Viral Ibu Butuh Ganja Medis untuk Anaknya, DPR Kaji Legalisasi Medis

Reporter : Nabila Hanum
Selasa, 28 Juni 2022 11:45
Viral Ibu Butuh Ganja Medis untuk Anaknya, DPR Kaji Legalisasi Medis
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya segera mengkaji wacana legalisasi ganja untuk medis.

Dream - Baru-baru ini, seorang ibu viral di sosial media karena membawa poster yang meminta tolong agar ia bisa mendapatkan ganja medis untuk anaknya. Kejadian tersebut berlangsung di Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 26 Juni 2022.

Foto ibu yang meminta ganja medis ini awalnya diunggah di akun Twitter penyanyi Andien Aisyah yakni @andienaisyah. Ibu yang diketahui bernama Santi itu mengaku mempunyai anak bernama Pika yang menderita penyakit Cerebral Palsy.

Menurut sang ibu, obat untuk menyembuhkan penyakit itu adalah minyak biji ganja alias CBD Oil. Aksi Santi itu dilakukan bersama sang suami, Sunarta.

1 dari 3 halaman

Viral Ibu Butuh Ganja Medis untuk Anaknya© Twitter @andienaisyah

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pihaknya segera mengkaji wacana legalisasi ganja untuk medis.

Meski di beberapa negara ganja sudah bisa digunakan untuk pengobatan atau medis. Namun, kata Dasco, di Indonesia hal itu masih belum diatur dalam undang-undang.

2 dari 3 halaman

" Sehingga nanti kami akan coba buat kajiannya apakah itu kemudian dimungkinkan untuk ganja sebagai salah satu obat medis yang memang bisa dipergunakan," kata Dasco, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 28 Juni 2022.

Menurut Dasco, DPR juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Kesehatan.

" Nanti kami coba koordinasikan dengan komisi teknis dan juga Kemenkes, agar DPR bisa kemudian menyikapi hal itu," ucapnya.

Tak hanya itu, Dasco mengatakan kajian legalisasi tersebut kemungkinan akan dibahas dalam proses revisi undang-undang narkotika terkait legalisasi ganja.

" Ya, nanti kami coba koordinasikan," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

 

Beri Komentar