Mufti ISIS Ditangkap, Menderita Obesitas & Harus Diangkut Pakai Truk

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 20 Januari 2020 14:00
Mufti ISIS Ditangkap, Menderita Obesitas & Harus Diangkut Pakai Truk
Bobotnya 136 kilogram. Selama jadi mufti ISIS, dia memfatwakan pengeboman makam Nabi Yunus.

Dream - Salah satu pemimpin tinggi kelompok teroris ISIS tertangkap di Mosul, Irak, Kamis malam, 16 Januari 2020. Dia adalah Shifa Al-Nima, ulama ISIS yang cukup berpengaruh.

Menurut laman RT, Shifa, yang juga dikenal sebagai Abu Abdul-Bari, ditangkap tim SWAT Irak di bagian barat Mosul. Aparat keamanan menyatakan dia bertanggung jawab atas fatwa pengeboman Makam Nabi Yunus di kota tersebut.

Makam Nabi Yunus di Mosul merupakan salah satu situs kuno bersejarah Irak. ISIS meledakkan situs tersebut pada 2014 setelah mereka menguasai Mosul.

Shifa juga merupakan aktor utama di balik eksekusi terhadap para ulama yang menolak berbaiat kepada ISIS. Dia jugalah yang menghasut orang-orang untuk melawan petugas keamanan.

Penangkapan tersebut membuat publik keheranan. Bukan pada tindakan tim SWAT namun lebih ke kondisi fisik dari Shifa Al-Nima.

 Mufti ISIS kegendutan© Twitter

Mufti ISIS Shifa Al-Nima bertubuh sangat tambun (Twitter/@AliBaroodi)

1 dari 4 halaman

Terlalu Tambun

Lelaki paruh baya itu memiliki tubuh yang sangat besar lantaran mengalami obesitas akut. Berat tubuhnya dilaporkan mencapai 300 pon atau 136 Kilogram.

Petugas keamanan sampai kewalahan menggotong Shifa. Akhirnya, ulama utama ISIS itu diangkut dengan truk.

 

2 dari 4 halaman

'Jabba The Hutt'-nya ISIS

Penangkapan ini jauh dari kesan mengerikan malah menjadi bahan olokan dan meme di media sosial. Banyak netizen lantas menjulukinya dengan Jabba The Hutt, karakter monster tambun di film Star Wars.

" Jabba The Hutt benar-benar pasrah,"  tulis seorang netizen.

" Satu hal yang pasti, tidak ada kesempatan bagi dia untuk bisa melarikan diri,"  tulis netizen lainnya.

Banyak juga yang bertanya bagaimana bisa ulama kontroversial itu sampai obesitas, sementara pasokan makanan di Mosul sangat terbatas hingga membuat banyak orang kelaparan. Belum lagi fakta bahwa Shifa sedang dalam pelarian.

" Tidak mungkin dia berpuasa saat Ramadan,"  tulis netizen lainnya.

3 dari 4 halaman

Situs Bersejarah Suriah Sebelum dan Sesudah Dihancurkan ISIS

Dream - Setahun setelah diduduki oleh ISIS, Kota Palmyra di Suriah baru-baru ini direbut kembali oleh militer Suriah yang didukung oleh serangan udara Rusia.

Sebelumnya, rumah bagi banyak situs bersejarah paling berharga di dunia ini memiliki begitu banyak artefak peninggalan peradaban masa lalu. Namun sebagian besar telah dihancurkan oleh pasukan ISIS dengan tujuan pembersihan ikon-ikon kuno yang dianggap merepresentasikan kemusyrikan.

" Tentu saja Temple of Bel tidak akan sama lagi seperti dulu," ujar Direktur Lembaga Pelestarian Situs Kuno Suriah, Mamoun Abdulkarim.

Namun kabar baik muncul. Para ahli diyakini bisa mengembalikan sepertiga atau mungkin lebih dari situs yang hancur. Namun, Mamoun mengatakan hal itu bisa terwujud jika pihaknya mendapatkan bantuan UNESCO.

" Saya mengundang para arkeolog dan ahli dari mana-mana untuk datang bekerjasama dengan kami karena situs ini merupakan bagian dari warisan dunia," kata Mamoun.

(Sumber: boredpanda.com)

4 dari 4 halaman

Cara Agen Umroh Cegah Pengikut ISIS

Dream - Agen perjalanan umroh harus mulai hati-hati menerima calon peserta. Alasannya, masyarakat yang berniat bergabung dengan pergerakan Islamic State (ISIS) sering menggunakan jasa agen umroh untuk bisa sampai ke negara tujuan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan menduga agen perjalanan umroh pun berpotensi dijadikan sarana membawa calon anggota ISIS dari Indonesia. 

" Potensi anggota ISIS masuk di agen umroh tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Kami tidak punya wewenang untuk menelusuri, mengkaji, atau memeriksa setiap agen umroh," jelas Amidhan, salah satu Ketua MUI kepada Dream.

Sebagai lembaga yang melindungi warga muslim di Tanah Air, MUI mengaku takkan tinggal diam. MUI bahkan mengecam keras aksi gerakan Islam radikal tersebut dan menyebar imbauan-imbauan kepada masyarakat.

" Kami hanya bisa memberi imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati memilih agen umroh. Masyarakat harus tahu apakah agen umroh itu bersertifikat atau tidak," saran Amidhan

Khusus kepada perusahaan agen perjalanan umroh, MUI menghimbau agar senantiasa waspada dengan pelanggannya. " Harus ditelusuri setiap pelanggan yang memakai jasa perjalanan umroh. Identitas pelanggan harus jelas dan lengkap," tegasnya.

Amidhan mengingatkan, agen perjalanan umroh dengan statusnya sebagai perusahaan swasta tetap memiliki kebijakan yang tidak melanggar aturan dari pemerintah.

Sementara salah satu biro penyalur perjalanan umroh, Nasuha Yassinta, keterlibatan ISIS tergantung dari rute perjalanan yang dilaluinya. " Kalau Turki, Dubai, Yaman indikasi jadi ISSI, tapi kalau lewat Arab Saudi tidak," imbuh Firman, pemilik biro perjalanan umroh itu.

Firman menegaskan agen perjalanan umroh bakal menerapkan seleksi ketat untuk menganstisipasi masuknya calon anggota ISIS dalam peserta perjalanan ibadah umroh. " Ya sebelum terbang jamaah diberi pengarahan saat manasik kalau ada yang bekas TKI atau TKW paspornya ketahuan dari situ dan langsung buat surat pernyataan," katanya.

Guna menyiasatinya masuknya jamaah yang memanfaatkan agen perjalanan umroh, perusahaan bahkan mengenakan perjanjian jika peserta tidak pulang atau kabur. " Jamaah tersebut kena denda US$ 10 ribu yang kita klaim ke pihak keluarganya di Tanah Air," ujarnya.

Beri Komentar