Laznas BMH Tunjuk 6 Tokoh Inspirator Perubahan

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 21 Desember 2016 21:26
Laznas BMH Tunjuk 6 Tokoh Inspirator Perubahan
Mereka adalah inspirator yang membawa perubahan berharga bagi masyarakat.

Dream - Lembaga amil zakat nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) memberikan penghargaan Change Maker Award kepad 6 sosok yang dianggap menjadi inspirator perubahan dalam masyarakat. Penghargaan diberikan disela Rakernas BMH di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Rabu, 21 Desember 2016.

Menurut Direktur Marketing dan Komunikasi BMH Rama Wijaya, penunjukkan enam tokoh inspirasi perubahan itu untuk mendukung berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dibantu langsung oleh BMH.

" Kami memunculkan tokoh-tokoh yang programnya telah kami dukung program. Kami melihat manfaat yang diberikan (program dan tokoh tersebut) untuk masyarakat luas," ucap Rama kepada Dream.

Menurut Rama, enam tokoh yang mendapatkan penghargaan tersebut datang dari berbagai sektor. Misalnya, sektor peternakan, sektor pemberdayaan ekonomi mikro, pemberdayaan komunitas hingga sektor dakwah.

" Penilaian berdasarkan manfaat yang sudah diberikan dan dirasakan oleh masyarakat," ucap dia.

Selain tokoh yang terlibat dalam program yang didukung BMH, panitia juga memilih individu dari masyarakat umum yang dinilai mampu memberikan perubahan bermakna bagi masyarakat.

Berikut daftar peraih Change Maker Award yang digelar BMH,

1 dari 2 halaman

Peraih Change Maker Award

1. dr. Gamal, dokter penggagas klinik asuransi sampah yang didedikasikan untuk pemulung dan kalangan menengah ke bawah. Dia merupakan salah satu dari tujuh dokter fenomenal di dunia dan peraih 45 penghargaan dari dalam serta luar negeri.

2. Muzammil Hasballah, sarjana arsitek yang hafal Alquran. Bacaan Alqurannya membuat kagum imam masjid di Arab Saudi. Dia berdakwah dengan lantunan bacaan Alqurannya melalui media sosial.

3. Masjoko Silama, dai tangguh yang berprofesi sebagai kepala desa pedalaman. Dia berhasil menyejahterakan warganya yang miskin menjadi kelompok masyarakat dengan ekonomi berkecukupan, berpenghasilan dan bermartabat. Dia memperdayakan warga dengan pendekatan klaster. Mulai dari klaster bapak, ibu, lansia, dan anak muda.

 

2 dari 2 halaman

Peraih Change Maker Award

4. Ustaz Uzroni Al Fatih. Ustaz dari Cirebon, Jawa Barat yang berhasil membina 84 peternak di daerahnya dan membangun sektor kemandirian masyarakat.

5. Ustaz Erick Yusuf. Dai yang memberikan alternatif model dakwah kreatif dengan terobosan digital media, t-shirt dan musik.

6. Syaiful Anwar. Santri yang terjun ke dunia pembiayaan ekonomi mikro dengan menggagas Baitul Maal wal Tamwil. Dia berkontribusi melawan rentenir. Dari modal Rp5 juta kini beromzet Rp5 milyar dan mampu membantu ribuan pedagang kecil

Beri Komentar