Menag Desak Saudi Perbaiki Kondisi di Mina

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 3 Juli 2018 08:01
Menag Desak Saudi Perbaiki Kondisi di Mina
Mina sudah tidak memungkinkan diperluas secara syariat.

Dream - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, mendesak perbaikan kondisi dan layanan di Mina. Ini mengingat kawasan Mina yang tidak mungkin diperluas, sementara selalu dipadati jemaah haji dari seluruh dunua

" Problem haji kita saat ini yaitu Mina," ujar Lukman di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin, 2 Juli 2018.

Lukman mengatakan secara syariat, Mina tidak memungkinkan diperluas. Sehingga dia berharap dengan kondisi itu, toilet dan tenda di Mina dapat dibuat bertingkat.

" Amat sangat berharap pemerintah Arab Saudi dapat mempertimbangkan ini," ujar dia.

Lukman mengatakan perbaikan layanan di Mina perlu segera dijalankan ketimbang harus mengupayakan penambahan kuota haji untuk Indonesia. Sebab, selama sarana prasarana Mina belum diperbaiki, pemambahan kuota akan mengancam keamanan jemaah haji.

" Jadi bukan berarti saya tidak bahagia kuota ditambah," kata dia.

Selama ini, Mina dan Arafah menjadi fokus pelayanan Kementerian Agama. Dasarnya, banyak jemaah yang mengalami kelelahan ketika tiba di dua lokasi ini akibat suhu udara yang ekstrem.

Berdasarkan informasi, ada usulan perbaikan fasilitas berupa membuat ranjang bertingkat di tenda-tenda Mina. Ide ini dianggap bukan solusi terbaik lantaran ranjang bertingkat akan membuat ruang di tenda semakin sempit.

" Fasilitas yang amat terbatas. Kita harus konsentrasi mendapat pelayanan yang lebih baik," ujar dia. (ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone