Di-bully Netizen, Oki Setiana Dewi Gembok Akun Instagram

Reporter : Kusmiyati
Selasa, 3 Mei 2016 17:02
Di-bully Netizen, Oki Setiana Dewi Gembok Akun Instagram
Ramai dibully netizen karea status Ustazah dan pendidikannya, aktris Oki Setiana Dewi membuat langkah mengejutkan.

Dream - Aktris Oki Setiana Dewi belakangan tengah disorot netizen. Setelah muncul petisi yang mempersoalkan gelar ustazahnya, netizen juga mulai menyoroti dan meragukan pendidikan yang dienyam Oki di Mekah, Arab Saudi.

Akun instagram Oki pun kebanjiran komentar, dari komentar dukungan positif hingga cacian dan pernyataan berbau negatif. Seolah kesal oleh aksi  'bully' netizen, ibu dua anak ini pun mengunci akun instagramnya. Kini tak semua peselancar dunia maya yang bisa melihat dan ikut menikmati setiap momen unggahannya.

Instagram Oki sendiri telah memiliki lebih dari dua juta 'followers'. Sebelumnya menurut sang suami, Ory Vitrio, Oki tak terlalu memikirikan masalah petisi ataupun komentar miring dari para netizen.

" Tidak (stres), kami menanggapinya santai. Banyak yang sayang sama Oki. Kita kan tidak bisa memaksakan semua orang untuk suka, jadi sejauh ini kami tidak terlalu memikirkannya," ujar Ory.

Belum ada penjelasan resmi dari Oki mengapa memutuskan untuk menggembok akun sosial medianya tersebut. 

1 dari 4 halaman

Diprotes 'Haters', Oki Setiana Dewi Kutip Surat Al Hujurat

Dream - Pemeran tokoh Anna di film 'Ketika Cinta Bertasbih', Oki Setiana Dewi sempat diprotes netizen lantaran gelar ustazah yang menempel padanya. Tak hanya itu, Oki juga sempat menerima komentar-komentar miring lainnya.

Seolah menanggapi hal ini, Oki pun mengutip surat di Al quran dan mengunggahnya di akun instagram miliknya.

" Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan dagin saudaranyan yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang" (Al Hujuraat:12),"  tulis akun Oki, Senin 25 April 2016.

Tim Dream pun telah mengonfirmasi kabar aksi petisi netizen yang ditujukan kepada pihak Oki. Diwakili sang suami, Ory Vitrio, ia mengatakan bersikap santai menanggapi komentar netizen.

" Namanya haters ada saja, media sosial memang begitu. Kita tidak bisa memaksa orang untuk menyukai Oki, tapi alhamdulillah lebih banyak yang sayang dengan Oki. Tidak terlalu ditanggapi, Oki juga santai (tidak stres)," ujar Ory.

Suami yang menikahi Oki pada 2014 ini juga menuturkan permohonan maaf. " Akun instagram okisetianadewi dipegang oleh OSD sendiri dan beberapa admin. Maka kami mohon maaf atas kata-kata yang kurang baik yang mungkin dikeluarkan oleh tim admin. Semoga kita selamat dengan lisan kita semua. Amin," ujar ayah dua anak ini.

2 dari 4 halaman

Gelar Ustazah Oki Setiana `Digugat`

Dream - Aktivitas dakwah artis Oki Setiana Dewi menjadi sorotan netizen. Bahkan ada yang membuat petisi sebagai bentuk protes penyebutan gelar ustazah yang disandang Oki.

Petisi di change.org ini sudah ditandatangani sekitar 359 netizen, dan masih membutuhkan 141 pendukung. Netizen yang membuat petisi menggunakan nama Oki Setiana Dewi, ia berharap tayangan Oki diberhentikan.

" Stop tayangan yang menayangkan Oki Setiana Dewi dengan penyebutan gelar Ustadzah. Dari sekian banyak kebohongan itu, sungguh sangat tidak pantas orang seperti beliau memberikan kajian agama apalagi menyandang gelar ustadzah,"  tulis akun itu, Senin 25 April 2016.

Akun yang juga atas nama si artis itu mengungkapkan alasannya tidak menyetujui Oki disebut sebagai ustazah.

" Oki  melakukan pembohongan publik tentang short course (kuliah) lewat jalur mustami' dan masuk kelas persiapan bahasa di Universitas Ummul Quro. Oki Setiana Dewi tidak pernah kuliah di sana. Ia melakukan intimidasi terhadap masyarakat yang memberikan kritik dengan kata-kata amat sangat tidak pantas,"  ujarnya.

Pemeran tokoh Anna di film 'Ketika Cinta Bertasbih' itu pun dianggap masih belum fasih dalam pelafalan hadist dan ayat-ayat yang disampaikan dalam kajiannya.

