Dalami Peran Minke Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Belajar Ngemper

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 20 Juni 2019 13:35
Dalami Peran Minke Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Belajar Ngemper
Simak Penuturan Iqbaal Ramadhan

Dream - Iqbaal Ramadhan dipercaya memerankan karakter Minke dalam film Bumi Manusia garapan Hanung Bramantyo. Artis muda ini mengaku tidak mudah memainkan karakter ini. 

Iqbaal sempat menemui beberapa kesulitan. Salah satunya referensi mengenai karakter yang dibawakannya. 

" Yang paling susah karena tidak ada yang bisa diajak ngobrol untuk peran saya. Karena kan Pak Pram (Pramoedya Ananta Toer, penulis Bumi Manusia) sudah tidak ada," kata Iqbaal saat di Epicentrum, Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Untuk dapat meresapi tokoh Minke, Iqbaal sampai membaca sejumlah buku yang digemari Pram

Maka dari itu yang bisa ia lakukan adalah membaca buku-buku yang disukai Pram dan menonton video. Yang dia butuhkan adalah cara Minke dalam berpikir.

 

 Iqbaal

" Mas Hanung bilang saya seorang Minke, satu sisi saya independen. Jadi aku ngerti Mas Hanung bukan bikin saya jadi Minke tapi mengerti cara berpikir Minke," kata Iqbaal.

Selain itu, Iqbaal juga belajar mengurus diri sendiri demi mendalami karakter Minke. Dia pun belajar membersihkan rumah sampai makan di lantai.

" Saya disuruh makan di lantai, saya disuruh ngepel, karena saya sadar saya lahir semua enak. Makanya saya mencoba hal itu," katanya.

Film Bumi Manusia dimainkan oleh Iqbaal Ramadan, Mawar De Jongh, Bryan Domani, Ayu Laksmi, Giorgino Abraham, Sha Ine Febriyanti. Film ini akan tayang 15 Agustus 2019.

1 dari 5 halaman

Iqbaal Ramadhan Mengaku Tak Jago Gombal

Dream - Selama berperan sebagai Dilan, Iqbaal Ramadhan kerap melontarkan 'gombalan maut' kepada Vanesha Prescilla yang memerankan karakter Milea. Akting keduanya sukses bikin penonton terbawa perasaan alias baper.

Namun tak disangka, aktor berusa 19 tahun itu sebenarnya tidak pandai menggoda. " Iqbaal tidak gombal, tapi Dilan pintar sekali memainkan kata-kata," kata Iqbaal dalam acara gala premiere Dilan 1991, di Cihampelas Walk Mall, Bandung, Minggu kemarin.

Mantan personel Coboy Junior itu mengaku harus membuang kepribadiannya sebagai Iqbaal demi berperan sebagai Dilan.

 Pemain Dilan 1991

" Dilan yang berbicara. Jadi enggak canggung, enggak cringe ketika melakukan itu (gombal) ke Milea karena itu Dilan yang ngomong," ujarnya.

Tak hanya belajar menggombal, Iqbaal mengaku harus berani naik motor. Ia berlatih agar mampu terlihat gagah ketika membawa motor CB100 yang ikonik.

Padahal, ada pengalaman tak menyenangkan yang dialaminya beberapa tahun silam.

2 dari 5 halaman

Dukung RUU Musik, Iqbaal Ramadhan: Ingin KTP Ditulis Musisi

Dream - Iqbaal Ramadhan menyayangkan terjadinya kontroversi dalam menyikapi Rancangan Undang-Undang Permusikan. Menurut dia, RUU ini bertujuan baik, untuk memperbaiki taraf hidup para musisi di Indonesia.

" Tapi malah banyak yang menganggap bahwa RUU Musisi ini salah, padahal ini baru rancangan dan masih bisa dibicarakan," kata Iqbaal di Jakarta, Sabtu 9 Februari 2019.

Menurut mantan personel boyband CJR ini, di dalam RUU Permusikan juga terdapat pasal-pasal yang menguntungkan para Musisi. Misalnya, kata dia, hak-hak kru yang selama ini diabaikan. " Dan hak cipta sebagai musisi," tambah pemeran Dilan tersebut.

Memang, tambah dia, penolakan terhadap RUU Permusikan itu dipicu penilaian tentang potensi hilangnya kebebasan para musisi, seperti hilangnya kebebasan berpendapat. Namun Iqbaal percaya bahwa RUU ini masih bisa dibicarakan secara baik-baik

" Saya percaya RUU Permusikan dirancang untuk sesuatu yang baik untuk seluruh musisi, karena saya juga berkarya sebagai musisi," kata dia.

