Cara Membuat Infused Water yang Mudah dan Menyehatkan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 31 Mei 2019 06:44
Cara Membuat Infused Water yang Mudah dan Menyehatkan
Minum air putih bisa jadi sangat membosankan bagi sebagian orang. Ada lho cara asyik minum air, yaitu dengan infused water.

Dream - Dehidrasi menjadi masalah kesehatan yang harus diperhatikan oleh setiap makhluk hidup. Kehilangan cairan tubuh bisa membuat tubuh lemas bahkan dampak paling mengerikan adalah kematian.

Air memang unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, ada beberapa orang yang tidak suka minum air putih karena rasanya yang hambar. Padahal, minuman yang memiliki rasa membuat kita selalu ingin minum dan minum lagi.

Bagi yang tidak terlalu suka rasa hambar, ada baiknya mulai mencoba infused water, yakni air rendaman buah, sayur, dan campuran lainnya. Tentu saja jenis air ini sangat baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi dehidrasi.

Infused water juga diyakini bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh atau detoksifikasi.

Ada beribu manfaat infused water, dan banyak variasi yang bisa dibuat sesuai selera kita. Kamu tidak perlu khawatir merasa bosan dengan infused water karena bisa kita ubah menunya kapanpun kita mau.

1 dari 4 halaman

Infused Water dengan Buah

Jika membicarakan infused water, yang muncul dibayangan kita pertama kali adalah lemon dan mint. Namun sebenarnya masih banyak jenis buah yang bisa digunakan untuk minuman DIY (do it yourself) satu ini.

Beberapa buah-buahan yang bisa dipakai sebagai bahan infused water, seperti:

-    Citrus, seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk. Buah-buahan ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Buah ini juga bisa dipakai dengan mencampurkan daun mint dan madu.
-    Beri, seperti stoberi, bluberi, rasberi, dan ceri, juga bisa digunakan sebagai bahan infused water.
-    Buah tropis, seperti manga, pepaya, pisang, dan kiwi, bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan cara membuat infused water  sangat mudah. Potong buah-buah yang diinginkan, kemudian masukkan dalam botol berisi air. Tutup botol air dan masukkan dalam lemari es kurang lebih selama 1 jam sebelum dikonsumsi.

2 dari 4 halaman

Infused Water dengan Sayur

Infused water juga bisa dihasilkan dari beberapa jenis sayuran. Timun, seledri, dan paprika adalah beberapa contoh bahan infused water.

Menu infused water yang satu ini mungkin masih terbilang jarang, namun memiliki manfaat yang tak kalah dengan infused water buah-buahan.

Infused water dengan timun, mampu membantu proses pencernaan, sehingga pencernaan kita akan lancar. Menu yang satu ini tentu mengingatkan kita pada es kuwut, bedanya es kuwut menggunakan air kelapa, sedangkan infused water bisa menggunakan air biasa.

Cara membuatnya pun tidak jauh beda dengan infused water buah-buahan. Pertama potong sayuran yang diinginkan, lalu masukan wadah atau botol. Kemudian tuangkan air hingga hampir penuh, dan tutup penutupnya. Tunggu kira-kira satu jam sebelum dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Infused Water dengan Rempah-rempah dan Herbal

Banyak jenis tanaman herbal yang bisa digunakan, baik sebagai bahan utama ataupun bahan tambahan. Seperti, daun mint, rosemary, daun basil, dan lavender. Selain memiliki banyak manfaat, menambahkan tanaman herbal dalam infused water dapat menambah kesegaran, lho.

Selain herbal, kita juga bisa menggunakan rempah-rempah yang sangat kaya di Indonesia.

Menggunakan rempah mungkin akan dibilang kuno, namun rempah memiliki berbagai manfaat yang tak kalah ampuhnya dari bahan-bahan lain. Rempah yang bisa digunakan antara lain, jahe, kayu manis, dan cengkeh.

4 dari 4 halaman

Resep Infused Water

Bahan rempah dan herbal bisa digunakan sebagai tambahan infused water dengan bahan lain. Seperti resep campuran infused water di bawah ini:
-    Air + lemon + daun mint
-    Air + stoberi + madu
-    Air + kayu manis + semangka
-    Air + wortel + lemon + jahe
-    Dan masih banyak lagi menu yang bisa dicoba.

Untuk proporsi air dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat infused water pun bisa disesuaikan dengan selera. Sehingga patokan yang digunakan dapat bervariasi. Misalnya, untuk segelas infused water kita membutuhkan 200-400 ml air, dan satu buah lemon.

Sedangkan untuk penyimpanan sebelum dikonsumsi juga sangat fleksibel, bisa 1-3 jam, atau bisa juga lebih dari 12 jam. Tergantung selera masing-masing. Semakin lama disimpan, maka rasa yang dihasilkan oleh infused water lebih kuat.

Ada satu hal lagi yang perlu diingat, jangan menyimpan infused water terlalu lama, dua hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Hal ini dikarenakan kandungan zat aktif dalam buah dapat bereaksi dengan air dan ruang yang kedap udara. Juga, jangan terlalu sering mengonsumsi infused water ya, Sahabat Dream! Tetap utamakan air putih untuk kesehatan kita.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham