Saat Perjuangkan Merah Putih Berkibar di Perbatasan

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 21 April 2015 09:33
Saat Perjuangkan Merah Putih Berkibar di Perbatasan
Briptu Victor Merani harus menempuh perjalanan empat jam melewati medan gunung dan sungai yang tertutup untuk memastikan kabar berkibarnya Bendera Papua Nugini.

Dream - Keterbatasan fasilitas tidak menjadi masalah bagi polisi yang berdinas di Pospol Distrik Oksamol, Kabupaten Pegunugan Bintang, Papua, Briptu Victor Merani. Ia tetap menjalankan tugas mempertahankan Bendera Merah Putih tetap berkibar di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Dikutip dari akun resmi facebook Divisi Humas Mabes Polri, Senin, 20 April 2015, Victor mendapat kabar dari masyarakat tentang berkibarnya Bendera Papua Nugini di Kampung Tomka dan Kampung Autpahik. Victor kemudian berkoordinasi dengan aparat pemerintah serta adat setempat untuk mengklarifikasi kabar tersebut.

Koordinasi itu memutuskan harus ada peninjauan ke lokasi untuk mendapat kepastian benar tidaknya kabar yang beredar. Akhirnya, Victor bersama beberapa tokoh masyarakat mendatangi kedua kampung tersebut.

Lantaran kondisi medan yang sulit, mereka harus berjalan kaki. Dibutuhkan waktu setidaknya empat jam untuk bisa sampai lokasi, mengarungi gunung-gunung dan sungai yang tertutup salju.

Mereka sempat berhenti di puncak Gunung Taehikin yang merupakan kawasan perbatasan dua negara. Di puncak gunung itu, Victor mengibarkan Bendera Merah Putih, pertanda puncak gunung adalah milik Indonesia.

Sesampai di lokasi, rombongan tersebut benar melihat Bendera Papua Nugini berkibar di Tomka dan Autpahik. Mereka kemudian mencoba menjalin komunikasi dengan penduduk.

Tetapi, rombongan ternyata tidak mendapat sambutan hangat. Mereka justru mendapat ancaman perang suku.

Menghadapi ancaman tersebut, Victor berusaha meredam dengan pendekatan persuasif. Ia memberikan penjelasan kepada penduduk bahwa kampung mereka adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Masyarakat pun dapat menerima penjelasan tersebut. Mereka kemudian menurunkan Bendera Papua Nugini dan menggantinya dengan Bendera Merah Putih. (Ism) 

Beri Komentar