Jajanan Kaki Lima Mau Diklaim Singapura, Netizen Malaysia `Ngambek`

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 23 Agustus 2018 10:00
Jajanan Kaki Lima Mau Diklaim Singapura, Netizen Malaysia `Ngambek`
Banyak yang menentang rencana Singapura untuk mendaftarkan kebiasaan jajanan kaki lima sebagai warisan tradisi mereka.

Dream - Sejumlah warga Malaysia membuat keriuhan di Facebook. Mereka memprotes rencana Singapura mendaftarkan jajajan kaki lima sebagai warisan budaya negara itu ke Unesco.

Pengguna Facebook, Chris Whata, tidak terima dengan rencana tersebut. Menurut dia, negara-negara kawasan Asia Tenggara terutama Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam memiliki tradisi jajanan kaki lima yang lebih otentik.

" Soal makanan kaki lima, saya pikir Thailand dan Indonesia jauh lebih kuat," kata Chris, dikutip dari Asia One.

Roy Yuen sepakat dengan pendapat itu. Tetapi, dia lebih merekomendasikan jajanan di daerah Penang sebagai lokasi terbaik.

Sementara Qui An menyatakan seharusnya orang Penang melobi negara mereka agar menjadikan daerahnya sebagai tujuan wisata kuliner terbaik di Asia serta situs peninggalan untuk kuliner otentik Asia.

 

1 dari 2 halaman

Desak Hentikan Klaim Kepemilikan Laksa

Sedangkan Sarimah Samad-Imran mendesak Singapura berhenti mengklaim nasi lemak dan kari laksa sebagai makanan mereka.

" Rupanya mereka terus mengklaim pedagang kaki lima sebagai budayanya juga? Saya kira sebentar lagi semuanya bakal jadi milik mereka," tulis Sarimah.

 Pusat Jajanan SingapuraPusat Jajanan Singapura © istimewa

Tidak berbeda dengan Hamzah Hashim. Pria ini mengeluhkan tidak adanya makanan tradisional ketika bazar Ramadan.

" Saya pergi ke bazar Ramadan di Singapura tahun lalu. Ini lelucon. Terlalu mahal dan sedikitnya makanan tradisional dibandingkan dengan makanan kekinian," tulis dia.

 

2 dari 2 halaman

Ini Pemicunya

Perdebatan ini dipicu pidato Perdana Menteri Lee Hsien Loong di peringatan Hari Nasional Singapura pada 19 Agustus 2018.

Dalam pidatonya, Lee menyatakan pemerintah tengah mengupayakan untuk mendaftarkan jajanan kaki lima sebagai peninggalan budaya Singapura ke Unesco.

Lee mengatakan pusat jajanan Singapura adalah rumah makan rakyat. Setiap titik di sana merupakan bagian unik dari warisan kebudayaan dan identitas Singapura.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup