Buat Minuman Hangat nan Nikmat Pereda Batuk

Reporter :
Senin, 3 Desember 2018 06:15
Buat Minuman Hangat nan Nikmat Pereda Batuk
Olah saja lemon, kunyit dan madu menjadi minuman.

Dream - Musim hujan membuat tubuh lebih rentan terserang batuk. Terkena angin juga bisa membuat Sahabat Dream mudah mual dan bersin terus-menerus. Untuk meredakan keluhan batuk dan flu ringan, manfaatkan saja bahan alami yang ada di dapur.

Batuk merupakan reaksi tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari mukus maupun hal yang menyebabkan iritasi. Beberapa hal yang menyebabkan batuk adalah bakteri, virus, kebiasaan merokok, asma dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk meredakannya, olah saja lemon, kunyit dan madu menjadi minuman hangat. Kandungan Gingerols, Zingerone, dan Shogaol pada kunyit, bisa mengurangi nyeri saat batuk.

Kunyit juga mengandung essential oil, anti-oksidan dan Oleoresin yang bersifat antitusif sehingga batuk tidak meradang. Sementara madu, mampu menghilangkan bakteri. Tidak heran, madu sering menjadi solusi penyakit yang juga menyebabkan tenggorokan gatal ini.

Untuk memperkuat imunitas, dapatkan asupan vitamin C dari tetesan lemon. Ketika digabungkan, ketiga bahan ini mampu meredakan nyeri tenggorokan karena batuk membandel.

1 dari 2 halaman

Lihat Resep Minuman

Untuk membuat minuman pereda sakit tenggorokan ini sangat mudah. Siapkan saja bahan-bahan berikut.

- 1 cangkir madu
- 2 lemon
- 6 cm kunyit
- 1 cangkir air

Cara membuat:
- Kupas kunyit dan iris tipis
- Parut kulit lemon sebanyak 1-1,5 sdt
- Ambil panci dan tuangkan secangkir air. Lalu, tambahkan irisan kunyit serta parutan lemon dan aduk rata
- Panaskan dan biarkan mendidih selama 4-5 menit
- Saring campurannya ke dalam mangkuk kecil
- Gunakan panci lainnya dan tuangkan 1 cangkir madu. Panaskan dengan api kecil selama 8-10 menit. Pastikan madu tidak mendidih agar kandungannya tidak rusak
- Setelah madu cukup panas, tuang campuran lemon dan kunyit ke dalamnya. Lalu, peras 2 lemon ke dalam campuran dan aduk rata
- Aduk campuran sambil memanaskannya dengan api kecil selama 10 menit hingga cukup mendidih.
- Matikan api dan biarkan campuran hingga hangat. Lalu, tuangkan ke dalam gelas.

 

2 dari 2 halaman

Minum 3 Hari Berturut-turut

Setelah diminum sebagian, simpan campuran di tempat yang kering, sejuk dan bersih. Jangan dikonsumsi jika campuran sudah disimpan selama 3 bulan.

 Air Lemon Mampu Mengubah Kulit Kusam Menjadi Glowing

Jangan minum air selama 1,5 jam setelah meminum campuran madu, lemon dan kunyit. Konsumsi campuran ini 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut supaya lebih efektif.

(Sah, Laporan Ava Haprin/ Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-