Prabowo Kirim Surat ke Amien Rais Sebelum Bertemu Jokowi, Ini Isinya

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 15 Juli 2019 18:00
Prabowo Kirim Surat ke Amien Rais Sebelum Bertemu Jokowi, Ini Isinya
Rekonsiliasi dalam arti keutuhan bangsa, saya 1.000 persen setuju.

Dream - Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, mengirim surat untuk Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Surat itu dikirim pada 12 Juli 2019.

Diungkapkan Amien, surat itu berisi pertemuan Prabowo dengan Joko Widodo atau Jokowi.

" Jadi saya tadi datang dari Jogja, kemudian langsung baca surat di meja saya dari Prabowo, surat itu tertanggal 12 Juli," ucap Amien membeberkan surat Prabowo, Senin, 15 Juli 2019.

Dalam isi surat tersebut, Prabowo menceritakan kemungkinan dia menggelar pertemuan pada 13 Juli 2019 lalu. Di hari itu, Prabowo diketahui mengadakan pertemuan dengan Jokowi.

" Bagi saya Pak Amien kepentingan lebih besar yaitu keutuhan bangsa, NKRI, dan lainnya. Itu lebih saya pentingkan," ucap dia.

 

1 dari 5 halaman

Kapan Bertemu?

Amien mengatakan, setelah pertemuan dengan Jokowi, Prabowo mengajaknya bertemu.  Dia memastikan undangan pertemuan itu direncanakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

" Singkatanya begini. Jadi saya tentu tidak bisa jelaskan secara detail, mengapa Pak Prabowo sudah ketemu Jokowi, tapi yang jelas, saya sebentar lagi atau besok pagi atau lusa akan bertemu," ucap dia.

Dia menuturkan, tidak mengetahui apakah ada pihak-pihak dari partai koalisi yang mendapat surat tersebut.

" Saya belum tahu. Saya baru tadi pagi ini (membacanya)" ujar dia.

2 dari 5 halaman

Amien Rais Setuju?

Amien sepakat dengan pertemuan Prabowo dan Jokowi. Tetapi, Amien tidak sepakat dengan wacana bagi-bagi kursi di pusaran langkah rekonsiliasi.

" Buat saya rekonsiliasi itu sangat lucu kalau dalam wujud bagi-bagi kursi. Itu namanya bukan rekonsiliasi," kata dia.

Amien sepakat, rekonsiliasi demi menjaga kerangka keutuhan bangsa dan NKRI. " Rekonsiliasi dalam arti bangsa utuh. Enggak boleh pecah. Saya 1.000 persen setuju, mbah-nya setuju," ucap dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

3 dari 5 halaman

Jokowi dan Prabowo Subianto Akhirnya Bertemu di Stasiun MRT

Dream - Pertemuan Presiden Terpilih Joko Widodo dan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto akhirnya terlaksana. Di stasiun MRT, Lebak Bulus, Jakarta, pertemuan yang dinantikan itu akhirnya terlaksana.

Mengutip laman Liputan6.com, Sabtu, 13 Juli 2019, sejak pukul 09.39 WIB tampak Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, hingga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani tampak di Statiun MRT.

Selain itu, ada pula Kepala BIN Budi Gunawan serta Menteri Hubungan Budi Karya Sumadi hadir di lokasi.

Kabar pertemuan kedua calon presiden dalam Pilpres 2019 itu dibagikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 Prabowo Subianto

" Semoga hari ini menjadi hari yg dikenang buat proses demokrasi yg semakin dewasa..," tulis Pram, seperti dikutip Liputan6.com, Jakarta, Sabtu.

Dia berharap, pertemuan Jokowi-Prabowo ini membuat bangsa Indonesia lebih maju." Mudah2an pertemuan yg terjadi membuat bangsa ini semakin kuat, maju, adil dan makmur #pertemuan #indonesia #AlFatihah," lanjut Pram.

4 dari 5 halaman

Tak Ada Lagi Cebong dan Kampret

Dalam keterangan pers di stasiun MRT Bundaran HI, Jokowi menegaskan jika pertemuan ini telah lama direncanakan. Namun karena kesibukan keduanya, pertemuan itu baru bisa terlaksana hari ini.

" Alhamdulillah pagi ini kita bisa pertemukan," ujarnya.

Menurut Jokowi, pertemuan ini diharapkan bisa menjadi sinyal bagi para pendukung untuk kembali merekatkan hubungan yang sempat merenggang usai Pilpres 2019 lalu. Diakuinya, kompetisi Pilpres lalu memang berlangsung sangat keras diantara para calon dan pendukung.

" Kita juga berharap agar para pendukung melakukan hal yang sama. Karena kita adalah saudara sebangsa dan setanah air," tegas Jokowi.

Ditambahkan, pertemuan ini diharapkan bisa menghilangkan istilah Kampret dan Cebong yang selama ini dipakai masing-masing pendukung.

" Yang ada adalah Garuda, Garuda Pancasila," kata Jokowi.

5 dari 5 halaman

Prabowo Akhirnya Ucap Selamat ke Jokowi

Pernyataan Jokowi disepakati oleh Prabowo Subianto. Ketua Umum Gerindra itu menegaskan jika pertemuan ini meski terlihat non-formal namun memiliki dimensi yang sangat penting.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga untuk pertama kalinya memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden 2019-2024. Menurut Prabowo, ucapan ini sekaligus menjawab rasa penasaran masyarakat.

" Ada yg bertanya kenapa Prabowo belum ucapkan selamat untuk jokowi? Saya katakan, saya ini bagaimanapun ada ewuh pakewuh. ada toto kromo, jadi kalau mau ucapkan selamat harus tatap muka," ujar Prabowo.

Dia menambahkan jika hubungannya dengan Jokowi selama ini memang bersahabat dan berkawan. Namun karena tuntutan politik, mereka terkadang harus bersiang, saling mengkritik.

" Tapi sesudah berkompetisi, bertarung dengan dengan keras, kadang-kadang, tapi kita tetap dalam kerangka keluarga besar republik Indonesia," kata Prabowo

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie