Penyebab Sakit Tenggorokan di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 28 Juni 2022 07:36
Penyebab Sakit Tenggorokan di Malam Hari dan Cara Mengatasinya
Sakit tenggorokan membuat kita tak bisa beristirahat dengan tenang di malam hari. Apalagi jika diikuti dengan rasa sakit ketika menelan.

Dream - Saat mengalami sakit tenggorokan, Sahabat Dream akan mengalami rasa sakit, gatal, atau iritasi pada tenggorokan. Jika tak segera diobati, biasanya kondisi akan semakin parah karena diikuti rasa sakit saat menelan.

Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan (faringitis) adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu. Sakit tenggorokan akibat virus akan sembuh dengan sendirinya.

Shutterstock© Shutterstock

Namun terkadang, tenggorokan terasa lebih nyeri dan gatal pada malam hari dan membaik di siang hari. Apa yang menyebabkan ini ya Sahabat Dream? Berikut beberapa faktornya.

1 dari 4 halaman

1. Alergi

Ketika kamu alergi terhadap sesuatu dan terpapar pada siang hari, tubuh akan bereaksi seolah-olah imun sedang diserang.

Dalam banyak kasus, alergen malah ada pada zat yang tidak berbahaya seperti bulu hewan peliharaan, debu, asap rokok, parfum, dll.

Jika alergi kambuh ketika dekat dengan zat tertentu, mungkin kamu mengalami tenggorokan gatal karena alergen ini pada sore dan malam hari.

 

2 dari 4 halaman

2. Postnasal drip

Sahabat Dream akan mengalami postnasal drip ketika terlalu banyak lendir mengalir dari sinus ke tenggorokan. Ketika ini terjadi, tenggorokan bisa menjadi gatal dan perih.

Penyebab lain dari tenggorokan kering di malam hari adalah udara dalam ruangan kering, penyakit refluks gastroesofageal (GERD) dan ketegangan otot tenggorokan.

 

3 dari 4 halaman

3. Epiglotitis

Shutterstock© Shutterstock

Sahabat Dream harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika sakit tenggorokan Anda berlangsung lebih dari dua sampai tiga hari.

Selain itu, jika mengalami gejala sakit tenggorokan yang berulang seperti darah dalam air liur atau dahak, kesulitan menelan, bengkak atau nyeri yang mengganggu makan, minum, tidur, sulit memutar atau memutar kepala, atau kesulitan bernapas, segera konsultasikan ke dokter.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Untuk Dimakan Saat Sakit Tenggorokan

Makanan dan minuman tertentu dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan mencegah iritasi lebih lanjut jika menderita sakit tenggorokan.

Berikut adalah beberapa saran makanan untuk dimakan dengan sakit tenggorokan.

  • Teh hangat
  • Madu
  • Sup
  • Smoothies (tanpa gula)
  • Havermut
  • Kentang tumbuk
  • Ubi jalar
  • Pisang
  • Yogurt
  • Minyak kelapa murni

(Source: Boldsky)

Beri Komentar