Istri Kim Jong-Un Muncul ke Publik

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 15 April 2015 17:32
Istri Kim Jong-Un Muncul ke Publik
Digandeng suaminya, Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un, Ri tampak tersenyum kepada hadirin yang memperhatikannya.

Dream - Ibu Negara Korea Utara Ri Sol-Ju, seperti halnya negaranya, cenderung tertutup dan hampir tidak pernah tampil di muka umum. Setelah sekian lama menjadi first lady, baru tahun ini dia kembali tampil di hadapan publik.

Dikutip Dream dari laman Al Arabiya, Rabu 15 April 2015, Ri tampil di muka umum bertepatan dengan hari ulang tahun Bapak Pendiri Negara Korea Utara, Kim Il-Sung.

Digandeng suaminya, Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un, Ri tampak tersenyum kepada hadirin yang memperhatikannya.

Pada kesempatan lainnya, Ri terlihat mendampingi Kim Jong-Un menyaksikan pertandingan sepakbola di Kim Il-Sung Stadium pada Senin kemarin.

Sesekali Ri terlihat bertepuk tangan. Di jari kirinya nampak sebuah cincin yang diduga adalah cincin pernikahannya dengan Kim Jong-Un.

Kantor Berita Korea Utara (KCNA) melaporkan, foto-foto kegiatan Ri dan Kim yang didampingi para pejabat tinggi Korea Utara tersebut dipasang di halaman utama media milik pemerintah.

Pertandingan itu adalah bagian dari serangkaian acara mewah untuk merayakan ulang tahun ke-103 mendiang Kim Il-Sung, kakek pemimpin muda Kim Jong-Un, yang jatuh pada Rabu, 15 April 2015.

Korea Utara menetapkan 'Hari Matahari' sebagai dua hari libur nasional yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti olahraga, hiburan, seni, pameran serta ziarah ke tempat kelahiran mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il-Sung di Pyongyang.

Ri, yang mantan anggota kelompok orkestra Korea Utara Unhasu, terakhir kali terlihat publik pada Desember 2014. Saat itu, dia dan suaminya menghadiri sebuah upacara untuk mengenang tiga tahun kematian mertuanya Kim Jong-Il.

Pernikahan mereka hanya terungkap pada Juli 2012 melalui foto-foto wanita muda yang mendampingi Kim di acara-acara resmi di masa lalu.

Saat itu Ri digambarkan sebagai first lady yang suka memakai pakaian dan perhiasan mahal, termasuk tas Christian Dior. Namun sejak itu, Ri jarang sekali tampil di muka umum.

Dinasti Kim telah memerintah negara Korea Utara selama hampir tujuh dekade dengan tangan besi. Kim Il-Sung memimpin Korea Utara sejak awal pendiriannya pada tahun 1948 sampai kematiannya pada 8 Juli 1994.

Ia digantikan oleh putranya, Kim Jong-Il, yang juga memerintah sampai dia wafat pada Desember 2011. Tongkat kekuasaan kemudian dipindahkan ke anaknya Kim Jong-Un, yang memimpin Korea Utara sampai sekarang.

Beri Komentar