`Simsalabim` Seleksi Kakanwil Kemenag Jatim

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 19 Maret 2019 17:02
`Simsalabim` Seleksi Kakanwil Kemenag Jatim
Tak lolos administrasi, mendadak muncul sebagai kepala.

Dream - Nama Haris Hasanuddin, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur mencuat usai ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia diduga terlibat kasus suap pengisian jabatan di Kemenag bersama mantan Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy dan Kakanwil Kemenag Kabupaten Gresik.

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif mengatakan, Haris sebenarnya tidak dinyatakan lulus dalam administrasi pada saat proses seleksi jabatan.

" Sebenarnya sudah online sistemnya dan menurut infrastruktur dalam sistem penerimaan itu pun sebenarnya (Haris) sudah dinyatakan tidak lulus," ujar Laode.

Gagalnya Haris dalam proses seleksi karena riwayatnya pernah ada masalah hukuman disiplin yang dijatuhkan. Meski awalnya sistem menyatakan tidak lolos, tiba-tiba Haris dinyatakan lolos dan layak untuk menjabat Kakanwil Jawa Timur.

" Tapi somehow bisa berubah menjadi dia bisa menang. Itu yang lagi ditelusuri penyelidik dan penyidik KPK," ucap dia.

Sekjen Kemenag sekaligus Panitia Seleksi (Pansel) kepegawaian, M Nur Kholis mengatakan, semua seleksi yang ada di lingkungan Kemenag ada standar operasional prosedurnya (SOP).

" Ranah kami di pansel bekerja sesuai dengan SOP PP 11 Tahun 2017 tadi. Jadi kita buka pengumuman kemudian ada yang mendaftar, lalu diseleksi administrasi, kemudian ada seleksi psikotes, penulisan makalah dan wawancara," kata Nur Kholis.

Terkait dengan tiba-tiba Haris menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Jatim padahal pernah dinyatakan tidak lolos, Nur Kholis enggan menanggapinya. Dia meminta publik menunggu hasil dari bukti yang dikumpulkan KPK.

" Nanti biar kemudian jadi ranah KPK, kami hanya menyampaikan informasi secara global terkait dengan proses dr perjalanan jabatan di Kemenag. Saya sebagai ketua panitia tentu tau bagaimana mekanisme itu berjalan," ujar dia. (ism)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo