Juri: 'Nasyid Itu Jadi Bagian dari Dakwah atau Syiar'

Reporter : Eko Huda S
Kamis, 5 Maret 2015 14:45
Juri: 'Nasyid Itu Jadi Bagian dari Dakwah atau Syiar'
Lagu nasyid perlu sentuhan modern, baik dari segi irama maupun penampilan. Sehingga bisa lebih menarik bagi masyarakat.

Dream - Lagu nasyid perlu sentuhan modern, baik dari segi irama maupun penampilan. Sehingga bisa lebih menarik bagi masyarakat.

“ Karena hal itu sangat wajar dan membuat masyarakat jadi tertarik," kata Wawan ‘Teamlo’ saat berbincang dengan Dream di Istora Senayan, Jakarta, kemarin.

Selama ini, nasyid memang lebih kerap dinyanyikan secara acapella atau diiringi gendang saja. Pria yang tengah menggeluti dunia nasyid ini berharap, sentuhan modern mampu membuat nasyid lebih berwarna.

Di Indonesia, kata dia, sebenarnya sudah ada nasyid yang memelopori gaya modern, yaitu Snada yang dikenal dengan gaya musik acappela. Keberhasilan ini diharapkan memicu nasyid baru untuk berinovasi, salah satunya dengan intrumen beatbox.

Nggak perlu terlalu ikuti pakem yang ada. Karena intinya nasyid itu menjadi bagian dakwah atau syiar. Asalkan tidak keluar dari syiar agama,” imbuh Wawan.

Wawan yang juga menjadi juri ajang Idola Nasyid Indonesia 2015 ini menambahkan, nasyid juga butuh dukungan pelaku bisnis dalam industri musik. Apalagi saat ini para musisi nasyid di Indonesia sudah semakin berkembang.

“ Nasyid harus bisa dikomersilkan, jangan didengar di bulan puasa saja. Saat ini perkembangan nasyid di Tanah Air masih belum optimal dikomersilkan,” tambah pria bernama lengkap Hermawan Yulianto itu.

Wawan mencontohkan salah satu nasyid sukses dunia: Maher Zein. Dia menilai Maher Zein sudah berhasil mengkomersilkan musik nasyid hingga dinikmati masyarakat di seluruh dunia, baik itu masyarakat Muslim maupun non-Muslim.

Laporan: Bimo Putranto Prihandono

Baca Juga: 8 Pesohor yang Dibayar Mahal untuk Menganggur Ersa Mayori: Wanita Berhijab Lebih Cantik, Tapi... Kutip Ayat Alquran, Lindsay Lohan Jadi Mualaf? Ini Deretan Seleb Wanita Paling Dibenci di Dunia Perjuangan Indra Bruggman Bangun Bisnis Hijab Hijab Indra Bruggman Kondang di Brunei dan Hong Kong 10 Pesohor Wanita Paling Dibenci di Dunia Shiren Sungkar Sibuk Jadi Desainer Busana Muslimah

Beri Komentar