Resep Kepiting Lada Hitam, Bisa untuk Hidangan Hari Raya

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 11 Mei 2021 14:45
Resep Kepiting Lada Hitam, Bisa untuk Hidangan Hari Raya
Mungkin Sahabat Dream ingin menyajikan menu 'no santan' saat Idul Fitri.

Dream - Salah satu hidangan yang selalu diincar jika datang ke restoran seafood adalah kepiting lada hitam. Rasanya perpaduan pedasnya lada dan gurihnya daging kepiting. Begitu memanjakan lidah.

Bagaimana kalau saat Idul Fitri nanti, Sahabat Dream membuatnya untuk jamuan di rumah. Kuncinya adalah cari kepiting segar dan bersihkan dengan benar. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:
- 1 kg kepiting
- 1 buah bawang Bombai
- 1 batang bawang daun
- 1 buah cabai merah
- 2 sdm kecap manis
- 3 sdm saos tiram
- 1 jeruk nipis
- 1 sdt merica bubuk
- 250 gr sauce blackpapper
- garam, kaldu bubuk, gula merah dan putih

Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 buah kemiri
- 1/2 cm jahe

Cara membuat:
- Rebus utuh kepiting,tambahkan perasan jeruk nipis lalu bubuhi lada hitam dan merica secukupnya, diamkan hingga lendir dan kotoran keluar. Tiriskan dan buka cangkang atas. Setelah airnya tiris, goreng sebentar hingga warna merah dan sisihkan.
- Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum
- Masukkan kepiting beri sedikit air, tambahkan kecap manis, saos tiram, sauce blackpepper, merica bubuk, garam, kaldu bubuk dan gula aduk rata diamkan hingga meresap dan kuahnya mengental
- Terakhir tambahkan bawang bombai dan cabai merah, aduk sebentar dan koreksi rasa
- Angkat dan sajikan

Sumber: Diadona.id

1 dari 5 halaman

Olahan Kepiting Legit dan Tak Amis, Cari Tahu Triknya

Dream - Sedang ingin makan kepiting saus padang, lada hitam atau mungkin bumbu kari? Saat pademi seperti sekarang memang lebih baik makan di rumah. Bagaimana kalau memasak kepiting sendiri?

Tak ada salahnya untuk mengasah kemampuan memasak Sahabat Dream dengan mengolah kepiting. Binatang laut satu ini memang sedikit sulit untuk memasaknya. Jika salah, aroma amisnya akan sangat kuat.

Bila ingin memasak kepiting, pastikan lakukan tiga hal berikut agar terhindar dari bau amis dan rasanya legit. Simak caranya.

1. Beli kepiting segar
Kunci utama yang harus dipastikan saat membeli kepiting adalah mengetahui tingkat kesegaran kepiting. Jangan membeli kepiting yang tidak tampak hidup dan tidak bergerak. Pastikan membeli kepiting yang masih hidup dan tidak kehilangan anggota tubuhnya. Kepiting yang tidak segar akan sangat berpengaruh pada aroma dan rasanya.

 

2 dari 5 halaman

2. Cuci kepiting hingga bersih
Setelah dibawa pulang ke rumah, segera bersihkan kepiting dengan sikat gigi yang tidak dipakai untuk menghilangkan lumpur, pasir dan kotoran lain yang menempel di tubuhnya. Hati-hati saat menyikat kepiting karena capitnya bisa melukai.

Kemudian bilas dan cuci di bawah air mengalir. Pastikan kotoran di bagian sisinya sudah terangkat dan bersih. Bila tampak masih penuh lumpur sikat dan bilas kembali.

Olahan Kepiting Legit dan Tak Amis, Cari Tahu Triknya© MEN

3. Rebus dengan banyak bumbu
Setelah kepiting bersih, masukkan ke panci dan tuang dengan air secukupnya untuk direbus. Kunci agar tidak amis adalah gunakan banyak rempah-rempah seperti serai, daun salam, lengkuas dan jahe.

