Pakai Masker dan Jaga Jarak Diperkirakan Hingga 2022

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 1 November 2020 12:31
Pakai Masker dan Jaga Jarak Diperkirakan Hingga 2022
Kehadiran vaksin tak lantas memberantas virus Covid-19 secara cepat. Protokol kesehatan tetap harus dilakukan.

Dream - Kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia belum menunjukkan tanda penurunan signifikan. Vaksin pun masih dalam proses pembuatan. Butuh waktu untuk memastikan keamanannya.

Anthony Fauci, seorang imunolog yang juga direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Amerika Serikat mengungkap kalau kemungkinan besar, aeluruh warga duni perlu memakai masker dan mengikuti pedoman jarak sosial hingga akhir 2021 atau awal 2022.

Ia mengungkapkan hal tersebut saat berbicara tentang Covid-19 selama pertemuan virtual dengan dokter dan mahasiswa di Universitas Thomas Jefferson di Philadelphia minggu lalu.

“ Saya merasa sangat yakin bahwa kita perlu melajutkan beberapa protokol kesehatan masyarakat. Ini tidak akan seperti yang terjadi pada polio dan campak, ada vaksin, kasus selesai. Ini akan menjadi tindakan kesehatan masyarakat yang bertahan selama berbulan-bulan," ungkap Fauci, seperti dikutip dari WebMD.

Vaksin virus Covid-19, setelah disetujui dan didistribusikan secara luas ke publik, tidak langsung meredakan kasus Covid-19 dan memberantasnya. Proses tersebut memakan waktu. Tindakan pencegahan publik seperti mengenakan masker wajah dan menjaga jarak tetap harus dilakukan.

“ Saya pikir kita harus menetapkan ekspektasi yang masuk akal,” kata Fauci.

 

1 dari 6 halaman

Kemungkinan ada satu kandidat vaksin Covid-19 yang akan lulus uji klinis dan bisa mendapatkan otorisasi penggunaan darurat dari FDA (Food and Drugs Administration) pada akhir tahun ini. Persetujuan edar secara penuh baru akan dimulai pada kuartal pertama 2021.

Demi Perlindungan Maksimal, Haruskah Stok Masker Medis di Rumah?© MEN

Menurut Fauci, untuk mencapai imunitas populasi/ herd imunity, cara terbaik adalah melalui vaksin. Jika tidak, sejumlah besar orang akan kehilangan nyawa dengan membiarkan banyak populasi terinfeksi virus corona.

Kekebalan kelompok yang " mendalam" kemungkinan tidak akan terjadi sampai akhir 2021 atau awal 2022. Itulah sebabnya Fauci memperkirakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak sosial akan terus berlanjut hingga 2022 mendatang.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 6 halaman

Cuci Masker Kain Secara Teratur, Kebersihan yang Utama!

Dream - Penggunaan masker kain sangat dianjurkan bagi masyarakat umum yang masih beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena masker medis diperuntukkan bagi tim tenaga kesehatan yang berisiko lebih tinggi tertular Covid-19.

Cuci Masker Kain Secara Teratur, Kebersihan yang Utama!© MEN

Sebisa mungkin, jika keluar rumah Sahabat Dream selalu mengenakan masker kain tiga lapis untuk perlindungan optimal. Idealnya, tidak hanya ada satu masker juga tapi sediakan juga masker cadangan dalam tas bisa 2 atau 3. Jika masker yang dikenakan kotor atau basah, kita pun memiliki cadangan.

Nah, untuk masker kain karena bisa digunakan berkali-kali kita harus memperhatikan kebersihannya. Bukan hanya digantung dan ditaruh dalam tas, masker kain harus dicuci dengan sabun.

 

3 dari 6 halaman

Terutama setelah mengenakannya di area publik yang cukup banyak orang. Idealnya, masker kain langsung dicuci setelah beraktivitas di luar rumah. Cuci dengan sabun dan air mengalir. Jika ada, bisa juga disiram cairan antiseptik lalu jemur hingga kering.

Bagi Sahabat Dream yang hanya menggunakan masker kain saat ke warung atau dekat rumah dan tak sampai 30 menit, bisa menjemurnya saja di luar diangin-anginkan. Bisa juga semprotkan cairan disinfektan.

Warga DKI Diminta Selalu Gunakan Masker Kain© MEN

Pastikan tiap masker yang digunakan sudah dalam keadaan bersih dan steril. Tentunya demi kenyamanan dan perlindungan maksimal dari penularan Covid-19.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

Seberapa Efektif Jaga Jarak Kurangi Risiko Tertular Covid-19? Yuk Simak

Dream - Salah satu protokol kesehatan yang selalu digaungkan demi mencegah penularan Covid-19 saat berada di ruang publik adalah selalu menjaga jarak atau social distancing. Jarak yang dianjurkan antara 1 hingga 2 meter.

Social distancing harus dilakukan bersamaan dengan mengenakan masker dan mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik. Mungkin Sahabat Dream bertanya-tanya, seberapa efektifkah jaga jarak mencegah penularan Covid-19?

Seberapa Efektif Jaga Jarak Kurangi Risiko Tertular Covid-19? Yuk Simak© MEN

Penting diketahui kalau Covid-19 menyebar terutama di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat untuk waktu yang lama. Penyebaran terjadi ketika orang yang terinfeksi virus tersebut batuk, bersin, atau berbicara.

Percikan (droplet) baik dari mulut atau hidung terbang ke udara dan mendarat di mulut atau hidung orang di sekitarnya. Tetesan juga bisa dihirup ke paru-paru. Dikutip dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention/ Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) Amerika Serikat, studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi tetapi tidak memiliki gejala kemungkinan besar juga berperan dalam penyebaran COVID-19.

 

 

5 dari 6 halaman

Hal itu membuat orang terinfeksi dan tak ada keluhan dapat menyebarkan virus sebelum mereka tahu bahwa mereka sakit. Untuk itu sangat penting untuk menjaga jarak setidaknya 1,5 meter.

Jaga jarak juga harus diterapkan pada orang yang dikenal dekat dan tampak sehat. Pasalnya, kita tak bisa mengetahui kondisi orang positif Covid-19 secara kasat mata. Pencegahan adalah yang utama.

 

6 dari 6 halaman

Jarak sosial juga membantu meminimalisir risiko untuk bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi dan orang yang terinfeksi di luar rumah. Paling aman, hindari kerumunan atau tempat ramai.

Bila terpaksa ke area yang ramai, usahakan untuk menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain setiap saat, dan kenakan masker. Masker sangat penting pada saat jarak fisik sulit dilakukan.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID-19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More