9 Kisah Perjalanan Nowela Idol, Putri Papua Diusulkan Jadi Ikon Pon XX Papua

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 4 Juni 2021 18:23
9 Kisah Perjalanan Nowela Idol, Putri Papua Diusulkan Jadi Ikon Pon XX Papua
Nama Nowela Idol kembali diperbincangkan usai diusulkan Arie Kriting sebagai ikon PON XX Papua gantikan Nagita Slavina.

Dream - Sejak menjuarai Indonesian Idol season 8 pada tahun 2014, nama Nowela Elizabeth Auparay mulai dikenal publik. Wanita kelahiran Wamena, 19 Desember 1987, ini berhasil menjadi juara pertama di ajang tersebut.

Kini, nama Nowela kembali diperbincangkan usai komika Ari Kriting mengomentari penunjukan Nagita Slavina sebagai ikon PON XX Papua. Dia mengusulkan nama Nowela Elizabeth Auparay menjadi ikon XX PON Papua.

Selain Nowela, menurut Arie Kriting, masih banyak perempuan lain di Papua yang pantas menjadi ikon PON XX. Sebab menurut komika yang satu ini, perempuan Papua lebih pantas merepresentasikan PON XX yang diselenggarakan di Papua.

Kembali ramai diperbincangkan, sosok cantik Nowela Elizabeth Auparay membuat publik penasaran. Selain memiliki paras cantik khas perempuan timur, Nowela juga diketahui aktif dalam kegiatan sosial. Salah satunya tergabung dalam sebuah yayasan sosial untuk membantu anak-anak Indonesia yang mengalami kekurangan gizi.

Seperti apa potret cantik Nowela Elizabeth Auparay? Simak ulasannya berikut ini, Dikutip Dream.co.id dari instagram @mikhelia.

1 dari 9 halaman

Ikut Bus Audisi

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay mengikuti audisi Indonesian Idol melalui Bus Audisi Purwokerto dan berhasil lolos ke Jakarta setelah melewati proses audisi utama di Bandung. Setelah serangkaian tahap seleksi, ia berhasil melaju ke babak spektakuler, dan pada akhirnya menjadi pemenang setelah menyisihkan Husein Alatas.

2 dari 9 halaman

Juara Indonesian Idol Season 8

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Nowela akhirnya menjadi juara dalam ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kedelapan. Saat itu Nowela kerap berada pada posisi atas dibandingkan peserta lainnya. Nmaun jiwanya yang tak pernah lengah, membuatnya berhasil menjuarai ajang bergengsi tersebut dengan usaha mati-matian.

Dewan juri Indonesian Idol musim kedelapan yang menilainya saat itu adalah Tantri Kotak, Ahmad Dhani, Anang Hermansyah, dan Titi DJ.

3 dari 9 halaman

Dijuluki 'Uranium Voice'

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Memiliki suara yang kuat dan unik, membuat Nowela kerap mendapat pujian dari para juri. Bahkan ia dijuluki dengan " Uranium Voice" oleh Ahmad Dhani yang saat itu duduk sebagai Dewan Juri Indonesian Idol season 8.

4 dari 9 halaman

Berdarah Papua-Batak

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Wanita yang kini berusia 33 tahun itu berdarah Papua dari sang ayah, dan berdarah Batak dari sang ibu. Selain suara emasnya, Nowela memiliki paras yang cantik khas Papua sehingga membuatnya menarik perhatian publik.

 

5 dari 9 halaman

Gagal di Industri Hiburan

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Usai memenangkan ajang bergengsi tersebut, sontak Nowela bersanding dengan para penyanyi deretan papan atas. Akan tetapi, rupanya kariernya di industri hiburan tak berjalan mulus. Ia gagal mempopulerkan lagu-lagunya yang tidak laku di pasaran.

Akibat kegagalannya itu, Nowela sempat mengalami drop dan tidak percaya diri.

" Aku pernah merasa secara mentally drop dan nggak percaya diri menjadi penyanyi," jelas Nowela dilansir dari kanal YouTube Merry Riana.

6 dari 9 halaman

Bangkit dari Kegagalan

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Kemudian Nowela segera sadar bahwa hidup tidak berhenti hanya karena gagal. Ia pun bangkit dari kegagalannya meskipun membutuhkan perjuangan yang sangat keras.

Untungnya ia mengikuti komunitas rohani yang selalu memberi semangat dan dukungan saat dirinya sedang terpuruk.

7 dari 9 halaman

Lakukan Aktivitas Positif

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Untuk membangkitkan semangatnya kembali pasca gagal, Nowela berusaha mengalihkan perhatiannya untuk melakukan hal-hal positif. Seperti menulis lagu, membuat konten YouTube, dan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial. Menurutnya, dengan melakukan beberapa hal tersebut, ia mulai menemukan kembali kepercayaan dirinya.

 

8 dari 9 halaman

Jadi Aktivis Sosial

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Jika ditelisik dari laman instagram pribadinya, Nowela kini sedang aktif sebagai aktivis sosial. Ia tergabung dalam sebuah yayasan yang fokus membantu anak-anak Indonesia yang kurang gizi.

Bahkan ia juga kerap membagikan postingan bersama anak-anak yang telah berhasil dibantunya. Kegiatan positif ini semakin menunjukkan bahwa Nowela memiliki inner beauty yang terpancar dari kepekaannya membantu sesama.

9 dari 9 halaman

Kumpulkan Donasi dengan Menyanyi

Ilustrasi© Instagram/@mikhelia

Karena aktif membantu anak-anak Indonesia yang kekurangan gizi, Nowela mempromosikan donasinya lewat instagram pribadinya. Ia mengumpulkan donasi sebanyak-banyaknya lewat Yayasan HOPE worldwide INDONESIA untuk disalurkan kepada anak-anak yang kekurangan gizi.

" Ado.. Mama lihat sa pu hati su tatinggal.. Di gunung-gunung di lembah-lembag.. di NTT.. Cinta kami untuk NTT, donasi masih di buka sampe hari rabu ya teman2 (no rek ada di slide terakhir) :))," tulisnya dalam sebuah postingan.

Beri Komentar