All New Vios Meluncur, Bawa 9 Fitur Keselamatan Canggih, Harga Termurah Rp314 Juta

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 12 Oktober 2022 15:12
All New Vios Meluncur, Bawa 9 Fitur Keselamatan Canggih, Harga Termurah Rp314 Juta
All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan, yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

Dream - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Vios di pasar Indonesia. Sedan asal pabrikan Jepang itu kini tampil lebih elegant dan powerfull dengan fastback silhoutte yang membuatnya semakin berkelas.

“ Hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam konferensi pers virtual, Rabu, 12 Oktober 2022.

All New Vios hadir dengan lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl (Hero Color), Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic. Generasi keempat Vios ini sebelumnya sudah melakukan debutnya di Thailand dengan nama All New Toyota Yaris Ativ. 

all new vios© Dok Toyota

All New Vios dilengkapi dengan teknologi keselamatan, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). Sembilan 9 fitur canggihnya layaknya " teman" yang dapat menjadi pengingat para pemobil di jalanan dengan berbagai kondisi. 

1 dari 5 halaman

Vios pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003. Kini Toyota telah meningkatkan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensi Vios yang memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

All New Vios mengadopsi engine baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga dan irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara. 

all new vios© Dok Toyota

" Bersama dengan tim engineer kami kembangkan All New Vios berdasarkan tiga pilar: Proudful, Comfortable, serta Valuable, namun tetap mempertahankan DNA sedan Vios yang memiliki Quality, Durability, dan Reliability yang tinggi," kata Henry.

Sebagai catatan, dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

2 dari 5 halaman

9 Fitur Keselamatan All New Vios

Pertama, Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) adalah fitur pertama untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan. Fitur ini akan memberikan peringatan hingga pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan. 

Kedua, Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan.

all new vios© Dok Toyota

Kemudian, Lane Departure Warning (LDW) yang mampu membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

Selanjutnya, Lane Departure Prevention (LDP) yang bertugas mencegah mobil pindah lajur di jalan dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping.

3 dari 5 halaman

Adapula Rear Cross Traffic Allert (RCTA) yang mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual. 

Blind Spot Monitoring (BSM) juga memberikan sinyal lewat grafis di kaca spion samping sebagai peringatan waktu ada mobil lain di area blind spot All New Vios

all new vios© Dok Toyota

Lain halnya dengan Front Departure Alert (FDA) yang akan memberikan peringatan suara ketika mobil di depan tiba-tiba mundur sehingga pengemudi All New Vios bisa melakukan langkah antisipasi seperti membunyikan klakson sebagai peringatan.

4 dari 5 halaman

Saat mengemudi di malam hari, ada Auto High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan lampu jauh atau high beam, untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari serta mengembalikan ke lampu utama (low beam).

all new vios© Dok Toyota

Terakhir, Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman, sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol. 

5 dari 5 halaman

Untuk pasar Indonesia, entry sedan ini didatangkan langsung secara utuh dari Thailand sebagai pusat produksi sedan Toyota di Asia Tenggara.

All New Vios dibanderol dengan harga untuk Vios E Manual Rp314,9 juta, Vios G CVT Rp355,2 juta dan Vios G CVT TSS Rp368,4 juta. 

Hadirnya All New Vios juga untuk makin memperkuat segmen Toyota, sekaligus menggairahkan pasar otomotif nasional yang masih menunjukkan pertumbuhan penjualan signifikan hingga saat ini.

Sepanjang 2022 hingga Agustus total penjualan mobil nasional mencapai 658.000 unit, atau lebih besar dari penjualan 2021 yang mencapai 543.000 unit.

Tren penjualan positif tersebut juga mencakup peningkatan penjualan pada pasar sedan yang tumbuh mencapai 4.100 unit pada 2022 dibanding 2021 yang sebesar 3.500 unit.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More