CONNECT WITH US!

Fenomena Langka Tiga Planet Berjajar Akhir Bulan Ini

Reporter : Ahmad Baiquni | Sabtu, 31 Oktober 2015 10:01
Tiga Planet Berurutan, Jupiter, Venus, Dan Mars Membentuk Konjungsi Dari Langit Kudus, Jawa Tengah (Foto: Antara Foto/Yusuf Nugroho)
Astronom amatir Universitas Adelaide Australia, Ian Musgrave menerangkan ketiga planet tersebut akan bergerak saling berdekatan membentuk 'konjungsi planet'.

Dream - Tiga planet yang berdekatan dengan bumi yaitu Mars, Jupiter, dan Venus berada pada posisi yang tampak berdekatan. Fenomena ini dapat dilihat secara langsung dari bumi mulai tanggal 28 Oktober 2015.

Astronom amatir Universitas Adelaide Australia, Ian Musgrave menerangkan ketiga planet tersebut akan bergerak saling berdekatan membentuk 'konjungsi planet'. Para astronom menyebut fenomena ini sebagai 'tarian planet'.

" Venus, Jupiter dan Mars melakukan apa yang kita sebut 'tarian planet', planet-planet itu tampak sangat dekat satu sama lain, seperti yang kita lihat di langit," ujar Ian.

" Tentu saja, sebenarnya mereka dipisahkan oleh jutaan mil tetapi ketika planet-planet itu berdekatan satu sama lain di langit, kita sebut ini konjungsi planet," lanjut dia.

Ian mengatakan Jupiter berada di posisi lebih tinggi di langit karena baru muncul dari balik Matahari akhir bulan lalu. Bersama Mars, kedua planet ini mengejar ketertinggalan dari Venus.

" Jadi mereka akan sangat berdekatan satu sama lain karena orbit planet-planet sebagian besar berada pada bidang yang sama," kata dia.

Terang Ian, posisi ketiga planet ini begitu dekat. Ketiganya dapat dilihat pada pukul 05.00 pagi hari ketika langit masih tampak gelap.

" Jika Anda sudah bangun sejak sekitar jam 5 di pagi hari, Anda akan mampu melihat Venus dan Jupiter menggantung di satu garis tepat di atas cakrawala," ungkap dia.

Selanjutnya, kata Ian, Venus dan Jupiter berada di posisi saling berdekatan pada 26 Oktober lalu. Dalam beberapa hari ke depan, Mars menyusul untuk berdekatan dengan Venus dan kedua planet ini benar-benar dalam posisi sangat dekat pada 31 Oktober nanti.

" Jarak di antara mereka sedekat jari satu ke jari di sisi lain lengan. Mereka akan benar-benar dekat selama beberapa hari ke depan dan selama sisa pekan, Venus akan semakin dekat dan dekat ke Mars, jadi Venus akan meninggalkan Jupiter di belakang dan akan lebih dekat ke Mars," ungkap dia.

Dalam beberapa hari ke depan, ketiganya akan membentuk posisi segitiga.

" Pada saat ini, Anda bisa melihat setipis ini, segitiga sempit antara Venus, Jupiter dan Mars di puncak, kemudian Venus perlahan akan bergerak lebih dekat dan lebih dekat ke Mars dan mereka akan benar-benar dekat mulai sekitar 28 Oktober," kata dia.

Lebih lanjut, Ian mengungkapkan masyarakat dapat langsung menyaksikan fenomena ini menggunakan mata telanjang. " Dengan mata telanjang, Anda akan melihat mereka sangat dekat dan itu akan terlihat sangat indah,” ungkap Ian.

(Ism, Sumber: radioaustralia.net,au)

Pulau Rubiah - Pulau Onrust, Karantina Haji Tempo Doeloe