Kalahkah Mahasiswa, 2 Siswa Madrasah Juara Kontes Robot Asia

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 26 Juli 2016 20:07
Kalahkah Mahasiswa, 2 Siswa Madrasah Juara Kontes Robot Asia
Mereka berusia di bawah 10 tahun dan menyabet penghargaan lain sebagai peserta favorit.

Dream - Dua siswa madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah baru-baru ini menorehkan prestasi bagi Indonesia. Kakak beradik Syahrozad Zalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik berhasil meraih Gold Prize pada kategori Super Maze Solving pada kejuaraan Asian Robotic Championship yang diselenggarakan di Komplek Pusat Pendidikan Al-Amin Kuala Lumpur, Malaysia pada 23-24 Juli 2016.

Menurut, ibunda kedua siswa ini, Himatul Laily Waisnain, selain meraih Gold Prize, Zalfa dan Roghid juga mendapat Special Award. Penghargaan itu didapat saat mereka mengikuti kategori Brick Speed dan Robot Nero.

" Jadi mereka berdua mendapat juara umum kedua dalam ajang itu. Alhamdulillah, usaha kami dari Jakarta terbayar," kata Laily, dilansir Dream dari laman kemenag.go.id, Selasa, 26 Juli 2016.

Penghargaan bagi Zalfa dan Roghid tak berhenti disitu saja. Menurut Laily, mereka mendapat penghargaan peserta favorit karena usianya yang terbilang masih muda.

" Mereka ini muda sekali karena usia masih di bawah 10 tahun. Peserta lainnya ada dari mahasiswa," ucap dia.

Kedua bocah itu, selain memenangi perlombaan robotik juga membuat proyek spesial. Laily mengatakan, kedua putranya membuat proyek bernama " crane otomatis control remote" .

Robot jenis ini, kata Laily, membantu proses memindahkan barang atau benda besar yang tidak bisa diangkat manusia. Selain itu, robot ini juga dapat mempercepat pekerjaan dalam memindahkan barang sehingga dapat mengurangi kecelakaan kerja.

" Semua terkontrol dengan remot jarak jauh," ujar dia.

Gaung prestasi kakak beradik itu sebelumnya pernah mengudara. Dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang diselenggarakan awal tahun ini di Singapura, mereka meraih Gold Prize Medal untuk Brick Speed, Silver Prize Medal untuk Maze Solving Junior, dan Bronze Medal untuk Aerial Robotic Junior.

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah