Cegah Penularan HIV dari Ibu ke Bayi dengan VCT

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 22 Oktober 2015 14:43
Cegah Penularan HIV dari Ibu ke Bayi dengan VCT
Semakin cepat terdiagnosis maka diharapkan kalian akan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang diberikan secara tepat dan cepat.

Dream – Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang mengalami perkembangan epidemi HIV yang cepat.

Bahkan sejak pertama kali HIV/AIDS ditemukan pada 1987 silam, dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, pada September 2014 telah memakan 150.296 sedangkan total kumulatif kasus HIV/AIDS sebanyak 55.799 orang.

Ragam cara dilakukan untuk mengantisipasi datangnya penyakit tersebut. Salah satunya adalah Voluntary Counseling and Testing (VCT).

VCT adalah konseling dan tes HIV sebagai upaya untuk memberikan dukungan secara psikologis dan emosional yang dapat dilakukan melalui dialog personal antara seorang “ konselor” dan seorang “ Klien” atau antara seorang konselor dan pasangan (Couple counceling).

Saat ini masih sedikit orang yang mengerti tentang apa itu Tes VCT ini, padahal tes VCT sangat penting untuk membantu menurunkan prevalensi penularan HIV khususnya terhadap anak yang ditutunkan melalui ibu.

Saat ini sudah mulai banyak pelayanan kesehatan yang menyediakan Tes VCT ini, seperti praktek dokter swasta, rumah sakit, keluarga berencana, dan tempat-tempat yang secara khusus menyediakan fasilitas pengetesan HIV. untuk masalah biaya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Tes ini sagat dianjurkan kepada setiap pasangan, baik yg sudah menikah atau akan menikah. Klien tidak perlu khawatir sebelum melakukan tes VCT ini, karena kerahasiaan mutlak untuk dijaga, dalam artian kerahasiaan tersebut juga dipegang oleh orang lain yang mungkin meliputi anggota keluarga, orang yang dicintai, para pengasuh dan teman-teman yang layak dipercaya.

Tes HIV ini dapat dilakukan kapan saja secara suka rela, terutama kepada orang-orang dengan resiko tinggi sangat dianjurkan.

Semakin cepat terdiagnosis maka diharapkan klien akan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang diberikan secara tepat dan cepat, dan hal itu akan membantu meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang usia harapan hidup anda.

Ke dua, dengan diketahuinya status HIV secara dini, maka kamu dpat mengambil langkah-langkah bijak untuk meningkatkan kewaspadaan yang dianggap perlu untuk mencegah penularan HIV ke orang lain.

- Ada beberapa prinsip yang yang harus dipegang dalam VCT diantaranya yaitu, persetujuan, yang artinya VCT hanya dilakukan atas dasar sukarela, bersifat pribadi dan tanpa paksaan atau tekanan dari siapapun.

- Selanjutnya yaitu Kerahasiaan hasil testing HIV diberikan melalui tatap muka saat konseling pasca testing dan dijamin kerahasiaanya.

- Tidak diskriminasi, kita tidak akan mendapatkan perlakukan yang diskriminatif dalam pelayanan karena dilakukan dalam suasana bersahabat.

- Mutu terjamin, mutu pelayanan tak perlu diragukan, karena dilakukan dengan metode yang tepat dan akurat.

Sedangkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tes ini di antara:

- Mengetahui lebih dini adanya infeksi HIV dari ibu ke bayi

- Perencanaan perubahan perilaku

- Perencanaan dan perawatan untuk masa depan

- Memfasilitasi akses pelayanan medis/sosial

Sekian sedikit ilmu dari saya untuk para Sahabat Dream, semoga bermanfaat ya.. Yuk kita jaga kesehatan kita dengan melakukan upaya-upaya preventif sejak dini..

Oleh: Terta Mayasari, Dream Girls 2015.

(Ism) 

Beri Komentar