Siswa SMK Bikin Ambulans Bertenaga Surya

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 6 November 2017 06:01
Siswa SMK Bikin Ambulans Bertenaga Surya
Mobil ini kolaborasi guru dan siswa.

Dream - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kembali membuat inovasi yang membuat bangga. Baru-baru ini pelajar di SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung, unjuk gigi dengan karya mobil ambulans bertenaga surya.

Untuk mewujudkan karya tersebut, ke-13 orang siswa dan empat orang guru pendamping merakit ambulans bertenaga surya itu. Hanya dibutuhkan waktu enam bulan oleh tim ini untuk mewujudkan karyanya.

Mobil yang dirancang untuk ambulan sekolah itu dipamerkan pertama kali saat perhelatan akbar Olimpiade Ahmad Dahlan ke-5 di Bandar Lampung, 26 hingga 29 Oktober 2017. Mobil ambulans bernama Surya Baswara ini diresmikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

 Mendikbud Muhajir Effendi© Facebook

Dalam pengetesan pertamanya, ambulans itu dijajal menempuh rute Kota Metro menuju Kota Bandar Lampung. Dia mampu menembus kecepatan 60 kilometer per jam dan menempuh jarak 50 kilometer.

Selain kemampuan mobil, fasilitas pendukung dalam ambulans tersebut terbilang prima. Alat kesehatan yang terpasang siap digunakan untuk keadaan darurat.

Mobil ambulans ini memiliki empat buah sel tenaga surya yang terpasang di bagian atap.

(Sah)

Beri Komentar