Mau Aqiqah untuk Kelahiran Anak, Hapalkan Dulu Doa Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 25 April 2016 14:16
Mau Aqiqah untuk Kelahiran Anak, Hapalkan Dulu Doa Ini
Rasul mewajibkan orangtua menyembelih kambing apabila memiliki anak yang baru lahir. Doa ini dilantunkan saat kan menyembelih hewan

Dream - Aqiqah merupakan salah satu ajaran yang wajib dijalankan setiap muslim ketika memiliki anak. Anjuran ini sesuai perintah yang pernah disabdakan Rasulullah, Muhammad SAW.

Rasul mewajibkan orangtua menyembelih kambing apabila memiliki anak yang baru lahir. Jumlahnya menyesuaikan jenis kelamin anak. Dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan.

Kambing tersebut kemudian dibagikan kepada muslim yang lain sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran buah hati. Saat menyembelih dianjurkan meniatkan hewan tersebut untuk memenuhi hajat berupa aqiqah.

Berikut doa yang dianjurkan dibaca ketika menyembelih hewan untuk aqiqah.

" Bismillahi wa billahi, Allahumma 'aqiqatun 'an fulan bin fulan, lahmuha bilahmihi si azhmihi, Allahummaj'alha wiqaan liali Muhammadin 'alaihi wa alihis salam."

Artinya:

" Dengan nama Allah serta dengan Allah, Aqiqah ini dari fulan bin fulan, dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, jadikan aqiqah ini sebagai tanda kesetiaan kepada keluarga Muhammad SAW."

Beri Komentar