Bisa juga menambahkan bawang putih agar aromanya lebih sedap. Cukup rebus selama 15 menit agar daging kepiting tidak hilang. Angkat kepiting dan siap diolah dengan berbagai bumbu.

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela

3 dari 5 halaman

Crab Stick Ternyata Bukan dari Kepiting, Sudah Tahu?

Dream - Potongan crab stick biasanya disajikan dalam menu hot pot, shabu-shabu, sushi atau isian takoyaki. Aromanya khas hidangan laut, dan banyak orang menganggap kalau crab stick adalah daging kepiting.

Faktanya ternyata tak demikian. Namanya memang crab tapi hidangan ini sebenarnya dibuat dari ikan. Crab stik merupakan daging kepiting imitasi yang rasanya dibuat menyerupai kepiting.

Crab stick pertama kali dibuat di Jepang pada 1970-an. Dibuat dari ikan Pollock yang dicampur dengan putih telur, gandum, atau bahan perekat lainnya. Ditambahkan garam dan perisa lain yang membuat rasanya seperti kepiting.

Crab stick© Shutterstock

Ada juga beberapa crab stick yang harganya mahal karena menggunakan campuran menggunakan daging kepiting asli. Untuk warna merahnya, menggunakan pewarna makanan yang menambah kesan seperti kepiting yang berwarna merah.

Crab Stick biasanya disajikan dengan diparut, dipipihkan ataupun dipotong dadu. Teksturnya lembut dan kenyal, rasanya juga gurih. Bisa jadi alternatif untuk membuat hidangan beraroma kepiting meskipun tanpa sajian kepiting asli.

Selengkapnya baca di Diadona.id

4 dari 5 halaman

Sapporo, Surga Kepiting Berkualitas di Jepang

Dream - Jepang memang dikenal sebagai penghasil seafood berkualitas tinggi. Para koki dari seluruh dunia kerap mencari hasil laut segar yang berasal dari negeri Sakura ini untuk diolah menjadi sajian istimewa dan berkelas.

Makan Kepiting: Halal atau Haram?© MEN

Terutama jika ingin mencari kepiting. Sapporo, ibu kota Hokkaido, merupakan rumah bagi kepiting-kepiting berkualitas atau dalam bahasa Jepang disebut Kani. Perairan di Sapporo ini juga menghasilkan ikan trout, salmon, kerang, hingga sajian seafood lainnya.

" Laut Okhotsk adalah lautan air dingin, termasuk perairan 'terkaya' di kawasan utara dari Kepulauan Aleutian dan Kamchatka ke Hokkaido," kata Ido Gabay, pendiri Hokkaido Nature Tours, dikutip dari CNN Travel.

 

5 dari 5 halaman

Perairan Sapporo dipenuhi plankton, sangat sempurna untuk makanan kepiting yang tinggal di bawah air. Merupakan 'rumah' bagi Kegani (kepiting berbulu), yang dikenal karena dagingnya yang halus dan manis. Ada juga Zuwaigani (kepiting salju), hanya dipanen di musim dingin.

Jenis lainnya yang ada di Sapooro adalah Tarabagan, jenis kepiting raja terbesar. Biasanya baru muncul September hingga Januari. Kepiting yang paling terkenal adalah Hanasaki, yang terkenal karena kenikmatan telurnya dan biasa disajikan dari akhir musim panas hingga pertengahan musim gugur.

© Dream

Ada banyak cara untuk menikmati kepiting Hokkaido, tetapi Gabay menyarankan untuk mencicipi sajian kepiting sashimi. Hanya koki ahli yang bisa menyiapkan kepiting sashimi karena membutuhkan persiapan yang sungguh-sungguh.

" Pemotongan harus tepat dan butuh hampir satu jam untuk mempersiapkannya demi tekstur yang pas dan kenikmatan maksimal," ungkap Gabay.

 

Beri Komentar