Vaksin Corona Dipastikan Aman, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tidak Khawatir

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 6 November 2020 15:01
Vaksin Corona Dipastikan Aman, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tidak Khawatir
Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir karena vaksin akan dipastikan aman dan lolos uji klinis.

Dream – Vaksin corona saat ini sedang dipersiapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Begitu pula dengan peta jalan atau roadmap vaksinasi Covid-19 yang sedang memasuki tahap finalisasi.

Dengan roadmap yang disusun tersebut, nantinya akan menjadi panduan dalam tahapan vaksinasi termasuk panduan yang mengatur tentang penerima vaksin, jadwal vaksin dan alur distribusi vaksin.

Namun saat ini beredar informasi simpang siur yang mempertanyakan kemanan vaksin corona yang akan dibagikan ke masyarakat Indonesia. Lantas bagaimana tanggapan Satgas Penanganan Covid-19 mengenai informasi tersebut?

1 dari 2 halaman

Vaksin Dipastikan Lolos Uji Klinis

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito mengakui mendengar berita simpang siur mengenai keamanan vaksin corona. Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir karena vaksin yang nantinya dipergunakan akan dipastikan aman dan lolos uji klinis.

“ Saya ingin mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO,” jelas Wiku dalam keterangan pers virtual pada Kamis 5 November 2020 kemarin.

Hingga saat ini pihaknya optimis para peneliti mampu mengembangkan vaksin Covid-19 yang aman untuk digunakan.

2 dari 2 halaman

Distribusi Vaksin Sesuai Urutan Prioritas

Terdapat macam-macam jenis vaksin potensial yang dikembangkan di berbagai belahan dunia. Bahkan beberapa di antaranya sudah masuk uji klinis fase ketiga. Tentu saja masyarakat dunia menaruh harapan besar terhadap ketersediaan vaksin itu.

Disamping itu, pemerintah Indonesia saat ini juga sedang mengakselerasi persiapan logistik dan SDM untuk persiapan vaksin Covid-19.

Distribusi vaksin corona nantinya akan disesuaikan dengan urutan prioritas seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya.

“ Kami berharap tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari Covid-19,” pungkas Wiku dalam pers rilis tersebut.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar