Pemerintah Takkan Ambil Alih Penyelenggaraan Umroh

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 15 Desember 2015 15:45
Pemerintah Takkan Ambil Alih Penyelenggaraan Umroh
Pemerintah sedang melakukan perbaikan sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah umrah dan menutup celah biro perjalanan 'nakal' dapat beroperasi.

Dream - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan pemerintah tidak akan mengambil alih penyelenggaraan ibadah umroh yang selama ini dijalankan pihak swasta. Pemerintah saat ini justru sedang memperbaiki sistem dan manajemen penyelenggaraan haji kecil tersebut.

" Tidak benar berita yang mengatakan bahwa pemerintah akan mengambil alih penyelenggaraan ibadah umroh. Itu sama sekali tidak benar,” ujar Lukman di Jakarta, Selasa, 15 Desember 2015.

Lukman menjelaskan upaya perbaikan tersebut diantaranya dengan membuat regulasi dan penguatan sistem pengawasan agar penyelenggaraan umroh berjalan secara akuntabel dan transparan.

" Ujungnya, masyarakat tidak dirugikan dari penyelenggara umroh ini," tegas Lukman.

Lukman mengatakan penataan ulang sistem ini akan menguntungkan masyarakat. Dengan sistem baru, diharapkan dapat menutup celah bagi sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah umroh (PPIU) nakal yang masih beroperasi dan menipu para calon jemaah.

" Jadi, sekali lagi pemerintah tidak sedang ingin mengambil alih, tapi yang sedang dilakukan adalah membangun sistem penyelenggara ibadah umroh,” kata dia.

Beri Komentar