Iqbaal ingin para musisi di Tanah Air punya pengakuan dalam ketatanegaraan Indonesia. " Saya mau di KTP nanti ditulisnya bukan hanya pekerja seniman, saya mau KTP saya ditulis musisi, aktor, karena ruang lingkup seniman itu cukup luas," kata dia.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

3 dari 5 halaman

Mengaku Seumuran, Foto Nia Ramadhani Bareng Iqbaal Ramadhan Bikin Riuh

Dream - Nia Ramadhani membuat kehebohan di sosial media setelah unggahan fotonya bersama aktor yang tengah jadi idola milenial, Iqbaal Ramadhan. Dalam foto itu, Nia berpose di samping kolam renang bersanding dengan aktor pemeran Dilan. 

Mengenakan pakaian sporty, istri Ardi Bakrie itu tampak menyandarkan tangan kirinya ke pundak Iqbaal. Bergaya bak seorang model di sebuah sesi pemotretan, Nia menyandarkan satu kaki di pinggangnya.

Iqbal sendiri seperti tampak tak tahu harus bergaya apa. Dia hanya menurunkan jaket ke setengah lengannya dengan pose tersenyum menghadap kamera. 

Berfoto bersama idola anak kekinian, ibu tiga anak ini cukup percaya diri menyebut drinya masih seumuran dengan Iqbaal. Candaan itu dituangkannya dalam hastag foto unggahan tersebut.

" Dilan sama mamanya lagi santai di kolam renang #masihseumuran @ngopidara_ttv," tulis Nia Ramadhani, dikutip Dream, Kamis 24 januari 2019.

Unggahan Nia langsung membuat heboh warganet. Netizen ternyata banyak yang sepakat dengan candaan Nia. 

 Nia Ramadhani

" Aduh ini mah seumuran,semoga gw punya istri kaya nia ramadani aamiin,"  tulis akun @ikbal_hardika.

" Kaya seumuran ka...xixiix @ramadhaniabakrie,"  tulis akun @inaaaprill.

" Iya masih pantess seumuran," kata akun @widy_dyzra.

" Ya ampun ka @ramadhaniabakrie cantik bgt sihhh... udh kyk seumuran bgt,"  tulis akun @mariastevina91.

4 dari 5 halaman

Iqbaal Ramadhan Deg-degan Tunggu Film Dilan 1991

Dream - Iqbaal Ramadhan tak sabar ingin menyaksikan film Dilan 1991 yang bakal tayang di bioskop mulai 28 Februari 2019. Sebab dia merasa grogi saat melihat trailer film itu.

" Deg-degann gue, maksudnya tadi baru sedikit dari yang akan ditampilkan dari filmnya dan semoga sesuai ekspektasi," ujar Iqbaal Ramadhan saat di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis 17 Januari 2019.

Menurut Iqbaal, film Dilan 1991 berbeda jauh ceritanya dibanding Dilan 1990. Film terbaru ini akan menyajikan lebih banyak konflik dari Dilan 1990.

 dilan 1991

Foto : Nur Ulfa/Dream

" Di Dilan 1990 kan bahagianya, banyak yang ingin punya pacar kayak Dilan, tapi di Dilan 1991 banyak konflik antara Dilan dan Milea," kata dia.

Karena itu pula Iqbaal pun tak sabar ingin melihat ekspresi para penonton melihat Dilan 1991. Sebab, di seri selanjutnya ini, Dilan yakin banyak penonton menangis dibuatnya.

" Karena banyak konflik Dilan dan Milea jadi tidak sabar lihat penonton nangis di bioskop," ucap Iqbaal.

5 dari 5 halaman

Iqbaal Ramadhan Siap Menjadi `Kekasih` Lagi Buat Vanesha Prescilla

Dream - Iqbaal Ramadhan kembali dipertemukan dengan kekasihnya di film Dilan 1990, Vanesha Prescilla. Berperan sebagai tokoh yang sama di sequel terbary, Dilan 1991, Iqbaal mengaku sudah tidak mengalami kesulitan untuk mendalami karakter termasuk beradegan mesra dengan Vanesha.

" Approach chemistry karena sudah bangun ini sebelumnya jadi tidak harus jatuh cinta lagi satu sama lain. Jadi approach pertama kita ngobrol biar kita di satu frekuensi lagi," ujar Iqbaal Ramadhan saat di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis 17 Januari 2019.

Iqbaal mengaku tak banyak menemukan kesulitan untuk membangkitkan kembali karakter Dilan. Alasannya, jarak film dari Dilan 1990 dengan Dilan 1991 hanya berselisih setahun.

 dilan 1991

Foto : Nur Ulfa/Dream

" Rasa percaya dan chemistry itu muncul ketika satu sama lain saling percaya dan kita udah begitu. Jadi tinggal woy bang, balikin lagi, gitu jadi nggak ada kesusahan atau hal baru yang spesial," ucap Iqbaal.

Serupa dengan pernyataan Iqbaal, Vanesha Prescilla juga tidak mengalami kesulitan untuk beradegan mesra dengan Iqbaal. Walau saat ini ia sudah memiliki kekasih Adipati Dolken, tapi chemistry dia dan Iqbaal tetap sama seperti di Dilan 1990.

" Setuju dengan Iqbaal, tidak ada kesulitan untuk chemistry, " tutur Vanesha.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone