Cerita Tukul tentang Detik-detik Terakhir Susi 'Similikiti'

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 24 Agustus 2016 18:29
Cerita Tukul tentang Detik-detik Terakhir Susi 'Similikiti'
Meski mengidap penyakit asma sejak lama, namun Tukul mengaku tidak merasakan firasat apapun dengan kepergian istirnya.

Dream - Tukul Arwana sangat terpukul dengan kematian istrinya, Susiana. Pria bernama asli Riyanto itu mengaku tak mendapat firasat apapun sebelum kematian istri yang kerap dia sebut dengan nama Susi Similikiti ini.

“ Saya juga nggak ada firasat sama sekali. Dia juga nggak ninggalin pesan apa-apa,” kata Tukul di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu 24 Agustus 2016.

Susi meninggal Selasa 23 Agustus. Dia menghembuskan nafas terakhir setelah mengeluh capek. Tukul mengatakan, istrinya tak pernah mengidap penyakit berat.

“ Sama sekali nggak ada (penyakit berat yang diderita),” tambah dia.

Suasana pemakaman istri tukul© Dream/Nur Ulfa

Tukul menuturkan, Susi meninggal setelah sholat Maghrib. “ Istri saya habis sholat lalu bikin susu buat anak. Setelah Maghrib baru nggak ada (meninggal),” pungkas Tukul.

1 dari 3 halaman

Firasat Anak Angkat Sebelum Istri Tukul Meninggal

Dream - Isteri komedian kondang Tukul Arwana, Susiana beristirahat selamanya di Taman Pemakaman Umum (TPU), Jakarta Selatan, Rabu 24 Agustus 2016. Rekan seprofesi Tukul tampak turut hadir di pemakaman wanita yang dkenal dengan Susi 'Similikiti', diantaranya Tarzan, Kubil, Polo, Derry dan Kadir dari empat sekawan.

Bahkan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pun datang mengungkapkan belasungkawa atas kepergian Susi.

Setelah prosesi pemakaman, anak angkat Tukul, Ega Prayudi mengaku mendapat firasat sebelum kepergian sang ibunda.

Ega menceritakan, mendiang biasanya selalu membuatkan menu makasan kesukaannya, rendang saat hari raya Idul Fitri. Namun pada tahun ini, menu itu baru dibuatkan ketika adiknya, Novita Eka Afriani, berulang tahun.

Suasana pemakaman istri tukul© Dream/Ilman Nafian

" Kalau saya kan tugas di Jawa Timur, waktu lebaran ibu janji bikin rendang buat saya, kemarin baru dibikinin, saya kaget kemarin adik saya ulang tahun, terus kasih tahu," ungkap Ega di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Agustus 2016.

" Ternyata itu buatan dia yang terakhir buat aku."  

Ega merasa bersyukur, permintaan mendiang Susi selama hidupnya telah dipenuhinya, seperti keinginannya memiliki anak seorang anggota Polisi.

Kisah Putra Angkat Tukul Arwana dan Susi Similikiti© MEN

" Alhamdulillah permintaan ibu semasa hidup, dulu waktu saya kuliah, ibu tuh pingin punya anak jadi anggota kepolisian, akhrinya saya daftar, dan lulus," ucap dia.

Setelah dinyatakan lulus, Ega pun mengaku dibawa Susi ke tempat pengajian dan memberitahukan kabar gembira itu kepada teman-temannya. Dikatakan Ega, mendiang ibu saat ini terlihat bangga memiliki anak seorang anggota kepolisian.

" Sampai ibu ke pengajian pun saya diajak dipamerin ini anak saya jadi polisi, saya pelantikan juga dateng sama bapak," ujar dia.

Ega pun berpesan kepada adik-adiknya agar senantiasa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, dan diberi kesabaran, serta menjadi pribadi yang semakin dewasa.(Sah)

2 dari 3 halaman

Penuh Haru, Ungkapan Hati Tukul Arwana Ditinggal Susi

Dream - Komedian dan presenter, Tukul Arwana, Susiana atau yang lebih dikenal dengan Susi 'Similikiti' telah dimakamankan di TPU Jeruk Purut, Rabu 24 Agustus 2016. Selama berada di pemakaman wajah Tukul tampak diam dan penuh tatapan kosong, ia seolah terkejut atas kepergian sang istri tercinta.

Usai dikuburkan dan membacakan doa untuk sang istri, Tukul baru berbicara kepada para pelayat dan awak media. Sebelumnya Tukul hanya duduk diam terpaku sembari menyalami pelayat yang datang.

Suasana pemakaman istri tukul© Dream/Nur Ulfa

" Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang semua telah datang. Terima kasih kepada bapak gubernur, terima kasih kepada menteri agama. Terima kasih atas semua doa yang diberikan," kata Tukul saat di TPU Jeruk Purut, Rabu, 24 Agustus 2016.

Tukul pun menyampaikan permintaan maaf, kepada seluruh pelayat yang datang atas semua kesalahan yang pernah dilakukan mendiang sang istri di masa hidupnya.

Keluarga Tukul© Dream/Ilman Nafian

" Maafkan istri saya jika ada kata dan perbuatan baik yang disengaja maupun tidak disengaja semasa hidupnya. Sekarang saatnya kita yang masih hidup berbuatlah sebaik baiknya," kata ayah dua orang anak itu.

Seperti diketahui istri Tukul meninggal di usia 48 tahun, Selasa 23 Agustus 2016. Kepergian Susi dikabarkan akibat penyakit asma yang dideritanya sejak lama.

3 dari 3 halaman

Dream - Kabar duka menyelimuti keluarga Tukul Arwana. Sang stri tercinta, Hj Susiana atau Susi Similiki meninggal dunia sekitar pukul 18.30 WIB hari ini dikediamannya, di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

" Sekitar setengah 7 habis Maghrib meninggalnya, saya pastiin ngecek di rumah sakit Brawijaya buat mastiin," kaat Bendel selaku adik Tukul di kediaman Tukul Arwana di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Agustus 2016.

Suasana Kediaman Tukul© twitter

Sebelumnya, pada sore hari Susi masih mengikuti pengajian di daerah Pondok Indah sekitar pukul 16:00 WIB. Kemudian dia pulang karena hendak membuat surat keterangan sehat, untuk anaknya Jovan.

" Soalnya Jovan habis sakit mau, kemudian ibu mau nyari surat sehat, tapi katanya tanggung habis maghrib, dia juga habis salat Maghrib mungkin rebahan" ucap dia.

Lebih lanjut Bendel mengatakan, sore hari suara Susi terdengar pelan dan mengeluh agak kurang sehat.

Istri Tukul sebelum dimakamkan© Dream/Ilman Nafian

" Sore suaranya agak pelan, capek kayaknya," ujar dia.

Susi ditemukan tak sadarkan diri oleh anaknya Jovan di kamarnya. Saat ditemukan, Susi sedang rebahan di atas kasur namun matanya tetap terbuka. Kemudian Jovan berusaha membangunkan sang bunda, tapi tidak ada reaksi.

Susui meninggal di usia 48 tahun, dan memiliki riwayat asma dan sering menggunakan alat bantu. Sejak semalam, rekan sesama artis dan pelawak kondang Tarzan dan Pepi, serta ketua komite PSSI Agum Gumelar mendatangi kediaman Tukul untuk mengungkapkan belasungkawa.

Beri Komentar