Hafal Quran Para Santri di Jalur Gaza

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 6 April 2016 14:03
Hafal Quran Para Santri di Jalur Gaza
Meski kondisi keamanan belum stabil para santri Daarul Quran di sana tetap berusaha keras menghafal Alquran.

Dream - Hidup dalam tekanan bukan berarti harus menyerah. Seberat apapun hidup, harus dijalani dan dilalui dengan kegiatan yang bermanfaat.

Lihatlah para hafiz di Jalur Gaza, Palestina. Meski kondisi keamanan belum stabil –wilayah ini beberapa waktu lalu menghadapi agresi Israel– para santri Daarul Qur’an di sana tetap berusaha keras menghafal Alquran.

Saban hari mereka bisa menghafal sampai 3 lembar Alquran. Rata-rata dalam sebulan, mereka bisa menuntaskan hafalan 60 lembar, dan sedikitnya mereka bisa menghafal 20 lembar dalam sebulan.

Tiada hari tanpa menghafalkan Alquran dalam rutinitas mereka. Meskipun, keadaan tanah kelahiran mereka tidak seperti negara pada umumnya, yang bebas dan merdeka dari penjajah.

“ Alhamdulillah, menjaga pribadi dalam pergaulan dan menanamkan paham syariat Islam sejak dini, dapat membantu mereka menjaga hafalan. Di samping, menanamkan rasa cinta terhadap Alqur'an,” ujar Koordinator Daarul Qur'an Cabang Gaza, Abdillah Onim, dikutip Dream dari pppa.or.id, Rabu 6 April 2016.

Ia menjelaskan, para santri menghafal dengan metode memperdengarkan hafalan (tasmi') yang sudah dimiliki, sebelum menerima hafalan yang baru. Tidak hanya itu, pembimbing juga meberikan kajian rutin dan hadiah bagi santri berprestasi.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini

Beri Komentar