Kunjungi Museum Dal Al Madinah, Menag Sudah Ingin Segera Dibangun di Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 26 November 2021 10:00
Kunjungi Museum Dal Al Madinah, Menag Sudah Ingin Segera Dibangun di Indonesia
Museum ini menyajikan informasi kehidupan Rasulullah Muhammad SAW yang nantinya akan dibangun replikanya di Indonesia.

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dibuat takjub oleh suguhan di Museum Dar Al Madinah. Museum di komplek Masjid Nabawi ini menyajikan seluruh informasi mengenai kehidupan Rasulullah Muhammad SAW yang dikemas dengan memadukan kecanggihan teknologi.

" Museum Dal Al Madinah ini luar biasa. Saya sangat takjub. Di sini disajikan secara lengkap tentang detil sejarah nabi," ujar Gus Yaqut, dikutip dari Kemenag.

Museum Dal Al Madinah telah direncanakan dibangun di Indonesia, yang nantinya dinamai Museum Sejarah Nabi dan Peradaban Islam. Indonesia dipilih otoritas Saudi sebagai negara yang akan memiliki museum tentang sejarah hidup Rasulullah mengingat penduduknya yang mayoritas Muslim dan terbesar di dunia.

Gus Yaqut sangat berharap museum tersebut segera dibangun di Indonesia. Sebab, Indonesia sangat berkepentingan memiliki museum tersebut.

" Ini akan sangat bermanfaat untuk membangun pengetahuan dan peradaban," kata dia.

Museum Dar Al Madinah berdiri atas inisiatif Muhammad bin Abdul Karim Issa dan menjadi museum pertama sekaligus terbesar yang memfokuskan pada informasi sejarah Kota Mekah dan Madinah. Koleksi museum ini sangat lengkap mengenai sejarah Rasulullah perkembangan peradaban di Mekah serta Madinah.

 

 

1 dari 5 halaman

Mengulas Seluruh Aspek Kehidupan Rasulullah

Seluruh informasi disajikan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sehingga, informasi disampaikan secara atraktif.

Pimpinan Museum, Abdulaziz Kaaki, menyatakan pembangunan museum ini diawali dengan riset dan persiapan hingga 15 tahun lamanya. Ke depan, museum serupa akan dibangun di beberapa negara, dengan Indonesia sebagai negara pertama yang akan memiliki museum serupa.

" Museum ini juga sudah dikunjungi 10 kepala negara dan mereka mengapresiasi. Seluruh isi yang ada dan dikemas secara digital tentang sejarah nabi diambil dari referensi terpercaya melalui Alquran dan Hadis dengan riwayat-riwayat yang sangat kuat," kata Abdulaziz.

Seluruh aspek dalam kehidupan Rasulullah dijelaskan cukup rinci. Mulai dari akhlak, pakaian, kebiasaan, rutinitas, hingga putri-putrinya.

Juga dijelaskan periodisasi usai Rasulullah yang dilengkapi informasi cukup rinci. Terdapat pula keterangan mengenai fisik Rasulullah mulai dari tangan, rambut, dan lain sebagainya.

© Dream
2 dari 5 halaman

Bertemu Menteri Haji Saudi, Menag: Indonesia Diprioritaskan Urusan Haji dan Umroh

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, bertemu dengan Menteri Urusan Haji dan Umroh Arab Saudi, Taufiq F Alrabiah membahas perkembangan Covid-19. Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin, 22 November 2021 di Mekah, Gus Yaqut menyampaikan kondisi terkini Indonesia serta kesiapan pengiriman jemaah umroh.

" Menteri Taufig mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umroh," ujar Gus Yaqut.

Dari pertemuan tersebut, Gus Yaqut berharap jemaah Indonesia dapat segera melepas kerinduan terhadap Tanah Suci. Dia juga sangat berharap pintu masuk untuk jemaah umroh Indonesia segera dibuka.

" Kita sangat berharap semoga hal itu tidak lama lagi," kata dia.

Selama pertemuan, Gus Yaqut mengatakan pembicaraan berjalan cukup progresif dan efektif. Ini tidak terlepas dari pertemuan awal antara Wakil Menteri Haji Saudi bersama tim Kemenag di bawah komando Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh bersama Staf Khusus Menag dan tim Konsul Haji Jeddah.

 

3 dari 5 halaman

Segera Susun Skenario Pemberangkatan

Ke depan, Kemenag segera menyusun skenario dan timeline pemberangkatan jemaah umroh dengan tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Hasil rumusan tersebut segera disampaikan kepada Kementerian Haji dan Umroh Saudi untuk dipelajari.

" Menteri Haji tadi mengapresiasi progress pembahasan awal yang sudah dilakukan Wakil Menteri Haji dengan tim Kemenag," kata dia.

" Kita berharap semoga persiapan lanjutan baik di Saudi dan Tanah Air bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umroh bisa segera dibuka," ucap Gus Yaqut melanjutkan.

Selain pelaksanaan umroh, pertemuan juga membahas peningkatan kerjasama bidang haji dan umroh. Kedua belah pihak memiliki visi yang sama untuk meningkatkan kerja sama bilateral.

" Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu," kata Gus Yaqut.

© Dream
4 dari 5 halaman

Hasil Pertemuan Menag dan Gubernur Mekah Soal Izin Umroh untuk Indonesia

Dream - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menemui Gubernur Mekah, Arab Saudi, Khalid bin Faisal Al Saud untuk membahas kondisi terkini penanganan Covid-19. Kepada Khalid, Gus Yaqut menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberangkatkan jemaah umroh di tengah pandemi.

" Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan Covid di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali," ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengatakan pihaknya terus mengedukasi calon jemaah haji dan umroh agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ditambah lagi, Indonesia terus menggenjot capaian vaksinasi.

" Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jemaah haji dan umroh," kata dia.

Selain itu, Gus Yaqut juga menyampaikan rencana kebijakan terkait penyelenggaraan umroh kepada Khalid. Salah satunya, kebijakan umroh satu pintu untuk mengupayakan kesehatan bagi jemaah.

5 dari 5 halaman

Usulkan Tes PCR di Indonesia atas Rekomendasi Saudi

Terkait tes PCR bagi calon jemaah umroh, Gus Yaqut menjelaskan tes akan difokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia berdasarkan rekomendasi dari otoritas Saudi.

" Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umroh 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia," kata dia.

Sementara Gubernur Mekah, Khalid, menyampaikan komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah umroh maupun haji Indonesia. Meski begitui, dia tetap menekankan pentingnya kedisiplinan menerapkan prokes.

Khalid menyatakan kedisiplinan menjadi perhatian karena umroh maupun haji tahun ini tetap berjalan di tengah pandemi. Sehingga, tindakan pencegahan perlu dijalankan semua pihak, dikutip dari Kemenag.

© Dream
Beri Komentar