Nomor Sama Tapi Ukuran Jins Tiap Merek Berbeda, Ini Alasannya

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 8 Agustus 2016 07:02
Nomor Sama Tapi Ukuran Jins Tiap Merek Berbeda, Ini Alasannya
Ukuran untuk pakaian wanita di dunia ternyata aneh. Seorang wanita bisa mengenakan ukuran 2 di merek tertentu, sementara di merek lain bisa mengenakan ukuran 6.

Dream - Ukuran untuk pakaian wanita di dunia ternyata aneh. Seorang wanita bisa mengenakan ukuran 2 di merek tertentu, sementara di merek lain bisa mengenakan ukuran 6.

Pada Juli lalu, seorang wanita mengirim surat ke majalah H&M, lalu menjadi viral. Di surat itu, dia mengaku tidak bisa mengenakan celana jinsnya nomor ukuran 16.

Dalam sebuah video untuk Vox, seorang reporter mencoba mengenakan celana ukuran sama dari tiga merek yang berbeda, yaitu Zara, Topshop, dan Forever 21, untuk membuktikan teori itu benar. Kemudian Vox mencari tahu apa penyebabnya.

Video tersebut memuat sejarah ukuran pakaian wanita, dari kumpulan data pertama untuk menentukan ukuran, terdiri dari data yang miskin, wanita Kaukasia kemungkinan kurang makan pada 1983, yang ternyata menjadi ukuran kesombongan hari ini.

Reporter Vox membuktikan tiga jins ini, yang semuanya bernomor ukuran sama, ternyata berbeda ukuran.

Ukuran saat ini digunakan sebagai alat pemasaran, catatan di video tersebut. Ini bisa jadi sangat bervariasi antara satu merek dengan merek lainnya. Hal ini masuk akal, mengingat masing-masing merek menargetkan pasar yang berbeda.

" Saya pikir kita menargetkan pada pasar kita sendiri," ujar Profesor sekaligus Ketua Departemen Teknologi Fesyen dan Tekstil pada SUNY Buffalo State, Lynn Boorady, kepada Vox.

" Jadi, ketika Abercromble & Fitch menggunakan cara pengukuran mereka, pengukuran mereka untuk target pasar mereka sendiri, bukan untuk saya," kata Boorady.

Tapi bagi orang yang merasa resah lantaran tidak bisa mengenakan ukuran lebih kecil, Boorady menyimpulkan, " Ini hanya nomor acak, tidak berarti apa-apa."

Sumber: independent.co.uk

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham