5 Minuman Sehat Penangkal Dahaga untuk Ibu Menyusui

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 15 Oktober 2019 08:04
5 Minuman Sehat Penangkal Dahaga untuk Ibu Menyusui
Sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui. Bukan hanya menghilangkan haus tapi juga kaya nutrisi.

Dream – Aktivitas menyusui sangat menguras energi ibu. Tak heran setelah menyusui si kecil, ibu akan merasa kegerahan dan haus. Tubuh pun jadi sangat kelelahan.

Untuk meredakannya, segelas minuman segar tentunya akan jadi 'obat mujarab'. Apalagi jika minuman tersebut memiliki asupan nutrisi tinggi.

Bukan hanya bisa meredakan dahaga, tapi nutrisinya bisa menyerap ke dalam tubuh ibu dan membuatnya lebih fit. ASI yang diproduksi juga jadi lebih kaya zat gizi tinggi.

Ada beberapa minuman yang sangat disarankan untuk ibu menyusui. Minuman ini sangat menyegarkan dan bergizi tinggi. 

Apa saja?

1 dari 5 halaman

Minuman Sehat: Air Mineral atau Air Putih

Minuman ini wajib ada di dekat ibu saat menyusui. Sediakan di botol besar agar ibu bisa membawanya ke mana pun.

Tentuny agar saat haus dan si kecil masih menyusu, ibu bisa segera minum. ASI memiliki kandungan air yang dominan, mencapai 80%

Dengan mengonsumsi air putih secara teratur sepanjang hari, mampu membantu sekresi ASI. Pada saat sedang menyusui, dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral setidaknya 13 gelas setiap hari. Jangan sampai ibu dehidrasi karena menyusui.

2 dari 5 halaman

Minuman Sehat: Raspberry Leaf Tea

Selanjutnya, bisa mengonsumsi raspberry leaf tea saat menyusui. Teh jenis ini merupakan pilihan yang aman serta nikmat untuk dikonsumsi setelah melahirkan.

Raspberry leaf tea mampu untuk meningkatkan aliran ASI serta memperkuat rahim setelah menjalani proses persalinan. Teh ini akan merangsang hormon estrogen di dalam tubuh.

Hormon inilah yang memiliki peranan penting dalam produksi ASI. Bonusnya, teh ini juga mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium serta zat besi yang penting bagi tubuh. Bisa mencoba mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Untuk hasil maksimal, cobalah mengonsumsi 4-5 cangkir raspberry leaf tea setiap hari.

3 dari 5 halaman

Minuman Sehat: Susu Almond

Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalam susu almond akan membantu meningkatkan kualitas dari ASI. Susu almond juga memiliki sejumlah asupan nutrisi lainnya yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Misalnya saja seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E serta kalsium. Bisa coba mengombinasikan susu yang dikonsumsi setiap hari agar tetap fit menyusui. Anatara susu almond, susu sapi atau susu kedelai.

4 dari 5 halaman

Minuman Sehat: Jus Buah

Bisa juga mengonsumsi aneka jus buah segar sebagai pelepas dahaga. Pastikan memilih jus buah yang dibuat secara langsung, bukan yang berada di dalam kemasan.

Jus buah kemasan cenderung memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Akan lebih baik bila membuatnya sendiri di rumah. Satu lagi yang harus diperhatikan, jangan terlalu sering mengonsumsi jus buah yang mengandung vitamin C tinggi. Pasalnya, tidak semua bayi mampu menerima tingkat keasaman atau asupan vitamin C yang tinggi ke dalam tubuhnya. 

5 dari 5 halaman

Minuman Sehat: Teh Jahe

Teh jahe yang hangat akan sangat menenangkan. Terutama setelah kelelahan menyusui sepanjang malam.

Kurang tidur akan bisa membuat ibu mual dan mengalami masalah pencernaan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut konsumsilah teh jahe dengan teratur. (mut)

(Sumber: Boldsky)

Beri Komentar