Demi Memo, Keluarga SBY Berusaha Tersenyum di Foto Lebaran Keluarga

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 8 Juni 2019 10:15
Demi Memo, Keluarga SBY Berusaha Tersenyum di Foto Lebaran Keluarga
Lebaran kali terasa berbeda oleh keluarga SBY.

Dream – Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seperti tahun-tahun sebelumnya mengabadikan momen Lebaran dengan membuat foto keluarga. Namun kali ini tradsi keluarga itu berlangsung dengan penuh keharuan. 

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Keluarga SBY tahun ini melakukan sesi foto keluarga tanpa kehadiran istri dan ibunda tercinta, Kristiani Herawati Yudhoyono atau Ani Yudhoyono. Lima hari sebelumnya Lebaran, Ani Yudhoyono menghadap Sang Pencipta.

Foto keluarga SBY itu diketahui dari unggahan istri Agus Harimutri Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan Yudhoyono di akun Instagramnya, @annisayudhoyoono. 

Menurut Annisa dalam keterangan foto unggahannya, kesan berbeda begitu terasa dalam foto keluarga di momen Lebaran tahun ini. 

“Foto Lebaran tahun ini (foto 1) sangat berbeda tanpa adanya Memo seperti tahun lalu (foto 2). Tapi kami berusaha tersenyum di foto ini demi Memo tersayang,” tulis Annisa di akun Instagramnya, @annisayudhoyono, Sabtu 8 Juni 2019.

Annisa juga meminta doa dari warganet untuk SBY. Dia berharap agar mertuanya bisa kuat dan tabah ditinggalkan oleh almarhumah.

“Mohon doanya agar kami sekeluarga khususnya Pepo diberikan kekuatan dan ketabahan menjalankan hari-hari ke depannya tanpa Memo. #SelamatJalanIbuAni,” tulis ibu beranak satu ini.

 

1 dari 6 halaman

Warganet Doakan SBY

Warganet ramai-ramai mendoakan SBY agar ikhlas ditinggalkan oleh Ani. Mereka mendoakan agar SBY semakin kuat dan tabah dalam menjalani hari-harinya.

“ Pak SBY semoga semakin ikhlas. Selalu sehat meski Ibu Ani telah wafat. Semoga Bapak SBY semakin kuat. I love you Bapak SBY,” tulis @mamaslimin.

“ Amin. Semoga diberi ketabahan dan penghiburan untuk keluarga, khususnya pepo,” tulis @pitax_margaretha.

“ Pak SBY semoga selalu diberikan ketabahan dan juga kesehatan,” tulis @hutamirachma.

“ Aamiin... Semoga Pak SBY diberi kekuatan serta ketabahan,” tulis @bryantira_as.

2 dari 6 halaman

Wajah SBY `Nggak Bisa Bohong`

Semua anggota keluarga SBY tersenyum, tak terkecuali dirinya. Namun, raut wajah SBY menarik perhatian warganet.

Warganet menyebut presiden ke-6 Indonesia ini tak bisa menyembunyikan kesedihannya di balik senyumnya.

“ Pepo mukanya nggak bisa diumpetin dari kesedihannya. Pepo tetap semangat yach... Pep pasti kuat.. Sehat-sehat, ya, Pak SBY. Semangat terus buat keluarga,” tulis @nurmadama_.

“ Bapak SBY terlihat begitu sedih... Semoga Bapak sekeluarga bisa melalui ini semua, Pak,” tulis @dhilanorha.

“ Amin... Sehat-sehat, ya, Pepo. Lihat matanya Pepo sembab banget karena masih merasa kehilangan. Semangat Pak SBY,” tulis @fransisca.sinaga23. 

3 dari 6 halaman

SBY Bisikkan Kata-kata Ini, Ibu Ani Merespon dengan Air Mata

Dream - Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menceritakan saat-saat terakhir mendampingi Ani Yudhoyono, istrinya, saat dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura.

SBY mengatakan, jelang kepergiaannya, Ani berada dalam kondisi tak sadarkan diri. Kondisi ini, kata SBY, karena Ani Yudhoyono dalam pengaruh obat bius.

" Dokter mengatakan itu sengaja ditidurkan dengan obat bius, sehingga secara logika tidak bisa mendengar lagi," kata SBY, di rumah duka, Minggu, 02 Juni 2019.

Meski demikian, SBY dan keluarga tetap membisikkan kata-kata testimoni, doa, dan harapan bagi Ani. Sebab, keluarga tahu, Ani sedang berjuang keras melawan kanker darah.

" Semua yang kami sampaikan, termasuk yang saya sampaikan, Ibu Ani membalasnya dengan air mata di sudut-sudut matanya," kata dia.

 

4 dari 6 halaman

Bersatunya Air Mata Kami

SBY mengatakan, menangis saat mengelap air mata Ani. Di saat itulah, dia berdoa.

" Saya ambil kertas tisu saya bersihkan saya lap titik-titik air matanya yang menggenang. Tetapi air mata saya menetes di keningnya," ujar dia.

SBY mengatakan, sempat berdoa kepada Allah.

" Ya Tuhan inilah bersatunya air mata kami, air mata cinta, air mata kasih, air mata sayang," ucap dia.

5 dari 6 halaman

Unggahan Annisa Pohan Sebelum Bu Ani Wafat Jadi Sorotan

Dream - Annisa Pohan mengunggah aktivitas Ani Yudhoyono saat menjalani perawatan di National University Hospital (NUH) Singapura. Dalam video tersebut, Ani sedang duduk dan menggerakkan kakinya di pedal.

"15 Mei 2019. Di sini Memo dalam kondisi yang paling baik dari 4 bulan di rumah sakit, karena hasil darahnya cukup bagus untuk keesokan harinya diperbolehkan keluar kamar sebentar untuk menghirup udara segar," kata Annisa, Sabtu, 2 Juni 2019.

Annisa mengatakan, kegiatan berolahraga ringan itu dilakukan di malam hari. Ani, kata Annisa, sangat semangat untuk dapat kembali berjalan.

"Terlihat mukanya sangat bahagia karena tidak sabar menyambut besok," ujar dia.

 

6 dari 6 halaman

Maafkan Annisa...

Ani dalam video itu, tampak mengatakan gerakan memainkan pedal itu untuk melancarkan aliran darah. Sebab, selama menjalani perawatan kaki Ani tampak bengkak.

Ani menjalani aktivitas itu dengan penuh semangat.

Tapi, Annisa tidak menyangka tidak lama setelah itu kondisi Ani kembali turun.

" Ya Allah maafkan hamba kalau selama menjadi menantu Memo perilaku dan perkataan saya menyakiti hati Memo," ucap dia.

" Memo maafkan Annisa, Annisa merasa belum maksimal dalam merawat Memo, seharusnya Annisa bisa lebih baik lagi," kata dia.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone