WNA China Jadi Mualaf demi Nikahi Gadis Gorontalo

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 10 Oktober 2019 13:00
WNA China Jadi Mualaf demi Nikahi Gadis Gorontalo
KUA tak menerima berkas pernikahan.

Dream - Seorang warga negara asing (WNA) China, berinisial WN, kepincut dengan gadis asal Desa Tanjung Karang, Kecamatan Timilito, Kabupaten Gorontalo Utara, RK.

Namun sayangnya, WN diduga melangkahi aturan-aturan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk menikahi gadis Gorontalo tersebut.

Setelah memeluk Islam, WN mengganti namanya menjadi Muhamad Jumadil. Dia memberi mahar senilai Rp50 juta saat pernikahan yang dihelat Selasa, 8 Oktober 2019. Tetapi, pernikahan itu tidak terdaftar di KUA.

Kepala KUA Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Masni A. Hama, mengaku tidak menerima berkas perkawinan Muhamad Jumadil dengan warga Desa Tanjung Karang.

" Terkait pernikahan itu kami tidak tahu-menahu, selanjutnya apa pun kegiatannya itu tidak dibenarkan atau ilegal karena sampai dengan saat ini tidak ada dokumen dari WNA tersebut yang masuk kepada kami," kata Masni, diakses Liputan6.com, Kamis, 10 Oktober 2019.

 WNA Tiongkok Nikahi Gadis Desa Gorontalo Utara. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

WNA Tiongkok Nikahi Gadis Desa Gorontalo Utara. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Dia menyebut, sebelumnya pasangan ini telah melakukan pengurusan dokumen untuk menikah. Tetapi terkendala dengan pihak laki-laki dari WNA tersebut yang tidak mengantongi dokumen resmi.

" Memang sepekan lalu mereka hendak melakukan pengurusan dokumennya di kantor, hanya saja WNA tersebut belum mengantongi surat dari Kedubes, makanya kami juga belum bisa menerbitkan buku nikah," ujar dia,

Sumber: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim

1 dari 5 halaman

Sedih, Unjuk Rasa Bikin Resepsi Pernikahan di Makassar Sepi Tamu

Dream - Menikah menjadi salah satu momen sakral dalam kehidupan manusia. Umumnya, ketika suatu pasangan memutuskan menikah akan mengundang saudara, teman untuk hadir merayakan acara bahagia itu.

Peristiwa menyedihkan dialami pasangan pengantin di Makassar, Sulawesi Selatan. Pasalnya, acara resepsi pernikahan mereka dihadiri oleh sedikit tamu undangan.

Diduga, para tamu tak bisa masuk ke gedung resepsi karena terhalang unjung rasa mahasiswa menolak revisi Rancangan Undang-undang KPK dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) di depan Urip Sumoharjo, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar yang berjarak beberapa ratus meter dari gedung resepsi.

" Kurang tamunya datang gara demo depan Urip Sumoharjo depan UMI sampai Fly over," tulis akun Instagram @info_kejadian_makassar seperti diakses Dream, Minggu 29 September 2019.

 @info_kejadian_makassar

Akun tersebut turut mengunggah video suasana di dalam gedung resepsi, meski terlihat mewah namun sepi dari tamu undangan dan hanya ada beberapa orang saja.

Antrean untuk menyantap hidangan yang biasanya terjadi di acara resepsi pun tidak ada. Bahkan, ada seorang anak dengan leluasa berlarian dengan riang.

Di kursi pelaminan, hanya ada sepasangan pengantin yang tengah duduk menggunakan pakaian berwarna kuning. Di depannya, ada fotografer yang hanya terduduk menunggu tamu undangan untuk berfoto dengan sang pengantin. (mut)

2 dari 5 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Kurang tamunya datang gara demo depan Urip Sumoharjo depan UMI sampai Fly over. . #wedding #weddingbugismakassar

A post shared by Info Kejadian Makassar (@info_kejadian_makassar) on

3 dari 5 halaman

Heboh Nikah Sederhana, Mas Kawinnya Bikin Jiwa Misqueen Bergolak

Dream - Mahar atau mas kawin dalam sebuah prosesi pernikahan bukanlah perkara sepele. Apalagi mas kawin ini juga disebutkan saat prosesi ijab kabul.

Saking pentingnya, sepasang kekasih bisa menunda pernikahan, bahkan sampai batal karena besarnya mahar yang ditetapkan.

Yup, umumnya orang akan memilih mas kawin atau mahar yang sederhana saja untuk pernikahannya. Namun lain halnya dengan pria satu ini.

Sebuah video yang memperlihatkan prosesi ijab kabul beredar di media sosial Twitter. Sekilas video itu memang terlihat biasa saja seperti video ijab kabul pada umumnya.

Terlihat suasana saat ijab kabul dilakukan. Pada video itu pun terlihat pasangan pengantin yang telah bersanding di hadapan penghulu.

4 dari 5 halaman

Mas Kawin Bikin Heboh

Namun yang membuat para netizen heboh ialah mas kawin yang disebut oleh mempelai pria.

Melansir Liputan6.com, mas kawin yang disebut oleh mempelai pria tersebut membuat siapa pun yang mengetahui bakal terkejut.

Pasalnya pernikahan itu tak terlihat seperti pernikahan mewah bak anak sultan. Melainkan hanya prosesi pernikahan sederhana dengan beratapkan tenda.

Akan tetapi mas kawin yang disebutkan oleh mempelai pria disinyalir bisa membiayai bahkan pernikahan mewah sekalipun.

5 dari 5 halaman

Biaya Pernikahan Mewah pun Kalah

Tak tanggung-tanggung loh, ia menyebutkan mas kawin berupa emas setengah kilogram, rumah mewah tiga tingkat, sebuah mobil mewah, uang sebesar Rp 100 juta dan juga seperangkat alat sholat.

Video yang berdurasi 12 detik itu beredar di media sosial dan ramai oleh komentar netizen.

Reaksi netizen akibat menonton video prosesi ijab kabul tersebut bermacam-macam. Ada netizen yang juga menuliskan mas kawin apa saja yang diberikan oleh sang mempelai pria.

Pada akun @Irsya***  pun menuliskan dengan jelas apa saja yang menjadi mas kawin pada pernikahan tersebut.

"  Bahasa Indonesia:

-Emas 1/2KG (500Gram)

-Rumah mewah 3 tingkat

-Mobil Toyota Fortuner warna putih

-Uang Rp100 juta

-Alat sholat

Dibayar KONTAN"

Bahkan ada pula netizen yang menominalkan jumlah mas kawin dari mempelai pria tersebut. Akun @Sam*** pun menghitung biaya yang dikeluarkan oleh sang pria untuk mas kawin.

" Emas ½ kg = 332.000.000

Rumah 3 = 1.000.000.000

Fortuner = 500.000.000

Uang = 100.000.000

Alat sholat = 2.000.000

Sedih gua ngitung nya 😭😭😭"

Namun tak sedikit pula para netizen yang berkomentar jika jiwa misqueen mereka mulai berontak.

Ada pula netizen yang membuat guyonan jika menikah di KUA saja tak keberatan. Akan tetapi mas kawinnya sama seperti pria dalam video tersebut, hal ini ditulis oleh akun @norm***

" Nikah KUA doang mah gw ga papa, asal mas kawinnya kek gini🤣🤣"

tak perlu mewah, yg penting mas kawinnya jelaaaaasss 🤪 pic.twitter.com/hWfOvcayv7

— Wariman (@Wariman_) May 1, 2019

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone