Pasien Covid-19 yang Sembuh Level Antibodinya Turun Drastis

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 2 November 2020 12:12
Pasien Covid-19 yang Sembuh Level Antibodinya Turun Drastis
Tim peneliti menganalisis sampel darah dari 31 orang yang pulih dari Covid-19.

Dream - Kadar antibodi dalam darah pasien virus korona turun dengan cepat setelah tubuh membersihkan virus. Hal ini menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan di mBio, jurnal akses terbuka dari American Society for Microbiology.

Fakta tersebut membuat prosedur terapi plasma konvalesen yang selama dipercaya bisa membantu pasien kesembuhan Covid-19, tampaknya harus ditinjau ulang. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan plasma darah pasien Covid019 yang telah sembuh.

Berdasarkan pedoman saat ini, pasien tidak dapat mendonorkan darah hingga 14 hari setelah gejala teratasi, dan sebagian besar donor darah dilakukan bahkan setelahnya.

Donor plasma© Shutterstock

“ Kami tidak ingin ada mentransfusi virus, cukup transfusi antibodi. Tetapi pada saat yang sama, penelitian kami menunjukkan bahwa kapasitas plasma untuk menetralkan partikel virus menurun selama minggu-minggu pertama itu," Andres Finzi, salah satu penulis studi dan ahli mikrobiologi di Universitas Montreal di Kanada, dikutip dari WebMD.

 

1 dari 4 halaman

Tim peneliti menganalisis sampel darah dari 31 orang yang pulih dari Covid-19 dan mengukur antibodi pada interval satu bulan. Secara keseluruhan, imunoglobulin yang menetralkan virus turun sekitar enam hingga 10 minggu setelah gejala dimulai. Kemampuan antibodi untuk menetralkan virus juga menurun selama waktu tersebut.

Cara Atasi Kecemasan Adanya COVID-19© MEN

Dalam studi sebelumnya, peneliti menemukan bahwa antibodi mencapai puncaknya sekitar dua hingga tiga minggu setelah gejala mulai dan turun setelah itu. Finzi dan koleganya juga menemukan bahwa kemampuan untuk menetralkan virus menurun setelah itu - sekitar tiga hingga enam minggu setelah gejala dimulai.

 

2 dari 4 halaman

Antibodi memblokir protein " lonjakan" pada SARS-CoV-2 yang memungkinkan virus menyerang sel di dalam tubuh. Antibodi tersebut menetralkan virus Covid-19 dengan mencegahnya mengunci ke dalam sel inang dan bereplikasi.

Para ilmuwan tidak yakin apakah fungsi penetral mendorong kemanjuran penggunaan plasma pada pemulihan pasien Covid-19. Jika demikian, pasien yang pulih harus diizinkan untuk menyumbang sesegera mungkin.

“ Upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa plasma yang sembuh dikumpulkan sesegera mungkin setelah donor pulih dari infeksi aktif,” tulis Finzi dalam penelitiannya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Cuci Masker Kain Secara Teratur, Kebersihan yang Utama!

Dream - Penggunaan masker kain sangat dianjurkan bagi masyarakat umum yang masih beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena masker medis diperuntukkan bagi tim tenaga kesehatan yang berisiko lebih tinggi tertular Covid-19.

Sebisa mungkin, jika keluar rumah Sahabat Dream selalu mengenakan masker kain tiga lapis untuk perlindungan optimal. Idealnya, tidak hanya ada satu masker juga tapi sediakan juga masker cadangan dalam tas bisa 2 atau 3. Jika masker yang dikenakan kotor atau basah, kita pun memiliki cadangan.

Cuci Masker Kain Secara Teratur, Kebersihan yang Utama!© MEN

Nah, untuk masker kain karena bisa digunakan berkali-kali kita harus memperhatikan kebersihannya. Bukan hanya digantung dan ditaruh dalam tas, masker kain harus dicuci dengan sabun.

 

4 dari 4 halaman

Terutama setelah mengenakannya di area publik yang cukup banyak orang. Idealnya, masker kain langsung dicuci setelah beraktivitas di luar rumah. Cuci dengan sabun dan air mengalir. Jika ada, bisa juga disiram cairan antiseptik lalu jemur hingga kering.

Bagi Sahabat Dream yang hanya menggunakan masker kain saat ke warung atau dekat rumah dan tak sampai 30 menit, bisa menjemurnya saja di luar diangin-anginkan. Bisa juga semprotkan cairan disinfektan.

Warga DKI Diminta Selalu Gunakan Masker Kain© MEN

Pastikan tiap masker yang digunakan sudah dalam keadaan bersih dan steril. Tentunya demi kenyamanan dan perlindungan maksimal dari penularan Covid-19.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar