Pemanjat Tiang Bendera Putus Sekolah Dapat Beasiswa Panglima TNI

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 23 Agustus 2018 20:01
Pemanjat Tiang Bendera Putus Sekolah Dapat Beasiswa Panglima TNI
Dia tak bernasib baik seperti Joni. Dia putus sekolah itu. Meski hanya menjadi penonton upacara bendera, Reza melakukan aksi panjat tiang bendera.

Dream - Saat Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73, masyarakat Indonesia dibuat kagum oleh bocah asal Nusa Tenggara Timur. Yohanes Ande Gala. Bocah 14 tahun itu dengan berani memanjat tiang untuk membetulkan tali penarik agar Bendera Merah Putih dapat dikibarkan.

Joni, sapaan akrab bocah itu, mendapat apresiasi mulai dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, sampai pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Dia juga mendapat banyak hadiah.

Di tengah hiruk pikuk pemberitaan Joni, ada satu nama yang terlupa. Dia juga pemanjat tiang bendera. Reza Mangar namanya.

Reza memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT Kabupaten Aru ke-14 di Lapangan Yos Sudarso, Kota Dobo, Kabupaten Aru, Maluku pada 18 Desember 2017. Reza tidak seberuntung Joni. Bocah ini bahkan sampai putus sekolah.

Tetapi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akhirnya memberikan perhatian pada Reza. Bocah itu mendapatkan tabungan beasiswa sebesar Rp1 juta tiap bulan untuk melanjutkan pendidikan hingga SMA.

 

1 dari 1 halaman

Tawarkan Masuk TNI

Beasiswa tersebut diserahkan Hadi kepada Reza di Subden Mabes TNI Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Hadi berpesan kepada Reza untuk terus bersemangat dalam mewujudkan cita-citanya.

"Kalau kesehatan bagus bisa masuk pilihan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara atau Akademi Kepolisian, menjadi Letnan Dua," ujar Hadi.

 

Panglima TNI Serahkan Bea Siswa Kepada Reza Mangar Pemanjat Tiang Bendera . @puspentni Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah dan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo menyerahkan bea siswa dalam bentuk tabungan 1 juta rupiah perbulan hingga lulus SMA kepada Reza Mangar pemanjat tiang bendera memperbaiki pengait tali yang terlepas sesaat sebelum upacara HUT ke-14 Kabupaten Kepulauan Aru pada tanggal 18 Desember 2017 di Lapangan Yos Sudarso, Kota  Dobo, Kabupaten Aru, Maluku. Penyerahan bea siswa dilaksanakan di ruang tamu Panglima TNI Subden Mabes TNI Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/8/2018). . Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI berpesan agar Reza dapat bersekolah lagi dan mempunyai semangat yang tinggi untuk mewujudkan cita-citanya menjadi tentara. “Kalau kesehatan bagus, jasmani bagus, akademik bagus dan psikologi bagus bisa masuk pilihan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara atau Akademi Kepolisian, menjadi Letnan Dua,” ungkapnya. . “Untuk itu, saya minta orang tua turut mengawasi, supaya Reza menjadi anak yang pintar agar bisa membangun wilayah tempat dia tinggal dan juga saya perintahkan kepada Danramil 1503-03/Dobo untuk memonitor, membimbing fisik dan kesehatan Reza agar cita-citanya terwujud,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

A post shared by Puspen TNI (@puspentni) on

Hadi juga meminta orangtua Reza selalu mengawasi proses pendidikan bocah itu. Hadi berharap Reza tumbuh menjadi anak yang bisa berbakti dan membangun wilayahnya.

"Juga saya perintahkan kepada Danramil 1503-03/Dobo untuk memonitor, membimbing fisik dan kesehatan Reza agar cita-citanya terwujud," kata Hadi

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie