Disebut Rasis, Kostum Halloween 'Hidung Syeikh Fagin' Ditarik

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 30 Oktober 2015 14:02
Disebut Rasis, Kostum Halloween 'Hidung Syeikh Fagin' Ditarik
ADC mengatakan produk tersebut mengabadikan kiasan rasis yang telah lama digunakan untuk menghina dan mengasingkan masyarakat Arab sepanjang masa.

Dream - Penjualan kostum Halloween berupa replika hidung mancung yang besar di jaringan supermarket terbesar di Amerika Serikat, Walmart, kini dihentikan. Hal ini menyusul desakan dari sejumlah kelompok pejuang hak asasi Muslim dan Arab.

Dalam  iklannya, 'Hidung Fagin', toko online dari supermarket besar AS itu menggambarkan produknya sebagai 'sangat sempurna untuk menjadi Syeikh Arab'.

" Hal terakhir yang kami lakukan telah menyinggung siapa pun," ujar Michael Stein, Kepala Eksekutif Cinema Secrets, the Burbank, California, perusahaan yang memproduksi replika hidung tersebut kepada New York Times.

Penjualan perlengkapan Halloween 'Hidung Syeikh Fagin' telah memicu kemarahan di media sosial dan mengundang kritik dari Komite Anti-Diskriminasi Arab-Amerika (American-Arab Anti-Discrimination Committee/ADC).

Disebut sebagai 'hidung stereotipe lama Semit', ADC mengatakan produk tersebut mengabadikan kiasan rasis yang telah lama digunakan untuk menghina dan mengasingkan masyarakat Arab sepanjang masa.

Perlengkapan Halloween lain yang juga tidak lagi dijual adalah kostum tentara Israel untuk anak-anak. Hal ini menyusul kecaman yang juga dilayangkan oleh ADC.

" Simbol ketakutan, kekerasan dan sejarah panjang perampasan tidak boleh digunakan untuk kepentingan hiburan," tulis ADC.

" Kostum tentara Israel sangat menyinggung masyarakat Arab-Amerika, terutama para keluarga yang memiliki anggota yang terbunuh oleh tentara Israel, termasuk anak-anak," lanjut ADC.

Beberapa hari lalu, situs lelang eBay juga menjual burqa, pakaian muslimah yang menutup wajah, sebagai kostum Halloween. Hal itu memicu reaksi keras dari netizen.

Sumber: onislam.net

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak