Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Warna Lidah Cerminkan Kondisi Kesehatan

Warna Lidah Cerminkan Kondisi Kesehatan Warna Lidah (Foto: Shutterstock)

Dream - Saat melakukan pemeriksaan klinis ke dokter, lidah menjadi salah satu bagian tubuh yang dicek kondisinya. Pengecekan lidah dilakukan karena warna dapat mengungkapkan kondisi kesehatan serta tingkat keparahan penyakit.

Dilansir timesofindia, sedikit perubahan, tekanan atau rasa sakit di lidah dapat mengarah pada masalah kesehatan tertentu. Nah, karena warna lidah mencerminkan kondisi kesehatanmu, ada baiknya kamu selalu memperhatikan perubahan yang terjadi pada lidahmu.

Berikut ini berbagai macam warna lidah yang dapat mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu.

Lidah Berwarna Putih

Kamu mungkin menganggap sepele bercak putih yang terdapat pada lidah, padahal, bercak putih yang timbul menandakan adanya masalah higienitas yang serius pada mulut. Seperti oral candidasis, leukoplakia, serta Oral lichen planus.

Pada oral candidasis, pertumbuhan berlebih jamur candida albicans menyebabkan sariawan atau penyakit jamur lainnya.

Pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicans menyebabkan sariawan atau penyakit jamur lainnya.Sebenarnya, jamur C. Albicans selalu ada di mulut dan seama sekali tidak berbahaya.

Ilustrasi Lidah Berwarna Putih

Jamur ini tetap dapat tumbuh terkendali jika sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik.Namun jika kesehatan kekebalan tubuh melemah atau pertumbuhan bakteri terganggu, jamur dapat menyebar di luar kendali sehingga membuat lidah tampak putih atau muncul bercak.

Sementara itu, leukoplakia umumnya terjadi pada jaringan mukosa mulut, lalu berkembang menjadi bercak tebal, putih atau keabu-abuan. Leukoplakia ringan tidak begitu serius dan dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi, stadium lanjut dari kondisi ini dapat menjadi indikasi adanya kanker mulut atau penyakit serius.

Sedangkan, respon dari imun menyebabkan munculnya lichen planus oral yang memengaruhi membran mukosa mulut. Jaringan yang bengkak, bintik-bintik putih, dan luka terbuka sering terjadi pada kondisi ini.

Lidah Berwarna Merah

Lidah yang berwarna kemerahan dapat menjadi tanda kurangnya nutrisi tertentu atau masalah pada mulut. Di antaranya adalah:

Tanda Kekurangan Vitamin B-12

Kekurangan asam folat atau vitamin B-12 bisa membuat lidah kamu tampak merah. Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan asupan vitamin dengan melakukan diet bergizi.

Benign Migratory Glossitis

Benign migratory glossitis merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan tidak menular. Kondisi ini membuat kondisi lidah memiliki pola seperti Hal ini menjadi gejala yang signifikan dari alergi, defisiensi, diabetes atau stres.

Ilustrasi Lidah Berwarna Merah

Scarlet Fever atau Demam Skarlet

Deman Skarlet merupakan penyakit bakteri yang membuat lidahmu terlihat merah dan bergelombang. Perlu digarisbawahi, demam skarlet jika tidak diobati dapat dapat menyebabkan gangguan yang lebih serius hungga memengaruhi jantung, ginjal, dan organ lainnya.

Penyakit Kawasaki

Menjadi salah satu penyakit umum yang terjadi pada bayi dan anak-anak, penyakit kawasaki menyebabkan lidah tampak merahda disertai gejala lain seperti demam tinggi,serta radang pembuluh darah.

Lidah Berwarna Hitam

 

Ilustrasi Lidah Berwarna Hitam


Papila pada epitel otot lidah diketahui dapat tumbuh sepanjang hidup. Namun, pertumbuhan panjang yang tak biasa biasa yang disertai dengan munculnya bulu membuat papila lebih rantan dari bakteri. Hal ini pun dapat membuat warna lidah berubah menjadi hitam.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan gigi secara baik dan teratur dianjurkan untuk mencegah kondisi tersebut. Lidah hitam juga terlihat pada pasien diabetes atau kanker yang menjalani kemoterapi.

Selain akibat tidak sengaja tergigit atau melepuh terkena sesuatu yang panas, keadaan lidah yang bergelombang dan melepuh yang tidak diketahui penyebabnya harus langsung dikonsultasikan kepada dokter.

Hal ini bisa menjadi indikasi maag, kanker, atau spora jamur. Oleh karena itu, setiap pigmentasi, rasa sakit atau nyeri di lidah memerlukan perawatan dan penilaian oleh tenaga kesehatan profesional.

