Gagasan Pokok adalah Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Menemukan Gagasan Pokok

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 8 Agustus 2020 06:01
Gagasan Pokok adalah Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Menemukan Gagasan Pokok
Paragraf deduktif, induktif dan campuran.

Dream – Gagasan pokok adalah sebuah pernyataan yang merupakan inti suatu pembahasan. Seringkali gagasan pokok terletak pada kalimat utama yang ada di awal dan simpulan paragraf.

Tak menutup kemungkinan gagasan pokok yang terletak di kedua tempat tersebut, yaitu di awal dan akhir paragraph sekaligus.

Sebenarnya gagasan pokok adalah bisa disebut juga sebagai ide pokok atau pokok pikiran, yaitu inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat. Gagasan pokok adalah sebuah pesan atau inti yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca.

Kalimat yang mengandung gagasan pokok adalah bernama kalimat utama atau kalimat topik. Gagasan pokok ini bisa berupa kalimat deduktif, induktif, maupun campuran. Bahkan juga ada gagasan pokok yang berada di tengah paragraf.

1 dari 4 halaman

Ciri-ciri Gagasan Pokok

Ilustrasi© freepik.com

Ciri-ciri gagasan pokok adalah sebuah kalimat yang mengandung topik permasalahan, dan dijabarkan menjadi beberapa kalimat. Ciri-ciri gagasan pokok selengkapnya akan kit aulas di bawah ini:

Biasanya berupa satu kalimat lengkap.

Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.

Mengandung topik permasalahan.

Dibentuk tanpa kata sambung maupun transisi.

Pada paragraph induktif, gagasan pokok ditandai dengan kata-kata kunci seperti, sebagai kesimpulan, yang penting, oleh karena itu, dengan demikian, dan lain-lain.

2 dari 4 halaman

Cara Menemukan Gagasan Pokok

Ilustrasi© freepik.com

Cara menemukan gagasan pokok adalah dengan membaca keseluruhan bacaan dengan cermat. Cara selengkapnya menemukan gagasan pokok adalah sebagai berikut:

Membaca dengan cermat

Jika hendak menemukan gagasan pokok, bacalah kalimat demi kalimat dalam paragraf tersebut dengan cermat. Kemudian pahami inti yang sedang dibahas dalam teks.

Jika sudah dibaca secara keseluruhan, jawablahh pertanyaan “ Apa” yang sedang dibahas? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah menjadi gagasan pokoknya.

Temukan Kalimat Utama

Selanjutnya, cara menemukan gagasan pokok adalah dengan menemukan kalimat utamanya pada setiap paragraf di dalam teks. Jika kalimat utama sudah ketemu, lanjut carilah inti kalimat utama tersebut dengan mengambil subjek dan predikatnya saja, kemudian simpulkan gagasan-gagasan utamanya.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Gagasan Pokok dan Kalimat Pokok

Ilustrasi© freepik.com

Jika kamu kesulitan membedakan gagasan pokok dan kalimat pokok, maka yang perlu kita ketahui adalah maksud dari ide pokok dan kalimat utama terlebih dahulu.

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan pokok dan diperjelas oleh kalimat lain dalam suatu paragraf. Sedangkan ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok perkembangan paragraf.

Selain itu, ide pokok juga merupakan bagian dari kalimat utama yang menjadi inti dari sebuah bacaan. Biasanya kalimat utama ini terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir.

4 dari 4 halaman

Contoh Gagasan Pokok

Ilustrasi© freepik.com

Kali ini Dream juga akan melampirkan contoh gagasan pokok. Gagasan pokok adalah gagasan yang biasanya terletak di awal paragraf atau di akhir, bahkan bisa muncul di kedua tempat tersebut.

Contoh gagasan pokok yang terletak di awal (deduktif) adalah sebagai berikut. Gagasan pokok di bawah ini ditandai dengan kalimat miring. 

Jenderal Khalid bin Walid adalah panglima yang tak pernah kalah sepanjang sejarahnya memimpin prajurit di medan perang. Dia bergelar “ Pedang Allah yang terhunus”. Dalam suatu peperangan ia pernah mengalahkan pasukan tantara Byzantium dengan jumlah pasukan 240.000. Padahal pasukan muslim yang dipimpinnya saat itu hanya berjumlah 46.000 orang. Namun dengan kejeliannya mengatur strategi, pertempuran itu bisa dimenangkannya dengan mudah. Pasukan musuh lari terbirit-birit.

Contoh gagasan pokok yang terletak di akhir (induktif).

Karya sastra merupakan hasil olahan imajinasi pengarangnya. Pengarang harus membebaskan imajinasinya agar hasil karyanya berkualitas. Tanpa daya imajinasi, mustahil seorang pengarang berhasil menciptakan sebuah karya sastra bernilai tinggi. Oleh karena itu, imajinasi merupakan aspek penting dalam proses penciptaan karya sastra.

Contoh gagasan pokok dalam paragraf campuran (deduktif-induktif).

Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar secara dadakan. Artinya belajar seharian sebelum ujian. Belajarlah mulai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokkannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN.

Itulah penjelasan tentang gagasan pokok adalah beserta pengertian, ciri-ciri dan cara menemukan gagasan pokok dalam sebuah paragraf. Semoga artikel ini membantu, Sahabat Dream!

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar