Tragedi Rohingya, Daqu Kirim Tim Relawan Kemanusiaan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 7 September 2017 18:02
Tragedi Rohingya, Daqu Kirim Tim Relawan Kemanusiaan
Tim ini membawa amanah bantuan sosial baik makanan dan obat-obatan.

Dream - Tragedi yang dialami etnis Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, mengiris hati masyarakat dunia. Kekerasan melampaui batas kemanusiaan dialami etnis tersebut, bahkan mereka sampai terusir dari kampung halamannya sendiri.

Tak ingin berpangku tangan melihat kesengsaraan etnis Rohingya, PPPA Daarul Quran mengutus tim relawan kemanusiaan. Tim yang terdiri dari formasi relawan siaga dan medis yang akan bekerja sama dengan jaringan masyarakat lokal di Bangladesh.

Tim ini membawa amanah bantuan sosial baik makanan dan obat-obatan. Bantuan disalurkan dengan target warga Rohingya di sejumlah titik pengungsian.

Direktur Eksekutif Daqu, Tarmizi As Shidiq, menyatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan perizinan demi bisa masuk ke kantong-kantong pengungsi. Tim akan berangkat pekan ketiga bulan September dan menggandeng sejumlah organisasi nonpemerintah (Non Goverment Organisation/NGO).

" Kerja sama dan persatuan ini sangat penting untuk membantu Rohingya. Semoga dalam waktu cepat PPPA bisa memberangkatkan tim ke sana," ujar Tarmizi melalui keterangan tertulis diterima Dream, Kamis, 7 September 2017.

Tarmizi mengatakan pemberangkatan tim relawan yang akan memberikan bantuan logistik, medis, dan trauma healing merupakan langkah awal. Selanjutnya, Daqu menggelar program jangka panjang seperti pendampingan melalui dakwah Alquran.

" Karena memang itu ciri khasnya PPPA, menyelipkan nilai-nilai tahfizul Quran di setiap gerakan dakwahnya," ucap dia.

Selain itu, Daqu juga menggelar doa bersama untuk Rohingya pada Jumat, 8 September 2017. Doa bersama ini digelar serentak di pesantren dan rumah tahfiz Daqu di seluruh Indonesia setelah Ashar.

" Doa bersama juga akan dilaksanakan di kantor pusat PPPA Daarul Quran yang berlokasi di Ciledug, Tangerang. Mudah-mudahan ikhtiar dan kepedulian kita semua untuk membantu saudara-saudara Muslim Rohingya, kita sama-sama mengetuk pintu langit agar tragedi kemanusiaan ini segera berakhir," kata Tarmizi.(Sah)

Beri Komentar