Deteksi Dini Kanker Mulut, Lakukan 'Samuri' dengan Rutin

Dream  Sahabat Dream mungkin sudah sangat akrab dengan gerakan " Sadari" atau kependekan dari perika payudara sendiri. Gerakan ini sangat dianjurkan untuk deteksi dini tumor dan kanker payudara.

Nah, ada satu lagi gerakan yang juga penting untuk dilakukan rutin yaitu " Samur" atau periksa mulut sendiri. Gerakan " Samuri" menurut drg. Rusmawati, Sp.PM dari RS Mitra Keluarga, Bintaro, penting untuk mendeteksi dini kanker mulut. Bagaimana melakukannya?

" Lakukan samuri ini dua minggu sekali. Sebelum melakukan cuci tangan dengan sabun lebih dulu. Lalu berdiri depan cermin dan periksa bibir atas dan bawah, apakah ada rasa sakit, benjolan atau kaku," kata dr. Rusmawati dalam webinar yang digelar PT Kalbe Farma Tbk.

Setelah itu periksa gusi atas dan bawah, lalu pipi bagian kanan dan kiri. Periksa juga dengan jari lidah bagian atas dan bawah. Lanjut ke bagian rongga mulut atas dan bawah dan lidah kiri serta kanan.

 

" Periksa kelincahan kekakuan dan pergerakan lidah, jika ada benjolan, nyeri, kaku, lakukan konsultasi," ungkap drg. Rusmawati.

Salah satu gejala kanker mulut menurut drg. Rusmawati adalah sariawan lebih dari 1 bulan, rasa sakit di rongga mulut yang tidak sembuh, serta pembengkakan pada dagu akibat pembengkakan kelenjar limfa submandibular.

Gerakan Samuri© Gerakan Samuri

" Ada juga rasa ganjal di tenggorakan yang tidak hilang, kesulitan mengunyah dan menelan, gigi goyang/tanggal di sekitar tumor, benjolan pada leher, penurunan berat badan dan bau mulut,” ungkapnya.

Untuk sariawan sendiri, sebenarnya keluhan yang bisa sembuh dengan sendirinya. Jika dirasa cukup menyiksa, bisa menggunakan pereda nyeri sariawan seperti Aloclair yang memiliki kandungan Aloe Vera sebagai antiinflamasi, antiseptik, analgesik dan pembalut luka. Terdapat juga sodium hyaluronate sebagai jaringan ikat, melembapkan, dan mempercepat penyembuhan luka.

" Aloclair Plus merupakan obat sariawan ideal yang efektif buat lapisan pelindung untuk mengurangi nyeri, efek tahan lama, kerja cepat, aman jika tertelan, bahan aktif aman, tidak menimbulkan iritasi dan rasa perih dan mudah digunakan,” ujar Vania Harista Product Manager PT Kalbe Farma Tbk.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Tubuh yang terasa dingin sering disepelekan. Padahal, hal itu bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan serius yang perlu dikontrol secara intens.

Baca Selengkapnya
Deretan Hewan dengan Lidah Biru, Unik tapi Ada yang Berbahaya

Deretan Hewan dengan Lidah Biru, Unik tapi Ada yang Berbahaya

Deretan hewan yang memiliki warna biru pada lidahnya, salah satunya ada jerapah!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tubuh Sering Merasa Kedinginan Tanpa Alasan? Mungkin Ini Penyebabnya

Tubuh Sering Merasa Kedinginan Tanpa Alasan? Mungkin Ini Penyebabnya

Merasa kedinginan bukan hanya diakibatkan oleh suhu lingkungan. Hal tersebut juga bisa disebabkan berbagai kondisi kesehatan.

Baca Selengkapnya
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya
Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Demi Kesehatan

Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Demi Kesehatan

Apakah waktu mandi pagi atau malam memiliki efek pada kesehatan?

Baca Selengkapnya
Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya
Jangan Salah Ya, Begini Cara Pilih Lensa Kontak Berdasarkan Kadar Air

Jangan Salah Ya, Begini Cara Pilih Lensa Kontak Berdasarkan Kadar Air

Lensa kontak tidak hanya dipilih berdasarkan warna yang cantik. Kamu juga perlu memperhatikan kualitas dan dampaknya pada mata.

Baca Selengkapnya
Ini Alasan Medis Kenapa Perempuan Haid Tidak Boleh Puasa

Ini Alasan Medis Kenapa Perempuan Haid Tidak Boleh Puasa

Dari sisi medis, ada beberapa alasan kesehatan yang mengharamkan puasa bagi perempuan haid.

Baca Selengkapnya