Disentil Untuk Ikut Galang Dana Covid-19, Ini Jawab Singkat Ria Ricis

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 26 Maret 2020 13:24
Disentil Untuk Ikut Galang Dana Covid-19, Ini Jawab Singkat Ria Ricis
Apa kata Ria Ricis?

Dream - Ria Ricis kembali menjadi sorotan setelah aksi syutingnya di komplek perumahan mendalam penolakan warga. Adik Oki Setianadewi itu mendapat protes warga karena mengumpulkan orang di saat pemerintah mengeluarkan imbauan tinggal di rumah karena virus corona, Covid-19. 

Aksi protes yang menjadi viral di media sosial tersebut berbuntut panjang. Kini warganet menyentil Youtuber pemilik nama asli Ria Yunita itu ikut menggalang dana untuk membantu menanggulangi penyebaran virus corona Covid-19.

Salah satu akun itu berkomentar pada foto terakhir Ria Ricis bersama artis Tik Tok Cimoy sedang tertawa di akun instagramnya.

ria ricis© ria ricis

" DONASI DONG BUAT COVID-19," kata akun @ala*****run

Ria Ricis membalas komentar salah satu warganet yang memintanya ikut berdonasi. Ia mengatakan akan berdonasi tapi tidak akan mengumbarnya ke publik. Baginya urusan sedekah adalah hubungannya dengan Sang Pencipta.

" Insyaallah jd rahasia saya dan Allah kak..trimakasih," jawab Ria Ricis.

Mendengar jawaban Ricis seperti itu, netizen lain geram dan ikut membully.

" @riaricis1795 InshaAllah rahasia Allah tp donasi ma tukang bakso dijadiin content ku tax paham akan duniamu kaq," tulis akun @iven****sja.

" @riaricis1795 gpp kali sedekah kan ada jg yg terang2an utk memotivasi org lain ikut ngebantu.. Seperti yg sdh dimulai ka rachel mnginspirasi public2 figur yg lain utk buka donasi. Fans2nya ikutan donasi," tulis akun @az***a*8.

1 dari 5 halaman

Usai Dilabrak Tetangga dan Disentil Warganet, Ria Ricis Minta Maaf

Dream - Ria Ricis akhirnya buka suara usai dilabrak tetangga saat melakukan syuting rumahnya. Adik Oki Setiana Dewi itu membuat resah karena mengabaikan imbauan social distancing demi mencegah penularan Covid-19.

Ricis mengucapkan permintaan maaf lewat unggahan Insta Story. " Maaf & Terimakasih. maaf atas kesalahan saya pribadi & Terimakasih sdh bantu menegur dan mengingatkan dengan baik,"  tulis Ricis.

Ria Ricis© Foto: Instagram @makrumpita

Foto: Instagram @makrumpita

Dara 24 tahun itu juga membuat klarifikasi di siaran live Instagram. Ricis menjelaskan bahwa dia dan tim melakukan syuting di lokasi lain. Namun ia kasihan melihat tukang bakso di depan rumah dan ingin membantu.

" Viral lagi, viral lagi. Kita syuting di Persari. Tapi ketika kejadian itu memang waktu lagi pada pesan bakso di rumah kita. Niatnya mau bantuin tukang bakso tapi malah kejadian. Ya gitu deh pokoknya," jelas Ricis.

2 dari 5 halaman

Kurang Bersimpati?

Meski begitu warganet tetap geram melihat Ricis yang tidak bersimpati dengan wabah virus corona. Apalagi saat ia mengaku tidak bisa meninggalkan pekerjaannya yakni membuat konten YouTube.

" Kalau Ricis 50:50 antara harus ngikutin (anjuran) pemerintah atau menyelesaikan pekerjaan. Aku harus ada di posisi yang seimbang tapi harus tetap berpikir positif,"  ujarnya di channel YouTube.

Ria Ricis© Foto: Instagram @riaricis1795

Foto: Instagram @riaricis1795

Perbuatan Ricis langsung viral dan menuai kritik dari publik. Ia bahkan membuat mantan Menteri Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf kecewa.

" Saya menyesalkan Public Figure yang tidak sensitif terhadap ancaman #Covid-19 dan hal ini membahayakan orang lain dan negara ini,"  kata akun @triawanmunaf.

" Sombong nya masih kelihatan merendah untuk meroket,"  komentar @shely_real

" Dilabrak warga aja dijadiin konten!! Sampe segitunya ya..."  ucap @nylam.sentika

" Pekerjaan dengan anjuran pemerintah katanya 50:50 , liat dlu kerjaannya bisa ditunda enggak , kalo soal konten mah insyallah masih bisa lah dibuat nanti2 .. dripada meresahkan,"  ujar @dita_risty

(mut)

3 dari 5 halaman

Setelah Dilabrak Warga, Kini Ria Ricis Ditegur Triawan Munaf

Dream - Ria Ricis, salah satu influencer, selebgram, youtuber dengan pengikut tertinggi di Indonesia ini mendapat kritik pedas karena dinilai mengabaikan social distancing di tengah wabah corona. Padahal pemerintah semula ingin menggelontorkan dana Rp72 miliar untuk influencer agar mampu mengembalikan bisnis pariwisata di tengah wabah corona. 

