Bolehkah Menghias Ruangan dengan Boneka?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 27 Desember 2017 12:00
Bolehkah Menghias Ruangan dengan Boneka?
Dalam Islam, tidak diperbolehkan menjadikan patung manusia maupun hewan sebagai hiasan.

Dream - Menghias ruangan sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Tujuannya agar ruangan tidak membosankan.

Dalam Islam, menghias rumah merupakan aktivitas yang dibolehkan. Asalkan tidak menggunakan hiasan yang menyerupai makhluk bernyawa, seperti patung, lukisan dan gambar manusia atau hewan.

Bagaimana dengan boneka?

Boneka merupakan mainan yang kerap disukai anak-anak, terutama perempuan. Bahkan meski sudah dewasa, perempuan kerap menyukai boneka.

Terkait penggunaan boneka sebagai hiasan ruangan, ulama dari mazhab Maliki, Syafi'i, dan Hambali, melarang membuat patung atau gambar manusia dan hewan, kecuali jika dimaksudkan untuk boneka atau mainan anak-anak.

Imam An Nawawi dalam kitab Syarh Muslim berpendapat, merupakan sebuah pengecualian membuat patung jika dimaksudkan untuk boneka anak-anak. Ini karena ada dalil yang menunjukkan keringanan ini.

Salah satunya adalah hadis Bukhari, dari 'Aisyah RA

" Aku dahulu pernah bermain boneka di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wa salam. Aku memiliki beberapa sahabat yang biasa bermain bersamaku. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam masuk dalam rumah, mereka pun bersembunyi dari beliau. Lalu beliau menyerahkan mainan padaku satu demi satu lantas mereka pun bermain bersamaku."

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar