Di Balik Nama 'Nyai' Milik Roro Fitria

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 23 Februari 2021 12:22
Di Balik Nama 'Nyai' Milik Roro Fitria
Apakah panggilan Nyai yang tersemat di nama Roro Fitria terkait klenik atau mistis?

Dream - Roro Fitria menjelaskan penggilan Nyai yang disematkan di depan namanya bukan nama panggilan biasa. Sebab nama itu ternyata gelar bangsawan yang diberikan untuknya.

" Nyai ini adalah gelar kebangsawanan, Nyai dapatkan dari beberapa kerajaaan. Jadi lengkapnya adalah Nyai Kanjeng Raden Ayu Tumneggung Roro Fitria," kata Roro Fitria di Ngobras bareng Dream.co,id, Senin 22 Februari 2021.

Wanita kelahiran Yogyakarta 29 Desember 1989 ini mengaku, banyak yang salah sangka dengan nama panggilan Nyai itu. Ia bahkan disangka nama itu dikaitkan dengan hal-hal klenik dan mistis.

Roro Fitria (Foto : @roro.fitria198)© Roro Fitria (Foto : @roro.fitria198)

" Jadi itu salah satu gelar kebangsawanan jadi bukan tidak berbau dengan hal mistis atau hal yang lain," tuturnya.

Wanita 31 tahun ini juga memiliki bukti jika sebutan Nyai itu memang disematkan kepadanya. Bukti-bukti itu berupa sertifikat asli yang ia miliki.

" Ada suratnya jadi ada beberapa kerjaaan dari beberapa kerjaaan sertifikat-sertifikat gelar kebangsawanan. Itu adalah salah satu gelar kebangsawanan," tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

1 dari 5 halaman

Cerita Hijrah Roro Fitria: Tinggalkan Dunia Klenik, Sumbangkan Pakaian Seksi

Dream - Roro Fitria memutuskan hijrah dan berhijab usai keluar dari penjara atas kasus narkoba yang menjeratnya. Keputusan hijrah Roro semakin kuat lagi saat sang bunda meninggal dunia.

Roro mengaku titik hidup terberatnya usai rentetan cobaan yang dialaminya. Mulai di penjara, ibunda meninggal saat ia masih menjalani hukuman sampai rumahnya kemalingan.

Wanita bernama lengkap Raden Roro Fitria Nur Utami mengaku telah mantap hijrah dengan berhijab. Ia juga sudah meninggalkan dunia hitam yang pernah dilaluinya.

Roro Fitria© Roro Fitria

Foto : @roro.fitria1989

Tak hanya itu, untuk lebih mendekatkan diri ke sang pencipta, wanita asal Yogyakarta ini juga sudah meninggalkan dunia kenik kejawen yang pernah melekat padanya. Roro mengaku sudah tidak lagi melakukan ritual khusus untuk benda-benda peninggalan keluarganya itu.

" Enggak (lakukan kegiatan klenik) semua peninggalan warisan dari almarhum papa, mama dan juga eyang Nyai simpan dengan baik, rawat dengan baik tanpa perlu untuk di treatment dilakukan seperti dulu lagi," ujar Roro Fitri di Ngobras bareng Dream.co.id, Senin 22 Februari 2021.

Wanita 31 tahun ini mengatakan tidak membuang peninggalan dari leluhur keluarganya yang dulu dianggap kramat. Ia tetap menyimpannya sebagai bentuk menghargai warisan dari keluarganya tanpa harus melakukan ritual.

" Nyai lebih menghargai dalam bentuk warisan dan juga peninggalan budaya dari nenek moyang. Disimpan dan dibersihkan tanpa perlu di doakan (melakukan ritual)," tuturnya.

 

   

2 dari 5 halaman

Sumbangkan Baju lama

Sejak berhijrah dan mengubah penampilannya dengan berhijab, wanita yang akrab disapa Nyai itu telah menyumbangkan semua baju-baju lamanya.

Ia mengaku memberikan baju-baju lamanya yang masih layak pakai kepa keluarga dan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sedangkan untuk blazer atau pakaian panjang yang masih bisa di mix and match, Roro Fitria masih memakainya.

Roro Fitria© Roro Fitria

Foto : @roro.fitria1989

" (Baju lama) Nyai kasih ke teman-teman. Ada juga yang buat keponakan saudara yang belum memakai hijab. Kebetulan memang membutuhkan Nyai berikan. Mungkin kalau blazer yang panjang ya gitu (mix and mach) mungkin masih bisa dipakai," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Dapat Ketenangan Batin

Pelantun tembang Rindu Ibu ini merasakan kenyamanan batin yang luar biasa setelah berhijrah dan meninggalkan dunia klenik. Ia merasa dirinya lebih tenang dan memasrakan hidupnya kepada sang pencipta.

" Mendapatkan ketenangan luar biasa dari Allah SWT. Jadi tidak pernah ragu dari apa pun, tidak pernah worryi dari apa pun. Kalau dulu kan kepikiran dengan dunia hedonisme sekali," kata Roro Fitria.

" Sekarang Nyai memasrahkan apa pun dalam diri Nyai dari Allah SWT dengan Ikhlas. Tentang apapun rezeki, jodoh dan sebagainya. Jauh lebih tenang," imbuhnya.

Ini Videonya

4 dari 5 halaman

Proses Berhijrah, Ini yang Terjadi dalam Kehidupan Roro Fitria

Dream - Semenjak keluar dari penjara, Roro Fitria mengubah penampilan dengan berhijab. Roro mengaku sudah mulai berubah menjadi manusia yang lebih baik.

" Iya betul saya sedang proses hijrah, doakan teman-teman semoga saya bisa istiqomah dan membuat mama bahagia di surga, insya Allah," ujar Roro Fitria di kawasan Tendean, belum lama ini.

Semenjak berhijrah Roro merasakan perubahan yang luar biasa. Dia mengaku kini hidupnya jauh lebih tenang dari sebelumnya.

" Suatu ketenangan, kedamaian hidup dan berserah diri dan bertawakal, itu semua sudah tertulis di kitab lauhulmahfuz, jadi jangan bersedih, apapun yang Allah kasih ya harus disyukurin," ungkap Roro.

Roro hingga kini juga tetap menjalankan kajian meski sudah keluar dari Rutan. Ia tetap belajar mengaji.

" Jadi kemarin selama asimilasi di rumah, saya enggak boleh keluar rumah, tapi saya undang ustaz dan ustazah ke rumah selain itu saya dapat kajian online," imbuh Roro Fitria.

 

 

5 dari 5 halaman

2 Tahun Mendekam di Penjara, Roro Fitria 5 Kali Khatam Alquran

Dream - Roro Fitria rupanya banyak berubah selama dua tahun mendekam di dalam Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Selain berhenti melakukan praktik klenik, Roro Fitria juga lima kali khatam Alquran.

"  Alhamdulilah saya khatam Alquran berkali-kali. Sampai lima kali," kata Roro Fitria di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis 2 April 2020.

Roro Fitria mengaku bisa mengkhatamkan Alquran lima kali selama di penjara karena bergaul dengan orang-orang yang memberikan energi positif kepadanya.

" Banyak (teman) karena saya sangat aktif di kegiatan masjid. Jadi teman-teman saya ibu-ibu pengajian, ustaz-ustazah," tambah Roro Fitria.

Wanita 30 tahun itu juga mengubah penampilan. Kini dia berhijab. Dia berharap bisa melanjutkan kegiatan positif tersebut setelah bebas dari penjara.

"  Insyaallah, mohon doanya supaya tetap istikamah di dalam saya belajar berhijrah," ungkap Roro Fitria.

Beri Komentar