Prostitusi Berkedok Nikah Siri di Puncak Bogor (I)

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 26 September 2017 13:00
Prostitusi Berkedok Nikah Siri di Puncak Bogor (I)
Ini seperti memilih pisang.

Dream - Peluncuran laman nikahsirri.com membuat geger masyarakat. Tak hanya menawarkan jasa nikah siri, pengelola laman ini juga melelang keperawanan. pemerintah telah menutup laman itu karena dinilai meresahkan.

Data penyidikan polisi menyebut ada 2700 klien yang sudah membayar Rp100 ribu untuk mengakses laman ini. Selain itu, sudah ada pula 300 mitra yang siap menikah dengan para klien situs yang dibuat oleh Aris Wahyudi ini.

Kasus ini mengingatkan fenomena kawin kontrak di kawasan wisata Cirasua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Tak hanya berita belaka, telah ada pernelitian tentang fenomena ini.

Peneliti Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama, Abdul Jamil Wahab, mengatakan, fenomena kawin kontrak sebetulnya tidak terjadi di Cisarua. Prosesi kawin kontrak biasanya terjadi di sekitar Cianjur, Sukabumi, Subang, Bandung, dan Jakarta.

" Kawasan Puncak hanya dijadikan 'bulan madu' pasangan kawin kontrak ini," kata Jamil saat dihubungi Dream melalui telepon, Selasa 26 September 2017. Para pelaku kawin kontrak, kata Jamil, umumnya pria Timur Tengah.

Penelitian berjudul 'Fenomena Kawin Kontrak dan Prostitusi 'Dawar' di Kawasan Puncak Bogor', mengungkap asal-usul praktik ini. Mengutip buku 'Seks dan Hijab' karya jurnalis El-Feki, kegiatan kawin kontrak muncul saat para pria Timur Tengah berlibur.

" Bagi orang Timur Tengah ketika musim panas, mereka lebih suka melewatinya dengan meninggalkan negaranya kemudian berlibur ke negara lain... melakukan kawin kontrak dengan perempuan lokal Mesir, misalnya," tulis Jamil.

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
10 Film Terlaris Indonesia Tahun 2018