Tapi, aksi Ria Ricis yang viral karena diprotes keras tetangganya juga mendapat protes keras dari sejumlah netizen. Termasuk dari mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. 

" Saya menyesalkan public figure yang tidak sensitif terhadap ancaman #covid-19. Dan hal ini membahayakan orang lain dan negara ini," kata Triawan Munaf melalui akun instagramnya. 

Triawan menyesalkan tindakan Ria Ricis yang masih menggelar syuting, bahkan mengganggu ketentraman warga di tengah wabah corona.

Triawan berkomentar di salah satu foto Ricis, yang menunjukan aktivitas saat menjalankan syuting.

" Ria ricis as Becir, Ricis & Executive Producer #SetanTaubatRamadhan2020 berhubung hari ini lockdown di rumah ricis tidak terima tamu atau aktifitas lainnya. tapi harus selesaikan tanggung jawab. insyaallah ini hari terakhir. mohon doanya. sehat2 semuaaa," kata Ricis.

Nampaknya Ricis tak merespons komentar Komisaris PT Garuda Indonesia ini. Tak ada balasan komentar dari Ricis terkait komentar dari Triawan Munaf.

Tak hanya Triawan, Desainer Didiet Maulana juga menyayangkan sikap Ria Ricis yang dianggap egois dan hanya mementingkapn kepentingan pribadinya.

Sontak postingan Ricis ini pun langsung dibanjiri hujatan oleh netizen. Karena ia dianggap lebih mementingkan uang daripada keselamatan warga di sekitar rumahnya.

" Nggak ada ot*k lu ya, demi duit masih aja syuting sampai ngundang keramaian di komplek. Kena batu nya bau tau rasa,"  kata akun kiky_rizkiyah13.

" Oh inikah yang dimaksud warga, ngundang banyak orang demi kepentingan syuting konten," kata akun dewisurya_rahardjo.

" Nggak ada akhlaknya memang," kata akun thirofal.

4 dari 5 halaman

Desainer Didiet Maulana Sentil Ria Ricis

Dream - Desainer Didiet Maulana meluapkan kekecewaan kepada Ria Ricis. Dia menilai sikap Ria Ricis yang melakukan syuting di kediamannya dengan mengundang banyak orang telah mengganggu warga, apalagi di tengah merebaknya virus corona baru, Covid-19.

© Dream

"  Ada seorang tokoh instagram yang shooting di rumahnya. Kebetulan teman saya tinggal bersebelahan dengan dia," tulis Didit di Instagram.

"  Setahu saya ada imbauan Bapak Kaporli yang saya post beberapa hari lalu tentang keramaian. Apakah mba ga baca apa bagaiamana ya mbak?" tambah Didit.

Menurut Didiet, Ria Ricis bertindak egois lantaran mengutamakan syuting ketimbang pencegahan Covid-19 yang kian merebak di Indonesia. "  Sepenting itukah tetap shooting. Kalau memang itu masih rejeki mbak, akan tetap dapat kok mbak. Please jangan bertindak egois," lanjut Didiet.

5 dari 5 halaman

Imbauan

Owner Ikat Indonesia ini mengaku tidak pernah protes ataupun berkomantar seperti ini sebelumnya. Tapi, Didiet merasa tingkah adik Oki Setianadewi itu keterlaluan dan tidak peduli dengan keselamatan warga sekitar dengan mendatangkan keramaian.

Didiet Maulana© Didiet Maulana

"  Saya tidak pernah pernahnya menulis sesuatu seperti ini. Tetapi ketika ini menyangkut keselamatan orang banyak, hati saya tergerak. Saya lihat di insta story teman saya, bagaimana Anda bikin shooting di rumah (town house) yang melibatkan banyak Crew. Padahal daerah tsb baru tadi pagi disemprot disinfektan," tuturnya.

Didiet sangat kecewa dengan Ria Ricis, apalagi dara 24 tahun itu memiliki follower yang banyak. Bukan menyebarkan hal baik, kata dia, justru mengundang bahaya untuk orang lain.

"  Apalagi follower anda BELASAN JUTA. saya kecewa sekali dengan anda. FOLLOWER BANYAK ITU BERARTI ANDA DIPERCAYA UTK MENYEBARKAN HAL YANG BAIK," ucapnya.

Didiet juga meminta masyarakat yang ingin membuat event ataupun syuting yang mendatangkan orang banyak sebaiknya menundanya karena mengundang bahaya.

"  Tolong buat yang pada punya rencana shooting atau event atau apapun yg mengundang keramaian..TOLONG PIKIRKAN MASYARAKAT YANG LEBIH LUAS," tuturnya.

 

   

Beri Komentar