Hotman Paris Klaim Temukan 10 Pasal Draft UU Cipta Kerja yang Tidak Biasa

Reporter : Sugiono
Sabtu, 17 Oktober 2020 15:41
Hotman Paris Klaim Temukan 10 Pasal Draft UU Cipta Kerja yang Tidak Biasa
Begini kata Hotman Paris..

Dream - Usai membaca draft UU Cipta Kerja atau sebelumnya disebut Omnibus Law, pengacara kondang Hotman Paris memberikan kabar baik.

Melalui postingan di akun Instagram @hotmanparisofficial pada Sabtu, 17 Oktober 2020, Hotman Paris menyebut beberapa pasal yang ada dalam UU Cipta Kerja akan menguntungkan pekerja dan para buruh.

1 dari 5 halaman

Hotman Paris menemukan isi draft UU Cipta Kerja yang menyoroti pasal mengenai hukum pidana bagi para majikan atau pengusaha yang tidak memberi hak buruh dan pekerja.

Pria berusia 61 tahun ini mengklaim ada 10 Pasal dalam UU Cipta Kerja yang berisi ancaman pidana untuk majikan atau pengusaha yang melanggar Omnibus Law.

2 dari 5 halaman

Ancaman kepada Pengusaha atau Majikan

Dia bahkan mengatakan ini pertama kalinya dalam sejarah kariernya sebagai pengacara selama 36 tahun, menemukan pasal-pasal yang bisa mengancam dan memidanakan pengusaha atau majikan.

" Ini pertama kali dalam sejarah karier Hotman menemukan draft UU Cipta Kerja, di mana ada 10 pasal yang memberikan ancaman pidana kepada majikan atau pengusaha, yang apabila tidak memberikan hak-hak dari buruh," papar Hotman.

3 dari 5 halaman

Hotman Paris kemudian memberikan contoh yang merujuk pada isi draft UU Cipta Kerja itu jika majikan atau pengusaha tidak memenuhi hak para pekerja.

" Contoh, tidak bayar pesangon 4 tahun penjara, tidak bayar upah minimum maksimum 4 tahun penjara," lanjut Hotman.

4 dari 5 halaman

UU yang Bisa Mengubah Perdata jadi Pidana

Dia menambahkan bahwa UU Cipta Kerja merupakan undang-undang pertama yang mampu mengubah hukum perdata menjadi pidana.

" Ini pertama kalinya UU di mana perdata menjadi pidana, dan ini menguntungkan siapa? Terserah pada masyarakat yang menilai," kata Hotman menutup pernyataannya.

5 dari 5 halaman

Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dr. Hotman Paris SH MH (@hotmanparisofficial) pada

Beri Komentar