" Bahkan makhraj dan tajwid pun acakadut. Oki setiana dewi tidak mempunyai ilmu yang mumpuni untuk disebut sebagai pendakwah, apalagi ustadzah,"  tuturnya.

Wanita kelahiran 13 Januari 1989 itu pun dikritik kerap memamerkan hal yang bersifat duniawi di akun instagram maupun dalam tayangan infotainment.

" Oki selalu meminta fasilitas mewah dan tarif yang mahal untuk melakukan ceramah off air. Ia plagiat hasil karya (desain) jilbab dan gamis toko lain lalu dicap menjadi brandnya sendiri. Ia menggunakan ghost writer untuk buku-buku yang diakui ditulisnya sendiri,"  papar akun itu.

Jawaban Oki

Oki akui, beberapa hari terakhir dirinya menjadi sasaran haters dan pengkritik. Termasuk soal 'gelar' ustazah yang melekat pada dirinya. 

Oki menegaskan, dirinya tak pernah meminta untuk dipanggil dengan gelar apapun. Oki membebaskan semua pihak memanggil dirinya dengan sebutan apapun. 

" Mau panggil saya adik silakan, kakak, teteh, mba, nama saya atau apapun silakan. Toh itu hanya panggilan dari manusia. Saya hanya fokus terus memperbaiki diri saya dalam segala hal," tulis Oki kepada Dream.

(Ism)

3 dari 4 halaman

Ustazah Oki Setiana Dewi: Jangan Idolakan Saya...

Dream - Setiap orang pasti memiliki idola atau panutan di dalam hidupnya. Termasuk ustazah Oki Setiana Dewi. Selama ini, ternyata yang menjadi panutan hidupnya adalah Ibu dan suaminya.

Namun ada sosok lain yang menjadi panutan hidupnya selain Ibu dan sang suami, yang membuat karirnya cemerlang sampai saat ini.

" Zaman sekarang orang mengidolakan para super hero, menurut saya hal ini tidak real. Buat Oki, Rasulullah SAW, sahabat nabi dan istri nabi adalah idola Oki sampai kapanpun,"  ujar Oki saat ditemui di Kuningan City Jakarta Selatan, Jumat, 15 April 2016.

" Mereka real, sifat dari mereka yang Oki pakai untuk menjadi seperti ini."  

Selain itu, karir Oki saat ini sudah semakin terbuka lebar. Tidak hanya menjadi ustazah, bermain sinetron dan presenter, dia juga merambah ke dunia bisnis fesyen.

Oki belajar menjadi pembisnis mengikuti jejak Siti Khadijah, istri nabi Muhammad SAW.

" Sekarang Oki lagi belajar bisnis, Oki juga mengidolakan Siti Khadijah, tidak hanya menurut pada suami, tetapi dia juga pandai berbisnis, cara Oki berbisnis pun ikut beliau," kata ibu dua anak itu.

Oki pun berharap kepada orang-orang yang berusia produktif untuk membuka pikiran. Jangan mengidolakan orang-orang yang tidak jelas kehidupannya diakhir hayatnya.

" Jangan mengidolakan orang. Termasuk saya, jangan kalian idolakan, yang mesti diidolakan itu ya Rasulullah SAW, para sahabat dan sohibiah. Karena sudah tahu meninggalnya dalam keadaan baik," tutupnya. (Ism)

4 dari 4 halaman

Cara Oki Setiana Dewi Ladeni Para Haters

Dream - Sebagai pesohor, kehidupan keseharian para artis selalu diikuti fansnya. Namun tak jarang, haters pun turut mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan artis hanya untuk mencaci makinya atau menjadi bahan cacian (bully).

Terlebih lagi, saat ini media sosial sudah sangat berkembang. Instagram yang semula menjadi media berbagi foto dan hal-hal positif, kini mulai berubah menjadi wadah para haters untuk mencaci maki para artis.

Hal itu pun juga dirasakan ustazah Oki Setiana Dewi. Dia mengatakan tidak mungkin semua perilakunya disukai oleh semua orang. Namun kemunculan Haters diakui sebagai fenomena yang wajar.

" Tidak akan pernah mungkin orang akan suka dengan kita, memang Allah SWT menakdirkan seperti itu. Ada pasangannya, ada fans ada haters," ujar Oki Setiana Dewi saat ditemui di Kuningan City Jakarta Selatan, Jumat, 15 April 2016.

Menghadapi hal itu, Oki mengaku memiliki cara untuk menghadapi para haters yang ada disekelilingnya.

" Fokus aja berbuat kebaikan, fokus pada tujuan, untuk menjadi sukses itu jangan persulikan cacian orang," kata wanita 26 tahun ini.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan