Keren, Mantan Penambang Banyuwangi Ini Kuasai 3 Bahasa Asing

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 20 Juli 2017 18:35
Keren, Mantan Penambang Banyuwangi Ini Kuasai 3 Bahasa Asing
Dia belajar secara otodidak, bermodal kamus.

Dream - Menjadi pramuwisata menuntut seseorang bisa berbahasa asing dengan baik. Kemampuan itu akan berguna untuk memandu para wisatawan asing yang berlibur ke suatu tempat.

Pentingnya menguasai bahasa asing disadari betul oleh Ropix, 40 tahun. Pria yang dulunya merupakan penambang belerang di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur ini menguasai tiga bahasa asing yaitu Inggris, Perancis, dan Spanyol.

Semua dia kuasai secara otodidak. Hanya bermodal kamus, dia berani menyapa para wisatawan asing dan kini kemampuannya dalam menguasai kosa kata mencapai 50 persen.

Yang paling keren yaitu ketika dia belajar Bahasa Perancis. Meski tahu Bahasa Perancis cukup sukar dikuasai, niat Ropix sudah bulat.

“ Saya memang berkemauan, sekalipun tahu bahasa Perancis itu sangat sukar”, ujar Ropix kepada Merdeka.com.

Kemampuan berbahasa asing seperti inilah yang diharapkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Saat berkunjung di Pesantren Gontor, Anas mengajak para santri berkolaborasi mengajari warga Banyuwangi berbahasa Asing.

" Gontor ini kan dikenal dengan kemampuan bahasa asingnya. Ini potensi bagus untuk bisa disinergikan dengan program Pemkab yang mengajarkan bahasa asing kepada masyarakat," kata Anas, beberapa waktu yang lalu.

Pengajaran bahasa Asing yang dilaksanakan di desa-desa, lanjut Anas, bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan program pengabdian masyarakat para santri Gontor.

" Di Gontor itu kan ada praktik pengabdian yang turun langsung ke masyarakat, ini bisa dioptimalkan dengan memberikan pengajaran bahasa asing kepada pemuda-pemuda di desa," ucap dia. (ism) 

Beri Komentar