Jozeph Paul Zhang, Pria Mengaku Nabi ke-26 Masih Berkewarganegaraan WNI

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 21 April 2021 07:01
Jozeph Paul Zhang, Pria Mengaku Nabi ke-26 Masih Berkewarganegaraan WNI
Polri memastikan pria yang mengaku sebagai nabi ke-26 itu masih berstatus WNI.

Dream - Polri telah melakukan penelusuran terkait status kewarganegaraan Shindy Paul Soerjomoelyono atau Jozeph Paul Zhang. Dari hasil penelusuran didapat Jozeph masih berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

" Hasil koordinasi penyidik dengan Atase Polri pada KBRI Berlin di Jerman, dan didapatkan data imigrasi serta informasi sejak tahun 2017 hingga bulan April 2021 tidak terdapat nama JPZ dalam data WNI yang akan mengganti kewarganegaraan," ujar Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, dikutip dari Merdeka.com.

Ramadhan menjelaskan tidak ada nama yang bersangkutan terdaftar mencabut kewarganegaraan sejak 2018 hingga 2021. Sehingga, dia memastikan Paul Zhang masih berstatus WNI.

" Detilnya sebagai berikut, di tahun 2018 ada 65 orang, tahun 2019, 50 orang, tahun 2020, 61 orang dan sampai bulan April 2021 ada 4 orang. Sekali lagi data tersebut tidak ada nama JPZ. Artinya apa, melihat data tersebut JPZ masih berstatus WNI dan memiliki hak dan kewajiban untuk mengikuti aturan hukum yang berlaku di Indonesia," kata Ramadhan.

 

1 dari 2 halaman

Tak Ada Permohonan

Pelacakan status kewarganegaraan Paul Zhang dilakukan Polri lantaran yang bersangkutan mengklaim sudah melepas kewarganegaraannya. Ramadhan menyatakan Polri pun berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk memastikan klaim tersebut.

" Hasil koordinasi Atase Kepolisian yang ada di KBRI, data yang ada termasuk di Interpol, data Warga Negara Indonesia yang melepas kewarganegaraannya yang bersangkutan SPS alias JPZ enggak ada," ucap dia.

Karena tidak ada data pencabutan kewarganegaraan atas nama Paul Zhang, maka hak dan kewajiban sebagai WNI masih berlaku. Sehingga Paul Zhang harus patuh pada aturan hukum Indonesia.

Hal senada juga diungkap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Hingga saat ini, Kemenkum HAM belum menerima permohonan pelepasan status WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoelyono alias Jozeph Paul Zhang.

" Kalau dari data belum ada," kata Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum dan Umum Kemenkum HAM, Baroto.

Merujuk data Ditjen AHU, Baroto memastikan tidak ada permohonan kehilangan status WNI dari yang bersangkutan. " Kehilangan kan basisnya permohonan, nah ini permohonan tidak pernah ada," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Klaim Paul Zhang

Dalam salah satu video pada kanal YouTube Iniyona, Paul Zhang mengklaim sudah melepas status WNI. Sehingga dia tidak bisa diproses dengan hukum Indonesia.

" Saudara, saya ini sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia ya. Jadi, saya ini ditentukan oleh hukum Eropa. Jadi temen-temen jangan membahas lagi mengenai masalah itu," kata Paul Zhang.

Paul Zhang juga menganggap penindakan yang dijalankan aparat hukum Indonesia tidak membuat dia kerepotan. Tetapi, dia mengaku mendapat tekanan dari banyak gereja.

" Justru yang membuat saya repot sekarang adalah gereja-gereja yang menekan saya, mereka tahu cara menekan. Tapi kan saya tidak hidup dari perpuluhan gereja-gereja ini atau persembahan," kata dia.

Beri Komentar