins dan Joan Mir.
Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Suzuki Ecstar beserta dua pembalap anyar dan GSX-RR akan terbang ke Malaysia untuk tes pertama 2019. Tes itu menjadi debut pertama GSX-RR.
Technical Manager Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi, mengembangkan mesin dan sasis dengan spek baru untuk GSX-RR. Kawauchi juga membuat perbaikan dalam elektronik dan fairing.
“Ini sejalan dengan filosofi Suzuki - yang bukan untuk menghancurkan dan membangun kembali dari ketiadaan, tetapi untuk terus tumbuh langkah demi langkah pada apa yang telah kita capai. Bagi kami berkendara adalah suatu keharusan, dan atas dasar itu kami telah mencoba untuk meningkatkan setiap sektor sepeda motor tanpa mengorbankan keseimbangan pada keseluruhan,” kata dia.
Selain itu, Suzuki optimistis dengan dua pembalap anyarnya, Rins dan Mor. Alex Rins akan menjadi pembalap "berpengalaman" di tim, setelah berhasil meraih lima podium selama musim 2018. Dia akan memiliki target yang jelas untuk segera naik ke podium teratas.
Sedangkan, debutan Joan Mir telah membuktikan bahwa ia tidak gentar oleh pebalap kelas atas, dengan menunjukkan penampilan yang solid dalam tes November 2018 di Valencia dan Jerez.
Project Leader Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara, mengatakan musim 2019 menjadi musim yang penting. Pihaknya optimistis Rins dan Mir bisa membawa angin baik untuk tim.
“Kami memiliki tim yang baik dan solid. Kami berharap untuk musim 2019 yang positif,” kata Sahara.
Team Manager Suzuki Ecstar, Davide Brivio, mengatakan Alex Rins memiliki konsisten dan semangat muda. Brivio juga optimistis dengan keberadan Mir bisa melanjutkan tren positif bagi Suzuki.
“Kami sangat percaya bahwa ia memiliki bakat yang hebat, dan sekarang adalah waktunya bagi tim untuk mengeluarkan semua potensinya dengan Suzuki GSX-RR,” kata Brivio.
Rins mengatakan tak sabar menjajal motor barunya. Pembalap asal Spanyol ini mengatakan memberikan umpan balik kepada tim Suzuki dan timnya melakukan perbaikan-perbaikan.
Pria itu optimistis motor balap GSX-RR bisa membantunya untuk menggenjot prestasi di MotoGP 2019.
“Sekarang saatnya untuk mencari hadiah yang lebih besar, yaitu kemenangan,” kata dia.
Tak mau kalah dengan seniornya, Mir juga ingin mencoba GSX-RR. Dia memerlukan waktu untuk berdaptasi dengan motor balap baru itu.
“Ini akan menjadi satu paket lengkap, saya dan motornya, yang diharapkan akan berkembang selangkah demi selangkah. Saya tidak memiliki tekanan apa pun, tetapi yang pasti tujuan saya jelas adalah untuk mengakhiri musim ini dengan jarak posisi yang lebih kecil terhadap para pemenang jika dibandingkan dengan balapan pertama,” kata dia. (ism)
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Sang pengendara motor yang awalnya garang mendorong pintu mobil langsung bersimpuh tangan ketika yang keluar ternyata Polwan
Mobil ini bakal menjadi lawan serius Xeni-Avanza, Xpander dan Ertiga.
Dalam project ini, Toyota menempatkan 10 unit Full Battery Electric Vehicle yaitu Toyota C+Pod dan 1 unit Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yaitu Toyota Prius PHEV.
Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuouslyt Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Melihat kreativitas generasi milenial yang tinggi dan gemar tampil unik, MG menggandeng seorang seniman visual dalam ekshibisi bertajuk MG x Muklay
Diskon tarif listrik ini akan berlaku 8 jam sehari dari jam 10 malam hingga jam 5 pagi.
Emak-emak yang tidak diketahui identitasnya itu merasa dirugikan oleh pengemudi truk karena mobil mewahnya ditabrak truk sampai rusak pada bodi depan.
Bagi sebagian orang, mungkin cita-cita pemuda ini cuma sepele. Dia hanya ingin naik mobil polisi Jepang.
Pelopor LMPV (Low Multi-Purpose Vehicle) elektrifikasi di Indonesia ini mendapatkan antusiasme luar biasa dan permintaan test drive yang tinggi dari konsumen.
Melihat itu, orang-orang di sekitarnya hanya bisa berteriak 'Eeee...'
Astaga itu masuk semua berjejal di Bajaj?
Wuling baru saja membuka pre-book untuk Wuling Air EV, gimana sistem pengisian dayanya?
BPH Migas mengungkapkan salah satu kajian yang muncul adalah melarang mobil mewah berkapasitas mesin di atas 2000 cc mengonsumsi BBM bersubsidi. Intip daftarnya.
Saat kejadian, mobil tua tersebut sedang melaju pelan di jalan raya, namun pengemudi tersebut tidak langsung menghentikan laju mobilnya.
Mobil penggerak belakang ini made in Indonesia.
Wuling Air ev akan di-launching sebelum quarter empat tahun ini.
Dalam video terlihat sejumlah kardus besar dan barang lain yang dibungkus plastik berusaha diangkut sekaligus oleh sebuah mobil.
Angkutan umum tersebut memilih jenis pengharum ruangan yang tidak banyak disukai banyak orang karena membuat rasa mual jika diperjalanan. Salah satunya yakni pengharum ruangan dengan wangi jeruk.